Pengaruh Sosialisasi Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Atas Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 Badan Pada Yayasan Pendidikan Islam Annur Prima Medan
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meneliti secara empiris mengenai pengaruh kualitas pelayanan pajak terhadap kepatuhan Wajib Pajak atas Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 pada Yayasan Pendidikan Islam Annur Prima Medan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sampling Purposive (teknik penentuan sampel berdasarkan pertimbangan), untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pajak terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Penelitian dilakukan dengan metode wawancara dan survey kuesioner pada Bendahara Yayasan yang pernah menjabat di Yayasan Pendidikan Islam Annur Prima Medan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan pajak yang diberikan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Belawan, berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Yayasan Pendidikan Islam Annur Prima Medan khususnya pada pelaporan SPT Tahunan Badan Nihil. Kata kunci: Kualitas Pelayanan Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak, SPT Tahunan Badan Nihil, Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 Yayasan Pendidikan Islam Annur Prima Medan.
Downloads
References
Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap
Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening
Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi
Medan. JUMANT, 11(1), 189-206.
Andika, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Berwirausaha dan Kepribadian
Terhadap Pengembangan Karir Individu Pada Member PT. Ifaria Gemilang
(IFA) Depot Sumatera Jaya Medan. JUMANT, 8(2), 103-110.
Andika, R. (2018). PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN
PENGAWASAN TERHADAP DISIPLIN KERJA KARYAWAN PADA
PT ARTHA GITA SEJAHTERA MEDAN. JUMANT, 9(1), 95-103.
Ahmad, R. (2019). ANALISIS KUALITAS SISTEM INFORMASI
MANAJEMEN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PDAM TIRTA
WAMPU STABAT. Jurnal Manajemen Bisnis (JMB), 31(1), 15-21.
Ahmad, R. (2019). PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN DAN
DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT.
MITRA NIAGA SEJATI JAYA-LANGKAT. JUMANT, 11(2), 137-146.
Diana, Sari. 2013. Konsep Dasar Perpajakan. Bandung: PT Refika Adimata.
Direktorat Jenderal Pajak. 2015. Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER32/PJ/2015 tentang Pedoman Teknis Tata Cara Pemotongan, Penyetoran,
dan Pelaporan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 dan/atau Pajak Penghasilan
Pasal 26 Sehubungan dengan Pekerjaan, Jasa, dan Kegiatan Orang Pribadi
sebagaimana dimaksud dalam pasal 4 ayat (1) UU Nomor 7 Tahun 1983
yang telah diubah terakhir dengan UU Nomor 10 Tahun 1994.
Dena, Verisca. 2010. “Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kualitas Pelayanan,
Pemeriksaan dan Kesadaran Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam
Menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT)”.
El Fikri, M., Andika, R., Febrina, T., Pramono, C., & Pane, D. N. (2020). Strategy
to Enhance Purchase Decisions through Promotions and Shopping Lifestyles
to Supermarkets during the Coronavirus Pandemic: A Case Study IJT Mart,
Deli Serdang Regency, North Sumatera.
El Fikri, M., & Dewi Nurmasari Pane, R. A. (2020). Factors Affecting Readers’
Satisfaction in" Waspada" Newspapers: Insight from Indonesia. Indexing
and Abstracting.
Fadly, Y. (2019). PERFORMA MAHASISWA AKUNTANSI DALAM
IMPLEMENTASI ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSE (ESP)
DI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI (UNPAB)
MEDAN. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(2), 190-201.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS
19 Edisi 5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS
23 Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Indrawan, M. I., & SE, M. (2015). Pengaruh Promosi Jabatan dan Mutasi terhadap
Prestasi Kerja Pegawai PT. Bank Mandiri (Persero) Cabang Ahmad Yani
Medan. Jurnal ilmiah INTEGRITAS, 1(3).
Kadir, Abdul. 2016. Kapita Selekta Perpajakan di Indonesia. Medan:
Pustaka Bangsa Press.
Kementerian Keuangan RI. 2013. Peraturan Menteri Keuangan Republik
Indonesia Nomor 17/PMK.03/2013 tentang Tata Cara Pemeriksaan Pajak.
Mardiasmo. 2011. Perpajakan. Yogyakarta: Tabora Media.
Peraturan Dirjen Pajak Nomor PER-02/PJ/2017 tentang Kualitas Pelayanan Pajak.
Priantara, Diaz. 2012. Perpajakan Indonesia Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana
Media.
Rossanty, Y., & PUTRA NASUTION, M. D. T. (2018). INFORMATION
SEARCH AND INTENTIONS TO PURCHASE: THE ROLE OF
COUNTRY OF ORIGIN IMAGE, PRODUCT KNOWLEDGE, AND
PRODUCT INVOLVEMENT. Journal of Theoretical & Applied Information
Technology, 96(10).
Rossanty, Y., Hasibuan, D., Napitupulu, J., Nasution, M. D. T. P., & Rahim, R.
(2018). Composite performance index as decision support method for multi
case problem. Int. J. Eng. Technol, 7(2.29), 33-36.
Rossanty, Y., Nasution, M. D. T. P., & Ario, F. (2018). Consumer Behaviour In
Era Millennial. Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah AQLI.
Resmi, Siti. 2017. Perpajakan Teori dan Kasus Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.
Rumi, Yeyen. 2012. “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepatuhan Membayar
Wajib Pajak”.
Robbins, dan Judge. 2011. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Supadmi. 2010. “Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Kualitas”. Jurnal
Akuntansi dan Bisnis: Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.
Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Tri, Putut. 2012. “Pengaruh Persepsi Wajib Pajak tentang Kualitas Pelayanan Fiskus
Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Kondisi Keuangan Wajib Pajak”.
Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1994 tentang Perubahan Atas Undang-Undang
Nomor 7 Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan sebagaimana telah diubah
dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1991.
Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2000 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara
Perpajakan.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
https://www.dictio.id/teori-atribusi, diakses pada tanggal 7 November 2019, pukul
21.00 WIB.
https://www.online-pajak.com/pajak-yayasan-pendidikan, diakses pada tanggal
8 November 2019, pukul 17.00 WIB.
https://www.pakarkomunikasi.com/teori-atribusi, diakses pada tanggal
9 November 2019, pukul 21.05 WIB.
https://www.ortax.org/ortax/?mod=forum&page=show&idtopik=37794, diakses
pada tanggal 10 November 2019, pukul 20.17 WIB.