Analisis Structural Equation Modeling Pada Pelatihan dan Pengembangan, Job Description, Kepribadian serta Pembelajaran Organisasi terhadap Kompetensi dan Kinerja Karyawan Gerai Indosat Ooredoo diarea Sumbagut dan Sumbagteng
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan dan pengembangan, job description, kepribadian, serta pembelajaran organisasi terhadap kompetensi dan kinerja karyawan gerai indosat ooredoo di area sumbagut dan sumbagteng. Masalah utama keluhan terhadap layanan sebuah perusahaan telekomunikasi sudah tidak asing lagi kita dengar, seringkali “menghiasi” media elektronik dan surat kabar, baik terkait produk atau jasa yang ditawarkan dan attitude customer service tersebut. Fenomena masalah tersebut merupakan dampak terjadinya penurunan kinerja dan kompetensi karyawan, dimana faktor individu menjadi yang paling dominan misalnya kemampuan yang kurang memadai dari setiap karyawan memicu kurang maksimalnya hasil kerja yang dihasilkan, kemudian selain itu keterampilan dari setiap karyawan dalam kerja masih kurang, hal ini juga menjadi faktor yang harus terus di perhatikan, karena apabila perusahaan kurang memberikan pelatihan terhadap karyawan maka keterampilan berkurang dan kinerja pun tidak maksimal. Kompentensi adalah kemampuan atau kapasitas seseorang untuk mengerjakan berbagai tugas dalam suatu pekerjaan, dimana kemampuan ini ditentukan oleh dua faktor yaitu kemampuan intelektual dan kemampuan fisik (Stephen Robbin, 1). Kinerja adalah suatu hasil kerja yang dicapai seorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman dan kesungguhan serta waktu (Hasibuan, 4). Penelitian penting dilaksanakan agar mengetahui secara detail sumber masalah yang mempengaruhi antara variabel dan menentukan solusi yang tepat agar pelatihan dan pengembangan, job description, kepribadian serta pembelajaran organisasi dilakukan sesuai dan tepat untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja karyawan Gerai Indosat Ooredoo di Area Sumbagut dan Sumbagteng. Data yang digunakan adalah data primer. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan kuesioner dan wawancara. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif, analisis regresi linier berganda dan analisis koefisien determinasi dengan menggunakan bantuan program SPSS v.16, AMOS v.22 dan Analisis Structural Equation Modeling (SEM). Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan pada Gerai Indosat Ooredoo Sumbagut dan Sumbagteng, dengan jumlah sampel sebanyak 260 responden. Luaran yang ditargetkan untuk tahun pertama yaitu : 1. Jurnal Internasional Bereputasi. Tingkat TKT penelitian yang dihasilkan berupa TKT tingkat 2 dengan penerapan metode yang dihasilkan oleh analisis structural equation modeling pada pelatihan dan pengembangan, job description, kepribadian serta kompetensi dan kinerja karyawan gerai indosat ooredoo di area sumbagut dan sumbagteng. Kata kunci : pelatihan dan pengembangan, job description, kepribadian, pembelajaran organisasi, kompetensi,kinerja.
Downloads
References
PUSTAKA
Ahmad, R. (2019). ANALISIS KUALITAS SISTEM INFORMASI
MANAJEMEN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PDAM TIRTA WAMPU
STABAT. Jurnal Manajemen Bisnis (JMB), 31(1), 15-21.
Ahmad, R. (2019). PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN DAN
DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. MITRA
NIAGA SEJATI JAYA-LANGKAT. JUMANT, 11(2), 137-146.
Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap
Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada
Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. JUMANT, 11(1), 189-
206.
Andika, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Berwirausaha dan Kepribadian
Terhadap Pengembangan Karir Individu Pada Member PT. Ifaria Gemilang (IFA)
Depot Sumatera Jaya Medan. JUMANT, 8(2), 103-110.
Andika, R. (2018). PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN
PENGAWASAN TERHADAP DISIPLIN KERJA KARYAWAN PADA PT
ARTHA GITA SEJAHTERA MEDAN. JUMANT, 9(1), 95-103.
El Fikri, M., Andika, R., Febrina, T., Pramono, C., & Pane, D. N. (2020). Strategy
to Enhance Purchase Decisions through Promotions and Shopping Lifestyles to
Supermarkets during the Coronavirus Pandemic: A Case Study IJT Mart, Deli
Serdang Regency, North Sumatera.
El Fikri, M., & Dewi Nurmasari Pane, R. A. (2020). Factors Affecting Readers’
Satisfaction in" Waspada" Newspapers: Insight from Indonesia. Indexing and
Abstracting.
Fadly, Y. (2019). PERFORMA MAHASISWA AKUNTANSI DALAM
IMPLEMENTASI ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSE
(ESP) DI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI (UNPAB)
MEDAN.
