Antesedan Yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Kecil Menengah Souvenir dan Food di Desa Tanjung Anom

  • Dhea Sri Octaviani Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

ABSTRAK


Pengembangan Usaha Kecil dan Mikro (UKM) di Indonesia merupakan salah satu prioritas dalam pembangunan ekonomi nasional. Hal ini selain karena usaha tersebut merupakan tulang punggung sistem ekonomi kerakyatan yang tidak hanya ditujukan untuk mengurangi masalah kesenjangan antar golongan pendapatan dan antar pelaku usaha, ataupun pengentasan kemiskinan dan penyerapan tenaga kerja. Lebih dari itu, pengembangannya mampu memperluas basis ekonomi dan dapat memberikan konstribusi yang signifikan dalam mempercepat perubahan struktural, Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis Anteseden yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Kecil Menengah Souvenir dan Food Desa Tanjung Anom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Metode analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan Entrepreneurial orientation berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja UKM Souvenir dan Food di Desa Tanjung Anom. Hasil penelitian menunjukkan Management skill berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja UKM Souvenir dan Food di Desa Tanjung Anom. Hasil penelitian menunjukkan secara Media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja UKM Souvenir dan Food di Desa Tanjung Anom. Hasil penelitian menunjukkan Entrepreneurial orientation, Management skill dan Media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja UKM Souvenir dan Food di Desa Tanjung Anom. Koefisien determinasi (R2) dari variabel Entrepreneurial orientation, Management skill dan Media sosial mampu menjelaskan Kinerja UKM Souvenir dan Food di Desa Tanjung Anom sebesar 81,2% sedangkan sisanya sebesar 18,8% dijelaskan oleh variabel-variabel independen yang tidak diteliti.
Kata kunci : Entrepreneurial orientation, Management skill, Media sosial, Kinerja UKM

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA



BUKU :


Ghozali, Imam. 2014. Aplikai Analisis Multivarite dengan SPSS, Cetakan. Keempat, Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hair, J. F., W. C. Black, B. J. Babin, and R. E. A. 2014. Multivariate Data Analysis 7th edition. Pearson Education Limited.

Kotler, K.L.Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kuncoro Mudrajad. 2003. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi: Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis?, Penerbit: Erlangga, Jakarta

Lupiyoandi, Rambat. dan A.Hamdani. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Picoto, W., Belanger, F., & Palma-dos-Reis, A. 2012. Leveraging on Mobile Business to Enhance Firm Performance: An Organizational Level Study. Ecis, (2012): Paper 113.

Priambada, S. 2015. Manfaat Penggunaan Media Sosial Pada Usaha Kecil Menegah (UMKM), Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (November): 41–46.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Keenam. Bandung: Alfabeta.


JURNAL :

Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent the Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59

Aditya Dwika Maulana. 2015 Pengaruh Celebrity Endorser Jkt48 Terhadap Minat Beli Motor Honda Beat Di Surakarta. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

APJII, A. P. J. I. 2016. Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Infografis Hasil Survey 2016: 1–35.

Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. JUMANT, 11(1), 189206.

Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai UNPAB. JEpa, 4(2), 119132.








Aspan, H., Fadlan, dan E.A. Chikita. (2019). “Perjanjian Pengangkutan Barang Loose Cargo Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat”. Jurnal Soumatera Law Review, Volume 2 No. 2, pp. 322-334.

Daulay, M. T. (2019). Effect of Diversification of Business and Economic Value on Poverty in Batubara Regency. KnE Social Sciences, 388-401.

Derham, R., Cragg, P., & Morrish, S. 2011. Creating Value: An SME And Social Media. Creating Value: An SME and Social Media, (January 2011): 1–9.

Febrina, A. (2019). Motif Orang Tua Mengunggah Foto Anak Di Instagram (Studi Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek). Jurnal Abdi Ilmu, 12(1), 55-65.

Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. JEpa, 3(2), 133-149.

Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., ... & Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and Performance Model based on Indonesia Science and Technology Index. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP Publishing.

Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.

Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of halal label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail Management Research, 12(2).

Parida, V., Westerberg, M. and Frishammar, J. 2012, Inbound Open Innovation Activities In High-Tech SMEs: The Impact on Innovation Performance, Journal of Small Business Management, Vol. 50(2): 283-309.

Pramono, C. (2018). Analisis Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.

Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.

Sari, M. M. (2019). Faktor-Faktor Profitabilitas Di Sektor Perusahaan Industri Manufaktur Indonesia (Studi Kasus: Sub Sektor Rokok). Jumant, 11(2), 61-68.

Siregar, N. (2018). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. JUMANT, 8(2), 87-96.

Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational Commitment, and Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas Pembangunan Panca Budi.




INTERNET :

Chai, S., Das, S., & Rao, H. R. 2011. Factors Affecting Bloggers’ Knowledge Sharing: An Investigation Across Gender. Journal of Management Information Systems, 28(3): 309–342. https://doi.org

Chong, A. Y.-L., & Chan, F. T. S. 2012. Structural Equation Modeling for Multi- Stage Analysis on Radio Frequency Identification (RFID) Diffusion in The Health Care Industry. Expert Systems with Applications, 39(10):8645–8654. https://doi.org

Hoffman, D. D. L. D. L., & Fodor, M. 2010. Can You Measure the ROI of Your Social Media Marketing? MIT Sloan Management Review, 52(1): 41–49. https://doi.org

Hung, K. P., & Chou, C. 2013. The Impact of Open Innovation on Firm Performance: The Moderating Effects of Internal R&D and Environmental Turbulence. Technovation, 33(10–11): 368–380. https://doi.org

Kim, S., & Park, H. 2013. Effects of Various Characteristics of Social Commerce (SCommerce) on Consumers’ Trust and Trust Performance. International Journal Of Information Management, 33(2): 318–332. https://doi.org

Koperasi dan UMKM, K. 2015. Rencana Strategis Kementrian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia 2015-2019. Retrieved from www.depkop.go.id.

Kumar, A., Bezawada, R., Rishika, R., Janakiraman, R., & Kannan, P. K. 2016. From Social to Sale: The Effects of Firm-Generated Content in Social Media on Customer Behavior. Journal of Marketing, 80(1): 7–25. https://doi.org

Lovejoy, K., Waters, R. D., & Saxton, G. D. 2012. Engaging Stakeholders Through Twitter: How Nonprofit Organizations Are\Ngetting More Out of 140 Characters or Less. Public Relations Review, 38(2): 313–318. https://doi.org

Michaelidou, N., Siamagka, N. T., & Christodoulides, G. 2011. Usage, Barriers and Measurement of Social Media Marketing: An Exploratory Investigation of Small And Medium B2B Brands. Industrial Marketing Management, 40(7), 1153–1159. https://doi.org

Odoom, R., Anning-Dorson, T., & Acheampong, G. 2017. Antecedents of Social Media Usage and Performance Benefits In Small- And Medium-Sized Enterprises (SMEs). Journal of Enterprise Information Management,30(3): 383–399. https://doi.org

Pérez-gonzález, D., Trigueros-preciado, S., & Popa, S. 2017. Social Media Technologies. Use for the Competitive Information and Knowledge Sharing, and Its Effects on Industrial SMEs. Innovation Social Media Technologies Use for the Competitive Information and Knowledge. Information Systems Management, 34(3): 291–301. https://doi.org
Published
2021-06-23