Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Hand and body Lotion Citra (Studi kasus pada Mahasiswa Fakultas Sosial Sains Prodi Manajemen Angkatan Tahun 2016 Universitas Pembangunan Panca Budi Medan)
Abstract
ABSTRAK
Keputusan pembelian merupakan tahapan dimana konsumen mempertimbangkan beberapa faktor dan alasan yang memperkuat konsumen untuk memutuskan untuk membeli suatu produk atau jasa tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui lebih jelas faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pada produk Hand and Body Lotion Citra. Adapun permasalahannya yang penulis angkat yaitu: apakah kualitas produk, harga dan promosi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian pada produk Hand and Body Lotion Citra. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang melibatkan 92 orang responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pembagian kuisioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan formula statistik, yakni dengan menggunakan analisis regresi berganda yang pengelolahannya dilakukan dengan program SPSS Versi 17. Hasil analisis menggunakan koefisien determinasi diketahui bahwa 51% variasi dari keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh kualitas produk, harga dan promosi. Sedangkan sisanya 49% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa variabel harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Keputusan Pembelian.
Downloads
References
Buku :
Buchari, Alma. (2011), Marketing Mix atau Bauran Pemasaran. Semarang: Liberty Offset.
Baum, Feigen. (2012). Kendali Mutu Terpadu (alih bahasa). Jakarta: Erlangga.
Chifman, & Kanuk. (2013). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.
Kotler dan Armstrong. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Edisi 12.Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. (2011). Perilaku Konsumen. Jakarta: Bumi Pustaka.
Kotler dan Keller, (2012) Manajemen Pemasaran Perspektif Asia, Buku Dua, Edisi Pertama, Andy, Yogyakarta.
Kotler, & Keller. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kuncoro. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Manullang dan Pakpahan. (2014). Metodologi Penelitian Proses Penelitian Praktis : Citapustaka Media. Bandung.
Mowen dan Minor. (2010). Kepercayaan Konsumen. Surabaya : Multiguna Pustaka Pakpahan, Manuntun. (2016). Manajemen Pemasaran. Cipta Rancana Media Pakpahan. Medan Sunggal.
Rusiadi, et al. (2013). Metode Penelitian Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi Pembangunan, Konsep, Kasus dan Aplikasi SPSS, Eviews, Amos, dan Lisrel. Cetakan pertama. Medan: USU Press.
Sabran, B. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Sangadji, & Sopiah. (2013). Prilaku Konsumen. Yogyakarta : Andi.
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah . (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta : Andi
Sunyoto, D. (2012). Dasar – Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi dan Kasus). Jakarta : Buku Seru. yyy
Swastha, Basu. (2011). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tjiptono, Fandy. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Jurnal :
Adi Putro Nugroho, Septian. (2017). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Minuman Air Mineral Merek Aqua.
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent the Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59
Aji Pamungkas, Bagas (2017). Pengaruh Promosi di Media Sosial dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Bontacos, Jombang)
Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. JUMANT, 11(1), 189-206.
Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai UNPAB. JEpa, 4(2), 119-132.
Amanah, Dita (2010). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan onsumen Pada Majestyk Bakery & Cake Shop Cabang H.M. Yamin Medan.
Aspan, H., Fadlan, dan E.A. Chikita. (2019). “Perjanjian Pengangkutan Barang Loose Cargo Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat”. Jurnal Soumatera Law Review, Volume 2 No. 2, pp. 322-334.
Daulay, M. T. (2019). Effect of Diversification of Business and Economic Value on Poverty in Batubara Regency. KnE Social Sciences, 388-401.
Dermawan. (2015). Analisis Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Rumah Makan Lontong Malam Hj. Lisa Jl. Makmur No. 8F Medan)
Fadhila, Risa. (2013). Analisis Pengaruh Word Of Mouth, Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Semarang. Universitas Diponegoro.
Febrina, A. (2019). Motif Orang Tua Mengunggah Foto Anak Di Instagram (Studi Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek). Jurnal Abdi Ilmu, 12(1), 5565.
Hadyanto Mulyono, Bayu (2008). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Perumahan Puri Mediterania Semarang)
Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. JEpa, 3(2), 133-149.
Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., ... & Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and Performance Model based on Indonesia Science and Technology Index. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP Publishing.
Jamaludin, Achmad (2015). Pengaruh Promosi Online dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop di Kota Malang)
Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.
Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of halal label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail Management Research, 12(2).
Nurhayati, Siti (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung di Yogyakarta.
Pramono, C. (2018). Analisis Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.
Realita Sari, Shela. (2017). Pengaruh Kualitas, Citra Merek, Iklan dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Hand & Body Lotion Marina
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.
Sari, M. M. (2019). Faktor-Faktor Profitabilitas Di Sektor Perusahaan Industri Manufaktur Indonesia (Studi Kasus: Sub Sektor Rokok). Jumant, 11(2), 61-68.
Siregar, N. (2018). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. JUMANT, 8(2), 87-96.
Tambunan, Kristya. (2012). Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Bandeng Presto.
Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational Commitment, and Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas Pembangunan Panca Budi.