Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen PT. Akasha Wira International, Tbk Medan

  • ABDUL RAHMAN Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh langsung harga dan promosi secara parsial terhadap loyalitas konsumen pada PT. Akasha Wira International, Tbk Medan. Apakah ada pengaruh tidak langsung harga dan promosi secara parsial terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen pada PT. Akasha Wira International, Tbk Medan. Apakah ada pengaruh langsung harga dan promosi secara simultan terhadap loyalitas konsumen pada PT. Akasha Wira International, Tbk Medan. Apakah ada pengaruh tidak langsung harga dan promosi secara simultan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen pada PT. Akasha Wira International, Tbk Medan.Teknik analisis data yang digunakan adalah metode kuantitatif kausal dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Penelitian ini menggunakan Analisis Jalur. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 94 responden. Pengambilan data primer menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh langsung positif dan signifikan harga dan promosi secara parsial terhadap loyalitas konsumen pada PT. Akasha Wira International, Tbk Medan. Ada pengaruh tidak langsung positif dan signifikan harga dan promosi secara parsial terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen pada PT. Akasha Wira International, Tbk Medan.Ada pengaruh langsung positif dan signifikan harga dan promosi secara simultan terhadap loyalitas konsumen pada PT. Akasha Wira International, Tbk Medan. Ada pengaruh tidak langsung positif dan signifikan harga dan promosi secara simultan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen pada PT. Akasha Wira International, Tbk Medan.Harga berpengaruh langsung ke loyalitas konsumen dan dapat juga berpengaruh tidak langsung yaitu dari pengaruh harga ke kepuasan konsumen (sebagai variabel intervening) lalu ke loyalitas konsumen. Promosi berpengaruh langsung ke loyalitas konsumen dan dapat juga berpengaruh tidak langsung yaitu dari pengaruh promosi ke kepuasan konsumen (sebagai variabel intervening) lalu ke loyalitas konsumen.Nilai Adjusted R Square 0,746 yang dapat disebut koefisien determinasi yang dalam hal ini berarti 74,6% loyalitas konsumen dapat diperoleh dan dijelaskan oleh harga, promosi dan kepuasan konsumen. Sedangkan sisanya 100% - 74,6% = 25,4% dijelaskan oleh faktor lain.

Kata Kunci : Harga, Promosi, Kepuasan dan Loyalitas

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Buku:

Alma. B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Arnould, E. (2013). Consumers. New York: McGraw-Hill Companies, Inc

Barata, A. D. (2014). Pelayanan Prima. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Cravens, D. W. (2016). Pemasaran Strategis. Alih bahasa: Lina Salim. Jakarta: Erlangga

Doublert, B. (2014). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka.

Engel, J. F. R. (2014). Consumer Behavior. Eight Edition. Orlando: The Dryden Press.

Gaspersz, V. (2013). Manajemen Bisnis Total - Total Quality Management. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.

Holmes, M. (2014). Marketing Mix: Product, Price, Distribution and Promotion. America: Prentice Hall Jersey University Press.

Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Juliandi, A. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Ilmu-Ilmu Bisnis. Medan: M2000.

Kotler, P. (2014). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: Prenhalindo.

Lorenzo, P. (2016). Managing of Customer Behavior. New York: Published by McGraw Hill Book Company.

Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran jasa. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Manullang, M dan Pakpahan, M. (2014). Metodologi Penelitian. Proses Penelitian Praktis. Bandung: Citapustaka Media.

Muller, H. (2013). Customer Behavior in Research of Marketing. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Pakpahan, M. (2016). Manajemen Pemasaran, Dalam Kompetensi Global. Proses Penelitian Praktis. Bandung: Citapustaka Media.



93
94



Rangkuti, F. (2013). The Power of Brand: Tehnik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Citra. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka.

Stephen, S. (2015). The Stratified of Consumer In The Service Marketing. 10th Edition. Ohio: Prentice Hall, Ohio University Press.

Sudaryono. (2013). Aplikasi Analisis (Path Analysis) Berdasarkan Urutan Penempatan Variabel Dalam Penelitian. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 17, Nomor 4. Juli 2011.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Tirtomulyo, A. (2015). Peningkatan Kepuasan Pelanggan dalam Tinjauan Pemasaran Jasa. Jakarta: Penerbit Rajawali Press.

Tjiptono, F. (2014). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi

Yunki, B. (2014). Persaingan Citra di Panggung Indonesia. Top Branding 2008. Managign Partner The Jakarta Consulting Group. Jakarta: Majalah Marketing.

Jurnal:

Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent the Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59

Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. JUMANT, 11(1), 189-206.

Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai UNPAB. JEpa, 4(2), 119-132.

Aspan, H., Fadlan, dan E.A. Chikita. (2019). “Perjanjian Pengangkutan Barang Loose Cargo Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat”. Jurnal Soumatera Law Review, Volume 2 No. 2, pp. 322-334.

Darmawan, P. A. D. T. (2017). Pengaruh Kepuasan Konsumen Memediasi Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Berbelanja Pada Florist Online Di Denpasar. Bali: Universitas Udayana, Bali, Indonesia.

Daulay, M. T. (2019). Effect of Diversification of Business and Economic Value on Poverty in Batubara Regency. KnE Social Sciences, 388-401.






Febrina, A. (2019). Motif Orang Tua Mengunggah Foto Anak Di Instagram (Studi Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek). Jurnal Abdi Ilmu, 12(1), 55-65.

Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. JEpa, 3(2), 133-149.

Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., ... & Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and Performance Model based on Indonesia Science and Technology Index. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP Publishing.

Kurniasih, I. D. (2012). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Variabel Kepuasan (Studi Pada Bengkel Ahass0002-Astra Motor Siliwangi Semarang). Semarang: Universitas Diponegoro.

Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.

Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of halal label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail Management Research, 12(2).

Pramono, C. (2018). Analisis Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.

Prasetio, A. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Semarang: Universitas Negeri Semarang, Indonesia.

Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.

Sari, M. M. (2019). Faktor-Faktor Profitabilitas Di Sektor Perusahaan Industri Manufaktur Indonesia (Studi Kasus: Sub Sektor Rokok). Jumant, 11(2), 6168.

Sintya, L.I. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Go-Jek Online Pada Mahasiswa FEB UNSRAT Manado. Manado: Universitas Sam Ratulangi Manado.

Siregar, N. (2018). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. JUMANT, 8(2), 87-96.





Sujarmanto, L. C. (2015). Pengaruh Citra Merek, Promosi, Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Pengguna Sabun Anti Septik Dettol di Yogyakarta). Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Sunarti, dkk. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Kepada Konsumen Kendaraan Merek Toyota Di Univeritas Brawijaya Malang). Malang: Universitas Brawijaya Malang.

Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational Commitment, and Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas Pembangunan Panca Budi.

Zeithaml, V. A. (2014). Service Quality, Profitability, And The Economic Worth Of Costumers: What We Know Dan What We Need To Learn. Journal Of The Academy Of Marketing Sciences 28(1) : 67_85.
Published
2021-06-23