Analisis Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan Terhadap Pembayaran Pajak Restoran Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Medan

  • NOVALINA SINURAYA Universitas Pembangunan Pancabudi

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepatuhan wajib pajak badan terhadap pembayaran pajak restoran terhadap peraturan derah dan hukum yang berlaku pada dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu kota medan, kedisplinan,tanggung jawab, tingkat kesadaran diri wajib pajak restoran, mengetahui upaya-upaya, faktor-faktor dan permasalahan terhadap apa yang mempengaruhi tingkat kepatuhan serta pendapatan pajak restoran. Penelitian tentang tingkat kepatuhan wajib pajak dalam pembayaran pajak restoran di Badan Pengelola Pajak Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Medan tersebut adalah sebagai pembelajaran bersama sehingga dapat ikut serta memberikan dukungan dalam pembangunan, meningkatkan kesadaran diri dan turut serta dalam memberi dukungan terhadap penyelenggaran Pemerintah Daerah. Tingkat kepatuhan wajib pajak badan terhadap pembayaran pajak restoran tahun 2015 sebesar 60,4% termasuk kategori rendah, tahun 2016 sebesar 60,7% termasuk kategori rendah, tahun 2017 sebesar 70% termasuk kategori rendah, tahun 2018 sebesar 71,1% termasuk kategori rendah, tahun 2019 sebesar 72,6% termasuk kategori tinggi. Penelitian ini menggunakan cara pengumpulan data dengan mengambil data di tingkat kepatuhan wajib pajak badan terhadap pembayaran pajak restoran pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Medan, mewawancarai Pegawai fiskus Badan Pengelola Pajak Kota Medan, studi literatur yang mendukung teori penyelesaian masalah. Pada penelitian ini dalam 5 (lima) tahun terakhir jumlah wajib pajak restoran yang mendaftarkan diri dan target serta realisasi menunujukan dalam peningkatan setiap tahunnya. Peningkatan ini membuktikan bahwa kerjasama antara fiskus dan wajib pajak berjalan dengan baik dan fiskus bekerja dengan sudah seoptimal mungkin serta tingkat kesadaran yang tinggi dari wajib pajak restoran. Kata Kunci:Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak, Wajib Pajak Badan, Tingkat kesadaran serta Kerja sama fiskus wajib pajak restoran

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Buku:
Aspan, H. (2017). “Good Corporate Governance Principles in the Management of
Limited Liability Company. International Journal of Law Reconstruction, Volume 1
No. 1, pp. 87-100.
Aspan, H. (2017). “Peranan Polri Dalam Penegakan Hukum Ditinjau Dari Sudut
Pandang Sosiologi Hukum”. Prosiding Seminar Nasional Menata Legislasi Demi
Pembangunan Hukum Nasional, ISBN 9786027480360, pp. 71-82.
Aspan, H. (2014). “Konstruksi Hukum Prinsip Good Governance Dalam Mewujudkan
Tata Kelola Perusahaan Yang Baik”. Jurnal Dialogia Iuridica Universitas Maranatha
Bandung, Volume 2 No. 2, pp. 57-64.
Aspan, H., I. M. Sipayung, A. P. Muharrami, and H. M. Ritonga. (2017). “The Effect
of Halal Label, Halal Awarness, Product Price, and Brand Image to the Purchasing
Decision on Cosmetic Products (Case Study on Consumers of Sari Ayu Martha
Tilaar in Binjai City)”. International Journal of Global Sustainability, ISSN 1937-
7924, Vol. 1, No. 1, pp. 55-66.
Aspan, H. (2020). “The Role of Legal History in the Creation of Aspirational
Legislation in Indonesia”. International Journal of Research and Review (IJRR),
Volume 7 Issue 6, pp 40-47.
El Fikri, M., & Dewi Nurmasari Pane, R. A. (2020). Factors Affecting Readers’
Satisfaction in" Waspada" Newspapers: Insight from Indonesia. Indexing and
Abstracting.
Halim, Abdul Icuk Rangga Bawono, dan Amin Dara 2014. Perpajakan, Konsep
Aplikasi, Contoh dan studi kasus. Jakarta Selatan: Salemba Empat
Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., ...
& Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and Performance
Model based on Indonesia Science and Technology Index. In Journal of Physics:
Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP Publishing.
Mardiasmo. 2011. Perpajakan Edisi Revisi 2011. Yogyakarta: Andi.
Pane, D. N., El Fikri, M., & Siregar, N. (2020). UPAYA PENINGKATAN
REPURCHASE INTENTION MELALUI SOSIAL MEDIA DAN WORD OF
MOUTH TERHADAP HOTEL PARBABA BEACH DI DAERAH PARIWISATA
KABUPATEN SAMOSIR. JUMANT, 12(1), 12-20.
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in
Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International
Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.
RITONGA, H. M., PANE, D. N., & RAHMAH, C. A. A. (2020). PENGARUH
KUALITAS PELAYANAN DAN EMOSIONAL TERHADAP KEPUASAN
PELANGGAN PADA HONDA IDK 2 MEDAN. JUMANT, 12(2), 30-44.
Ritonga, H. M., Setiawan, N., El Fikri, M., Pramono, C., Ritonga, M., Hakim, T.,
... & Nasution, M. D. T. P. (2018). Rural Tourism Marketing Strategy And Swot
Analysis: A Case Study Of Bandar PasirMandoge Sub-District In North Sumatera.
International Journal of Civil Engineering and Technology, 9(9).
Resmi Siti. 2011. Perpajakan Teori dan Kasus Edisi 6, Buku 1. Jakarta: Salemba
Empat.
Waluyo. 2013. Perpajakan Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Peraturan Perundang-Undangan:
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2011 tentang Pajak Restoran, Peraturan
Daerah Kota Medan
Undang-Undang Nomor 28 tahun 2012 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara
Perpajakan
Internet:
https://sonnylazio.blogspost.com/2011/06 Pengertian dan sumber-sumber yang
ada data bagaian pendapatan daerah Kota Medan
https://cinta-inten. blogspost.com/2012/12/Pemahaman Tentang Wajib Pajak
http://www.academi.edu/11942746/Hak_dan_Kewajiban_WP_selama_proses_pe
meriksaan_pajak
https://text-id.123dok.com/document/nq7w713oz-upaya-upaya-yang-dilakukanuntuk-mengoptimalkan-peningkatan-penerimaan-pajak-restoran.html
Published
2021-06-23