Analisis Brand Image, Promosi dan Fasilitas Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Quality Fried Chicken Flamboyan Medan (Studi Kasus Pada Konsumen QFC Flamboyan Medan)

  • Ari Ramadhan Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

ABSTRAK


Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh brand image, promosi & fasilitas terhadap minat beli konsumen pada Quality Fried Chicken Flamboyan Medan (Studi Kasus Pada Konsumen Quality Fried Chicken Flamboyan Medan). Analisis ini meliputi: uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis melalui uji t dan uji f, serta analisis koefisien determinasi (R2) dengan jumlah sampel sebanyak 82 responden dengan menggunakan sampel acak. Hasil analisis menggunakan uji t dapat diketahui bahwa ketiga variabel independen yaitu brand image (X1) berpengaruh secara positif namun tidak signifikan secara parsial terhadap variabel dependen yaitu minat beli (Y) dengan nilai koefisien < , 1,148 < 1.670 pada signifikan 0.254 > 0.05, promosi (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan secara parsial terhadap variabel dependen yaitu minat beli (Y) dengan nilai koefisien > , 2.187 > 1.670 pada signifikan 0.032 < 0.05 dan fasilitas (X3) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap variabel dependen yaitu minat beli (Y) nilai koefisien > , 3,842 > 1.670 pada signifikan 0.887 < 0.05. Kemudian hasil analisis menggunakan uji F dapat diketahui bahwa ketiga variabel independen yaitu brand image (X1), promosi (X2) dan fasilitas (X3) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu minat beli (Y) dengan nilai koefisen > 15,950 > 2.70 pada signifikan 0.00 < 0.05. Hasil analisis menggunakan koefisien determinasi diketahui bahwa 35.6% Minat beli dapat diperoleh dan dijelaskan oleh brand image, promosi dan fasilitas. Sedangkan sisanya 64.4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.


Kata Kunci: Brand Image (X1), Promosi (X2), Fasilitas (X3) Dan Minat Beli (Y)

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA


BUKU


. 2012. Manajemen Ekuitas Merek: Memanfaatkan Nilai Dari Suatu Merek. Jakarta: Mitra Utama

. 2014. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta. Andi.

. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit Andi, Yogyakarta

, 2016. Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Aaker, David, A. 2010. Manajemen Ekuitas Merek, Jakarta : Spektrum Mitra Utama

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Chris Rowley & Keith Jackson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. The Key Concepts, Cetakan Kesatu, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta

Fandy Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran, edisi. 3, Yogyakarta, Andi.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2012. Marketing Management, Edisi 14, New Jersey: Prentice-Hall Published.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2012. Principles Of Marketing, Edisi 14, New Jersey: Prentice-Hall Published.

Simamora, Bilson. 2011. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Smith, P.R and Ze Zook. (2011). Marketing Communications; Integrating Offline and Online With Social Media, 5th ed. London: Kogan Page


JURNAL

Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent the Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59

Adrian Hira Himawan (2016) Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Promosi Terhadap Minat Beli Notebook Acer (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta)

66





Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. JUMANT, 11(1), 189206.

Anggit Yoebrilianti (2018) Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Produk Fashion Dengan Gaya Hidup Sebagai Variabel Moderator (Survei Konsumen Pada Jejaring Sosial)

Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai UNPAB. JEpa, 4(2), 119132.

Aspan, H., Fadlan, dan E.A. Chikita. (2019). “Perjanjian Pengangkutan Barang Loose Cargo Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat”. Jurnal Soumatera Law Review, Volume 2 No. 2, pp. 322-334.

Daulay, M. T. (2019). Effect of Diversification of Business and Economic Value on Poverty in Batubara Regency. KnE Social Sciences, 388-401.

Eko Purnomo (2016) Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Membeli Beras Lokal (Studi Kasus Desa Rambah Utama)

Eric Akbar Winardi (2017) Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Merek Asus (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung)

Febrina, A. (2019). Motif Orang Tua Mengunggah Foto Anak Di Instagram (Studi Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek). Jurnal Abdi Ilmu, 12(1), 55-65.

Fitria Isnaini (2015) Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Smartphone Di Kalangan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2013

Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. JEpa, 3(2), 133-149.

Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., ... & Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and Performance Model based on Indonesia Science and Technology Index. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP Publishing.

Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.

Muhammad Lutfi Anas (2018) Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Smartphone Asus (Studi Pada Masyarakat Kota Bandar Lampung)



67



Mukhamad Iqbal Nurhaqsanni (2018) Pengaruh Media Sosial Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada PT. WBRN Global Indonesia (WELLBORN))

Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of halal label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail Management Research, 12(2).

Nur Eko Wa’dah (2013) Pengaruh Merek, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Minat Beli Sepeda Polygon (Studi Kasus Pada Konsumen Sepeda Polygon Di Toko Sepeda “Hidayah” Jepara)

Pramono, C. (2018). Analisis Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.

Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.

Roslina 2010. “Citra Merek: Dimensi, Proses Pemngembangan SertaPengukurannya.” Jurnal Bisnis dan Manajemen, Volume 6 No 3, Mei 2010: 333-346.

Sari, M. M. (2019). Faktor-Faktor Profitabilitas Di Sektor Perusahaan Industri Manufaktur Indonesia (Studi Kasus: Sub Sektor Rokok). Jumant, 11(2), 61-68.

Siregar, N. (2018). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. JUMANT, 8(2), 87-96.

Veronika (2016) Pengaruh Brand Image dan Iklan terhadap Minat Beli Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi

Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational Commitment, and Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas Pembangunan Panca Budi.
Published
2021-06-23