Fadly, Y. (2019). PERFORMA MAHASISWA AKUNTANSI DALAM
IMPLEMENTASI ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSE (ESP)
DI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI (UNPAB)
MEDAN. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(2), 190-201.
Indrawan, M. I. (2019). PENGARUH ETIKA KERJA, PENGALAMAN KERJA
DAN BUDAYA KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI
KECAMATAN BINJAI SELATAN. Jurnal Abdi Ilmu, 10(2), 1851-1857.
Malikhah, I. (2019). PENGARUH MUTU PELAYANAN, PEMAHAMAN
SISTEM OPERASIONAL PROSEDUR DAN SARANA PENDUKUNG
TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS PEMBANGUNAN
PANCA BUDI. JUMANT, 11(1), 67-80.
Nasution, A. P., & Malikhah, I. (2021). IDENTIFIKASI STRATEGI
KEBERHASILAN LAYANAN E-GOVERMENT DI KOTA MEDAN. Jurnal
Akuntansi Bisnis dan Publik, 11(2), 38-45.
1. Pengaruh kepribadian dan kompetensi terhadap kinerja karyawan (studi
pada karyawan Pt.PLN (persero) area pasuruan) Yuda Alfian, Mochammad
Al Musadieq, m.Cahyo Widyo Sulistyo.. Fakultas Ilmu Administrasi
Universitas Brawijaya Malang (Mei 2018).
2.
http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jmdk/article/view/1212/939.
3. Bass, Bernard M. dan Ronald E. Riggio. 2006. Transformasional Leadership
Second Edition. Mahwah, New Jersey London: Lawrence Erlbaum Associates,
Publishers.
4. Hasibuan, Malayu. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia .Bumi Aksara.
Jakarta.
5. Kierstead, J. (1998). Personality and Job Performance: A Research
Overview. Policy, Research and Communications Branch Public Service
Commission of Canada.
6. Barrick, M. R., Parks, L., & Mount, M. K. 2005. Self-Monitoring As
a Moderator of the Relationships Between Personality Traits and
Performance. Personnel Psychology, 58, 745–767.
http://doi.org/10.1111/j.1744-
6570.2005.00716.x
.
7. Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia.
Yogyakarta: BPFE.
8. Hadari Nawawi.2005.Penelitian Terapan.Yogyakarta:Gajah Mada
University
Press.
9. Budi, Triton P. (2005). Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia.
Yogyakarta : Tugu Publisher.
10. DAFTAR PUSTAKA Hasibuan, Malayu S.P. 2016.Manajemen Sumber
Daya
Manusia. EdisiRevisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi
Aksar.
11. DAFTAR PUSTAKA Andriyani, Wiwin. 2012. Penerapan Model
Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Scaffolding untuk
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IS SMA
N1 KUALUH HULU Tahun Ajaran 2012/ 2013.Skripsi.FE. Medan. UNIMED.
12. Thomas H.Stone 2011.Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam
OrganisasiPublik dan Bisnis.Edisi kedua.Penerbit
ALFABETA.cv
13. Hasibuan, Malayu. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta :
Bumi
Aksara.
14. Barrick, Murray R., Michael K. Mount, and Judy P. Strauss. (1993),
“Conscientiousness and performance of sales representatives: test of
the mediating effects of goal-setting”, Journal of Applied Psychology, Vol. 78
No. 5, pp. 715-22.
15. Robbins, Stephen P. (2006).Perilaku Organisasi. Edisi kesepuluh.
Jakarta: PTIndeks Kelompok Gramedia.
16. Aulia, Ahmad. (2011). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Sumber
Daya Insani Terhadap Peningkatan Etos Kerja Pegawai Bank Syariah
Bukopin Cabang Melawai. Skripsi. Jakarta : FSH UIN Jakarta.
17. Senge, Peter M. 1990.The Fifth Discipline. The Art And Practice Of The
Learning Organization. New York: Doubleday Currency.
18. Robbins,Stephen P.2008.Perilaku Organisasi.Indonesia: Konsep
Kontroversi,Aplikasi, AlihBahasa : Hadayana Pujatmaka. Jakarta : Prehalin.
Pane, D. N., El Fikri, M., & Siregar, N. (2020). UPAYA PENINGKATAN
REPURCHASE INTENTION MELALUI SOSIAL MEDIA DAN WORD OF
MOUTH TERHADAP HOTEL PARBABA BEACH DI DAERAH
PARIWISATA KABUPATEN SAMOSIR. JUMANT, 12(1), 12-20.
19. Prihadi, Syaiful F., 2004.Assessment Centre: Identifikasi,
pengukuran danPengembangan Kompetensi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
20. Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. (2008). Manajemen Sumber Daya
Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
21. Rusiadi., Subiantoro, Nur., dan Hidayat, Rahmat. 2014. Metode
Penelitian: Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi Pembangunan. Medan:
USU Press