Analisis kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada cv iskandar muda otomotif

  • Sokhizatolu Hulu

Abstract

ABSTRAK Analisis penelitian untuk mengetahui apakah kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Apakah kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Apakah kepuasan pelanggan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada. Apakah kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada CV Iskandar Muda Otomotif. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode kuantitatif kausal dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Penelitian ini menggunakan Analisis Jalur. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 91 responden. Pengambilan data primer menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada CV Iskandar Muda Otomotif. Nilai adjusted R Square 0,812 yang dapat disebut koefisien determinasi yang dalam hal ini berarti 81,2% loyalitas pelanggan dapat diperoleh dan dijelaskan oleh kualitas produk dan kepuasan pelanggan. Sedangkan sisanya 100% - 81,2% = 18,8% dijelaskan oleh faktor lain atau variabel diluar model, seperti harga, lokasi, kualitas pelayanan dan lain-lain. Kata Kunci : Kualitas Produk, Kepuasan pelanggan dan Loyalitas Pelanggan

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Alma. B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung:
Alfabeta.
Andika, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Berwirausaha dan Kepribadian Terhadap
Pengembangan Karir Individu Pada Member PT. Ifaria Gemilang (IFA)
Depot Sumatera Jaya Medan. JUMANT, 8(2), 103-110.
Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung:
Alfabeta.
Hasibuan, H. A., Purba, R. B., & Siahaan, A. P. U. (2016). Productivity assessment
(performance, motivation, and job training) using profile matching. SSRG
Int. J. Econ. andManagement Stud, 3(6).
Harahap, R. (2018). Pengaruh Kualitas produk Terhadap Kepuasan Pelanggan di
Restoran Cepat saji Kfc Cabang Asia Mega Mas Medan. JUMANT, 7(1),
77-84.
Kotler, Philip. (2013). Manajemen Pemasaran Perspektif Asia. Buku Dua. Edisi
Pertama. Cetakan Pertama. Yogyakarta. Salemba Empat.
Kusumasasti, Ika. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Layanan Terhadap
Loyalitas Pelanggan Coffee Shop.
Laksana, Fajar. (2010). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani, A. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori
Dan Praktik. Jakarta:Salemba Empat.
Manullang, M dan Pakpahan, M. (2014). Metodologi Penelitian. Proses Penelitian
Praktis. Bandung: Citapustaka Media.
Medan, A., & Lubis, H. P. Analisis pengaruh tarif dan jenis produk asuransi
terhadap pencapaian target premi di Pt Asuransi Bringin Sejahtera.
Mesra, B. (2018). Factors That Influencing Households Income And Its
Contribution On Family Income In Hamparan Perak Sub-District, Deli
Serdang Regency, North. Int. J. Civ. Eng. Technol, 9(10), 461-469.
Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of
halal label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail
Management Research, 12(2).
Pakpahan, M. (2016). Manajemen Pemasaran, Dalam Kompetensi Global. Proses
Penelitian Praktis. Bandung: Citapustaka Media.
Panjaitan, Januar Efendi. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan
Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung.
Peter, J. Paul. 2011. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi
Pemasaran. Jakarta : Erlangga.
Putra, Hilman Ardianta. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas
Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening
(Studi Kasus Pada Konsumen PT. Lontar Media Digital Printing
Semarang).
Pakpahan, M. (2018). Strategi meingkatkan minat beli ulang aptek terhadap
produk obat pt novell pharmaceutical labs medan. JUMANT, 6(1), 49-56.
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in
Determining The Feasibility of Debtors Using Profile
Matching. International Journal of Business and Management
Invention, 6(1), 73079.
Rahayu, S. (2018). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Prestasi Kerja
Karyawan di PT. Langkat Nusantara Kepong Kabupaten Langkat.
JUMANT, 9(1), 115-132.
Robain, W. (2012). Pengaruh pendapatan, bagi hasil, tanggungan keluarga dan
religi terhadap pola konsumsi tenaga kependidikan di perguruan Islam al
Ulum Terpadu Medan (Doctoral dissertation, Pascasarjana UIN Sumatera
Utara).
Rossanty, Y., & Putra Nasution, M. D. T. (2018). Information search and intentions
to purchase: the role of country of origin image, product knowledge, and
product involvement. Journal of Theoretical & Applied Information
Technology, 96(10).
Santoso, Septiadi. (2013). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas
Pelanggan Laboratorium Klinik Populer Surabaya.
Sari, Herviana Vidya Purnama. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga
Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi
Pada Konsumen Biskuit Oreo Di Carrefour Surabaya).
Sudaryono, (2013). Aplikasi Analisis (Path Analysis) Berdasarkan Urutan
Penempatan Variabel Dalam Penelitian. Jurnal Pendidikan dan
Kebudayaan, Vol. 17, Nomor 4, Juli 2011.
Sari, I. (2018). Motivasi belajar mahasiswa program studi manajemen dalam
penguasaan keterampilan berbicara (speaking) bahasa
Inggris. JUMANT, 9(1), 41-52.
Setiawan, N., Nasution, M. D. T. P., Rossanty, Y., Tambunan, A. R. S., Girsang,
M., Agus, R. T. A., ... & Nisa, K. (2018). Simple additive weighting as
decision support system for determining employees salary. Int. J. Eng.
Technol, 7(2.14), 309-313.
Siregar, N. (2018). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap
Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli
Medan. JUMANT, 8(2), 87-96.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sunarto. 2010. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: UST Press.
Tjiptono, Fandy. 2012. Perspektif Manajemen & Pemasaran Kontemporer.
Yogyakarta: ANDI.
Published
2021-06-23