Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Berbelanja Produk Fashion Di Shopee (study kasus: pada perumahan asrama kavlery 6/NK jln. Asam kumbang, Medan)
Abstract
ABSTRAK
Kepuasan konsumen merupakan suatu indikator kedepan akan keberhasilan bisnis perusahaan, yang mengukur bagaimana baiknya tanggapan pelanggan terhadap masa depan bisnis perusahaan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dalam berbelanja produk fashion di shopee pada perumahan asrama kaveri 6/NK Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara satu variabel dengan variabel lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang berbelanja produk fashion di shopee di perumahan asrama kavaleri 6/NK medan. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accident sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang secara kebetulan ditemui oleh peneliti dan memiliki kriteria yang sesuai maka akan dijadikan sebagai sampel. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, Uji multikolinearitas, Uji Heteroskedasitas dan Analisis Regresi Linier berganda dengan program (SPSS versi 22). Dari hasil penelitian diketahui bahwa (X1) Kualitas Produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan berbelanja produk fashion di shopee di asrama kavleri 6/NK Medan.(X2) Harga berpengaruh positif dan signignifikan terhadap kepuasan pelanggan berbelanja produk fashion di shopee di asrama kavleri 6/NK Medan.(X3) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signafikan terhadap kepuasan pelaggan berbelanja produk fashion di shopee di asrama kavleri 6/NK Medan. Maka ada pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara variabel kualitas produk, harga, kualitas pelayanan, terhadap kepuasan pelanggan berbelanja produk fashion di shopee.
Kata kunci : Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan.
Downloads
References
BUKU :
Buchari Alma, (2011), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan. Kesembelian, Alfabeth, Bandung.
Danang, Sunyoto .(2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku. Seru.
Daryanto dan setyobudi. (2014). Konsumen dan pelayanan prima. Yogyakarta : Gava media.
Djaslim, Saladin. (2010). Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama, Bandung, Linda Karya
Fandi Tjiptono, dan gregorius Chandra. (2011). Service, quality and satisfaction. Yogyakarta. Andi.
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang.
Handi, Irawan. (2009). Prinsip kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Kotler, Philip, dan Gary Armstrong (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga.
Kotler Philip, Amstrong Gary. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc
Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid satu. Erlangga : Jakarta.
Kotler, dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Lovelock, Wirtz, dan Mussry. (2010), Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi.jakarta:Erlangga.
Manullang dan Pakpahan. (2014). Metodologi Penelitian Proses Penelitian Praktis :Citapustaka Media. Bandung.
Mauludin, Hanif. (2010). Marketing Research: Panduan Bagi Manajer, Pimpinan Perusahaan Organisasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Mowen, John C dan Minor, Micheal. (2012). Perilaku Konsumen dialih Bahasakan oleh Dwi Kartika Yahya. Jakarta: Erlangga.
Mudrajad Kuncoro, (2012). “Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi” Edisi 4. Jakarta: Erlangga.
Pakpahan Manuntun. (2016). Menejemen Pemasaran Dalam Kompetisi Global. Penerbit CV.Rusal Development Service.
Situmorang, Syafrizal Helmi dan Muslich Lutfi. (2012). Analisis Data untuk Riset Manajemen dan Bisnis. Medan: Usu Press.
Sofjan,Assauri. (2009). Manajemen Pemasaran Konsep Dasar dan Strategi,edisi pertama. Jakarta: Rajagrafindo.
Ridwan dan Kuncoro. (2012). Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur. Bandung: Alfabeta.
Rusiadi, dkk. (2013). Metode Penelitian, Manajemen Akuntasi dan Ekonomi Pembangunan, Konsep, Kasus dan Aplikasi SPSS, Eviews, Amos, Lisrel. Medan: USU Press.
Sugiyono.2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Fandy Tjiptono, dan Gregorius Chandra. (2011). Service, Quality and Satisfaction. (ed 3). Yogyakarta. Andi.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, (2012), Pemasaran Strategik. Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. (2014), Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.
Zulian Yamit. (2013). Menejemen Kualitas Produk dan Jasa, Yogyakarta: Ekonisia.
JURNAL :
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent the Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59
Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. JUMANT, 11(1), 189206.
Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai UNPAB. JEpa, 4(2), 119132.
Aspan, H., Fadlan, dan E.A. Chikita. (2019). “Perjanjian Pengangkutan Barang Loose Cargo Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat”. Jurnal Soumatera Law Review, Volume 2 No. 2, pp. 322-334.
Daulay, M. T. (2019). Effect of Diversification of Business and Economic Value on Poverty in Batubara Regency. KnE Social Sciences, 388-401.
Febrina, A. (2019). Motif Orang Tua Mengunggah Foto Anak Di Instagram (Studi Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek). Jurnal Abdi Ilmu, 12(1), 55-65.
Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. JEpa, 3(2), 133-149.
Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., ... & Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and Performance Model based on Indonesia Science and Technology Index. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP Publishing.
Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.
Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of halal label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail Management Research, 12(2).
Pramono, C. (2018). Analisis Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.
Sari, M. M. (2019). Faktor-Faktor Profitabilitas Di Sektor Perusahaan Industri Manufaktur Indonesia (Studi Kasus: Sub Sektor Rokok). Jumant, 11(2), 61-68.
Siregar, N. (2018). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. JUMANT, 8(2), 87-96.
Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational Commitment, and Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas Pembangunan Panca Budi.