Pengaruh Likuiditas Dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham Dengan Leverage Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

  • Anne Elynda Nababan Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian untuk mengetahui apakahlikuiditas dan profitabilitas berpengaruh terhadap harga saham dengan leverage sebagai variabel intervening pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan adalah laporan tahunan dari masing-masing perusahaan sampel, yang dipublikasikan melalui website www.idx.go.id. Metode analisis yang digunakan adalah metode asosiatif, dengan pengujian asumsi klasik dan analisis jalur. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah puposive sampling dengan total sampel sebanyak 9 Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan data dari tahun 2014 – 2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas berpengaruh signifikan terhadap leverage. Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap leverage. Likuiditas berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap harga saham.Leverage berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Hasil penelitian menyatakan bahwa jika likuiditas berpengaruh secara langsung terhadap harga saham, serta likuiditas terhadap harga saham melalui leverage, hasilnya menunjukkan pengaruh dikarenakan leverage mampu menjadi variabel intervening, dimana nilai -0,312 < 0,338. Hasil profitabilitas berpengaruh secara langsung terhadap harga saham, akan tetapi jika profitabilitas terhadap harga saham melalui leverage, hasilnya tidak menunjukkan pengaruh dikarenakan leverage tidak mampu menjadi variabel intervening, dimana nilai 0,871 > -0,147.

Kata Kunci : Likuiditas, Profitabilitas, Harga Saham dan Leverage

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA


BUKU :


Brigham, Eugene dan Joel F Houston, 2013. Manajemen Keuangan II. Jakarta:Salemba Empat.

Darmadji, Tjiptono dan Hendy M. Fakhruddin, 2016. Pasar Modal di Indonesia, Salemba Empat, Jakarta.

Erianti, Elsa. (2018). Pengaruh Likuiditas Dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar Dan Kimia Sub Sektor Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Fahmi, Irham. (2018). Pengantar Manajemen Keuangan. Teori dan Soal Jawab. Penerbit Alfabeta: Bandung.

Ghozali, Imam, 2015. Analisis Multivariat dengan Program SPSS, Edisi Ketiga, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Harahap, Sofyan Syafri, 2013. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Harmono. (2018). Manajemen Keuangan. Berbasis Balanced Scorecard Pendekatan Teori, Kasus dan Riset Bisnis. Jogiyanto, 2016. Teori Portofolio dan Analisis Investasi, BPFE, Yogyakarta. Kasmir, 2018), Analisis Laporan Keuangan. Rajawali Pers. Jakarta.

Kuncoro, Mudrajad, 2013. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi, Edisi 3, Erlangga, Jakarta.

Lubis, Ade Fatma, 2015. “Manajemen Keuangan, Sebagai Alat Pengambilan Keputusan”. Penerbit USU Press. Medan.

Lumbantobing, Rudolf. (2016). Efek Rasio Likuiditas, Rasio Profitabilitas Dan Rasio Aktivitas Pada Harga Saham Yang Dimediasi Oleh Rasio Solvabilitas Perusahaan Sub-Sektor Industri Perkebunan Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia.

Mardiyanto, Handono, 2013. Intisari Manajemen Keuangan, PT Grasindo : Jakarta PT Grasindo.

Mukhibin, 2014. Menciptakan Aliran Uang Milyaran Rupiah dari Pasar Saham, Pustaka Solomon, Yogyakarta.

Pangemanan, Reiklof. (2017).Analisis Pengaruh Profitabilitas Dan Struktur Modal Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sub Sektor Pertambangan Minyak Dan Gas Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.

Riyanto, Bambang, (2014). Dasar-dasar Pembelajaran Perusahaan, BPFE, Yogyakarta.


88


90


Sartono, Agus. (2013). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi.Edisi ke Empat. BPFE, Yogyakarta.

