Pengaruh Iklan dan Citra merek terhadap Keputusan Pembelian Indihome pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk Medan

  • APRIZAL HARIS SINAGA Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

ABSTRAK
PT Telekomunikasi Indonesia Tbk khususnya wilayah medan memasarkan produk indihome. Masalah dalam penelitian ini adalah masyarakat konsumen belum banyak mengetahui kualitas produk indihome, sehingga berkurang minat membelinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh variabel Iklan (X1) dan variabel Citra Merek (X2) terhadap keputusan pembelian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada responden sebanyak 93 orang dari pelanggan tersebut. Model yang digunakan yaitu regresi linier berganda, dengan memakai metode penarikan sampel accident sampling yang diolah dengan program SPSS Versi 17. Dari uji simultan berpengaruh positif dan signifikan antara variabel Iklan dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian. serta Iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk Indihome pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk Medan. Sedangkan Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk Indihome pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk Medan. Iklan (X1) dan Citra Merek (X2) pada model memiliki kontribusi untuk variabel Keputusan pembelian (Y) sedangkan sisanya 33% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model. Misalnya :Harga,Promosi,Kualitas pelayanan.

Kata Kunci : Iklan dan Citra Merek dan Keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

BUKU :

A.M, Morissan. 2010. Periklanan komunikasi pemasaran terpadu, Jakarta : Penerbit Kencana.

Ahmad. 2013. Manajemen Pelayanan Publik. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Arens, et al. (2013). Audit dan Jasa Assurance: Pendekatan Terpadu (Adaptasi Indonesia), Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Dessy Amelia Fristiana. Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ramai Swalayan Peterongan Semarang. Jurnal Manajemen

Fandy Tjiptono, Ph.D. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit Andi, Yogyakarta

Hendri, Ma’ruf,2005 Pemasaran Ritel,Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Irawan dan Darma Tuah (2017) Resecrh Methodeloghy Aplikasi dan Teknik Mengelola Data.Medan

Junaedi, Fajar. (2013). Komunikasi Massa Pengantar Teoritis. Yogyakarta: Santusta

Kotler dan Keller, (2012:27). Manajemen Pemasaran edisi ketigabelas jilid 1 dan 2 dialih bahasakan oleh Bob Sabran, Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 8. Jilid 1. Alih Bahasa : Damos Sihombing, Salemba Empat : Jakarta.

Kotler, Philip dan Gara Armstrong.2012.Prinsip Prinsip Pemasaran. Edisi 13.Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Kotler dan Amstrong dalam Ginting, (2011:23) Manajemen Pemasaran. Edisi kedua. Jakarta: PT. Indeks.

Kurniawan, Albert. (2014). Metode Riset untuk Ekonomi dan Bisnis: Teori, Konsep, dan Praktik Penelitian Bisnis (Dilengkapi Perhitungan Pengolahan Data dengan IBM SPSS 22.0). Bandung: Alfabeta

Lutiary Eka Ratri, 2017, Hubungan Antara Citra Merek (Brand Image) operator Seluler Dengan Loyalitas Merek (Brand Loyalty) Pada Mahasiswa Pengguna Telepon Seluler Di Fakultas Ekonomi Reguler Universitas Diponegoro Semarang, Fakultas Psikologi, Undip, Semarang.

Machkoodz, Mas'ud dan Mahmud Machkoodz Kewirausahaan Metode Manajemen, Implementasi. Yogyakarta. BPFE Yogyakarta Soetrisno, Noer Koperasi



Machfoedz, Mahmud. (2010), “Komunikasi Pemasaran Modern”, Cetakan Pertama, Cakra Ilmu, Yogyakarta.

Manullang M, Pakpahan M. 2014. Metodologi Penelitian, Proses Peneliti Praktis. Bandung. Penerbit Cita Pustaka Media

Ni Nyoman (2014:3647) citra merek (brand image) merupakan representasi dari keseluruhan persepsi terhadap merek dan dibentuk dari informasi dan pengalaman masa lalu terhadap merek itu.

Nugroho, T. 2011. Asuhan Keperawatan Maternitas, Anak, Bedah Dan Paenyakit Dalam. Yogyakarta : Nuha Medika

Ogi Sulistian. 2011. Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Rokok Gudang Garam Filter. Kuningan: Fakultas Ekonomi Universitas Kuningan.

Pakpahan.Manuntun. (2016). Manajemen Pemasaran Dalam Kompetisi Global.Penerbit CV. Runal Develovment Service.

Rusiadi, dkk. (2014). Metode Penelitian. Medan: USU Press

Sari, Anisa Kurnia .(2013). Pengaruh Citra Merek dan Keluarga Terhadap Keputusan

Suharno. 2010. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Yogyakarta: UNY Press.

Schiffman dan Kanuk. 2011. Perilaku Konsumen Edisi 7. Jakarta: Indeks.

Suharno. 2010. Marketing in Practice. edisi pertama, penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, dalam yuniar Nugroho, Farid (2011: 11) Citra merek adalah apa yang dipersepsikan oleh konsumen mengenai sebuah merek. Dimana hal ini menyangkut bagaimana seorang konsumen menggambarkan apa yang mereka rasakan mengenai merek tersebut ketika mereka memikirkannya.

Tjiptono, Fandy. 2015, “Strategi Pemasaran”, edisi empat, CV. Andi, Yogyakarta Hal 404.

Wijaya Tony, 2011. Manajemen Kualitas Jasa, Jakarta :PTIndeks








JURNAL :

Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent the Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59

Aji, Gilang Wicaksono. 2011.Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sosial terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 16 Surakarta Tahun Ajaran 2010/ 2011.Skripsi Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Amrullah, Artika Romal. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol.5, No.7,

Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. JUMANT, 11(1), 189206.

Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai UNPAB. JEpa, 4(2), 119132.

Aspan, H., Fadlan, dan E.A. Chikita. (2019). “Perjanjian Pengangkutan Barang Loose Cargo Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat”. Jurnal Soumatera Law Review, Volume 2 No. 2, pp. 322-334.

Daulay, M. T. (2019). Effect of Diversification of Business and Economic Value on Poverty in Batubara Regency. KnE Social Sciences, 388-401.

Febrina, A. (2019). Motif Orang Tua Mengunggah Foto Anak Di Instagram (Studi Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek). Jurnal Abdi Ilmu, 12(1), 55-65.

Helena Hermawati Prayuana, Anik Lestari Andjarwati. Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorse Irfan Bachdim dan Event Sponshorship terhadap Citra Merek Minuman Isotonik Pocari Sweat. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 1 Nomor 1 Januari 2013.

Hermawati Prayuana dan Anik Lestari Andjarwati; Pengaruh Penggunaan Celebrity Endoser Irfan Bachdim Dan Event Sponsorship Terhadap citra Merek Minuman Isotonik Pocari Sweat 307 Jurnal Ilmu Manajemen | Volume 1 Nomor 1Januari 2013.

Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. JEpa, 3(2), 133-149.





Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., ... & Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and Performance Model based on Indonesia Science and Technology Index. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP Publishing.

Made Novandr SN. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada Harpindo Jaya Cabang Ngaliyan. Skripsi: FE, Undip Semarang.

Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.

Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of halal label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail Management Research, 12(2).

Ong, Ian Antonius dan Sugiono Sugiharto. 2013. “Analisis Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Di Cincau Station Surabaya”Jurnal Manajemen Pemasaran Vol.1 No. 2 .

Pramono, C. (2018). Analisis Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.

Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.

Sari, M. M. (2019). Faktor-Faktor Profitabilitas Di Sektor Perusahaan Industri Manufaktur Indonesia (Studi Kasus: Sub Sektor Rokok). Jumant, 11(2), 61-68.

Siregar, N. (2018). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. JUMANT, 8(2), 87-96.

Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational Commitment, and Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas Pembangunan Panca Budi.
Published
2021-06-23