Sawir, Agnes, (2014). Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Cetakan Kelima. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Situmorang, Syafrizal Helmi dan Muslich Lufti, 2015. Analisis Data untuk RisetManajemen dan Bisnis, USU Press, Medan.
Santo, Vibby. 2017. Jual Saham Anda Lebih Mahal, Vibby Publishing, Jakarta. Solfida,

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Bisnis, CV Alfabeta, Bandung.

Sutrisno. (2014). Manajemen Keuangan Teori Konsep dan Aplikasi, Cetakan Ketujuh. Ekoisia.Yogyakarta.

Syamsuddin, Lukman. (2013). Manajemen Keuangan Perusahaan, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Tandelilin, Eduardus, 2013. Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi, EdisiPertama, KANISIUS, Yogyakarta.

Walsh, Ciaran, 2016. Key Management Ratios, Edisi Keempat, Erlangga, Jakarta. Zaki, Muhammad. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Leverage Keuangan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2005-2014).

JURNAL :

Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent the Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59

Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. JUMANT, 11(1), 189206.

Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai UNPAB. JEpa, 4(2), 119132.

Aspan, H., Fadlan, dan E.A. Chikita. (2019). “Perjanjian Pengangkutan Barang Loose Cargo Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat”. Jurnal Soumatera Law Review, Volume 2 No. 2, pp. 322-334.

Daulay, M. T. (2019). Effect of Diversification of Business and Economic Value on Poverty in Batubara Regency. KnE Social Sciences, 388-401.



91 Eleonora. 2014. Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Karakteristik Kepemilikan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan LQ-45 Di Bursa Efek Jakarta, Tesis Program Magister Manajemen. Sekolah tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia.

Evayanti, Sufratiwi, 2013. Analisis Pengaruh Faktor Fundamental Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Basic Industry and Chemicals yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Skripsi, Fakultas Ekonomi UniversitasSumatera Utara.

Febrina, A. (2019). Motif Orang Tua Mengunggah Foto Anak Di Instagram (Studi Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek). Jurnal Abdi Ilmu, 12(1), 55-65.

Haniffa, R.M. dan T.E. Cooke (2005). “The Impact of Culture and Governance on Corporate SocialReporting”. Journal of Accounting and Public Policy 24, pp. 391-430.

Indrawati, Titik dan Suhendro, 2016. “Determinasi Capital Structure pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta Periode 2000-2004”, Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, Vol 3, No. 1 Januari-Juni, hal 77-105.

Iramani, R. dan Erie Febrian. (2014). “Financial Value Added Suatu Paradigma Dalam Pengukuran Kinerja dan Nilai Tambah Perusahaan”, JurnalAkuntansi dan Keuangan, Vol 7, No.1 Mei 2005: 1-10. Universitas Kristen Petra.Jakarta.

Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. JEpa, 3(2), 133-149.

Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., ... & Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and Performance Model based on Indonesia Science and Technology Index. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP Publishing.

Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.

Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of halal label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail Management Research, 12(2).

Pramono, C. (2018). Analisis Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.

Purwanto, Agus (2011). Pengaruh Tipe Industri, Ukuran Perusahaan, Profitaabilitas, TerhadapCorporate Social Responsibility. Vol. 8 No. 1, November 2011: 1-94.

Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.




92 Sari, M. M. (2019). Faktor-Faktor Profitabilitas Di Sektor Perusahaan Industri Manufaktur Indonesia (Studi Kasus: Sub Sektor Rokok). Jumant, 11(2), 61-68.

Siregar, N. (2018). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. JUMANT, 8(2), 87-96.

Sudaryono, (2011). Aplikasi Analisis (Path Analysis) BerdasarkanUrutan Penempatan Variabel Dalam Penelitian. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 17, Nomor 4, Juli 2011.
93 Utama dan Amelia Ramdhaningsih (2013). Pengaruh Indikator Good Corporate Governance danProfitabilitas pada Pengungkapan Corporate Social Responsibility. E-Jurnal Akuntansi.Universitas Udayana, Bali.

Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational Commitment, and Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas Pembangunan Panca Budi.
Published
2021-06-23