Analisis Perhitungan Franchise Fee dan Royalty Fee pada PT. Cleanpro Mitra Bestari

  • Nanda Avianty Universitas Pembangunan Pancabudi

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian untuk mengetahuibagaimana sistem pelaksanaan bisnis franchise, franchise fee dan royalty fee pada PT. Cleanpro Mitra Bestari.Bagaimana pembayaran franchise fee dan pembagian royalty fee pada PT. Cleanpro Mitra Bestari. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi penurunan ROA pada tahun 2019 sebesar 0,04% dari tahun sebelumnya dan terjadi peningkatan ROE pada tahun 2019 sebesar 0,44% dari tahun sebelumnya. PT. Cleanpro Mitra Bestari dalam mencatat Franchise Fee belum menerapkan PSAK No.23 karena semua dana yang diperoleh dari Franchise Fee diakui sebagai pendapatan tanpa melihat adanya kewajiban yang harus dilaksanakan. Sementara Untuk pembagian Royalty Fee pihak perusahaan sudah menerapkan dengan PSAK No.23 karena tidak adanya kewajiban yang harus dilaksanakan. Kata Kunci:Franchise Fee, Royalty Fee, ROA, ROE, dan PSAK No.23

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Abdulkadir Muhammad, 2010, Hukum Perusahaan Indonesia, (Bandung: PT.
Citra Aditya Bakti), h. 560-561.
Abdul R. Saliman, Hukum Bisnis Untuk Perusahaan Teori dan Contoh Kasus,
(Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2014), h.58.
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent
the Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic
Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59.
Aspan, H. (2017). “Good Corporate Governance Principles in the Management of
Limited Liability Company. International Journal of Law Reconstruction,
Volume 1 No. 1, pp. 87-100.
Aspan, H., E.S. Wahyuni, S. Effendy, S. Bahri, M.F. Rambe, dan F.B. Saksono.
(2019). “The Moderating Effect of Personality on Organizational Citizenship
Behavior: The Case of University Lecturers”. International Journal of Recent
Technology and Engineering (IJRTE), Volume 8 No. 2S, pp. 412-416.
Aspan, H., Fadlan, dan E.A. Chikita. (2019). “Perjanjian Pengangkutan Barang
Loose Cargo Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat”. Jurnal Soumatera Law
Review, Volume 2 No. 2, pp. 322-334.
Brigham, Eugene F, dan Joel F Houston. 2015. Dasar-dasar Manajemen
Keuangan, Edisi Kesepuluh. Alih bahasa oleh Salemba Empat : Jakarta.
Darsono dan Ashari. 2013. Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan.
Andi : Yogyakarta.
Dermawan Wolid,. Analisis Sistem Penetapan Franchise Fee dan Royalty Fee
Pada Franchise BRC, Lex Jurnalica, Vol. 2, No. 1, 2010, hlm. 36.
Fahmi Irham,.(2013). Merek Nafas Waralaba. Bandung: Alfabeta, CV.
Gunawan Widjaja, 2011, Seri Hukum Bisnis Waralaba, (Jakarta: PT. Raja
Gafindo Persada), h. 13.
Harahap, Sofyan Safri. 2010. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. PT. Raja
Grafindo Persada : Jakarta.
Harianto, H., Rahayu, S., & Saragih, M. G. (2019, December). Improved Marketing
Performance and Product Innovation for The Optimization of Competitive
Advantage. In Journal of International Conference Proceedings (Vol. 2, No.
3, pp. 79-84).
Hasibuan, H. A., Purba, R. B., & Siahaan, A. P. U. (2016). Productivity assessment
(performance, motivation, and job training) using profile matching. SSRG
Int. J. Econ. andManagement Stud, 3(6).
Indrawan, M. I., Nasution, M. D. T. P., Adil, E., & Rossanty, Y. (2016). A Business
Model Canvas: Traditional Restaurant “Melayu” in North Sumatra,
Indonesia. Bus. Manag. Strateg, 7(2), 102-120.
Irawan dan Tuah, M. Dharma,.(2017). Research Methodology Aplikasi dan Teknik
Mengolah Data.Medan: Universitas Pembangunan Pancabudi
Jumingan. 2010. Analisis Laporan Keuangan. Bumi Aksara : Jakarta.
Lestario, F. (2018). DAMPAK PERTUMBUHAN BISNIS FRANCHISE
WARALABA MINIMARKET TERHADAP PERKEMBANGAN KEDAI
TRADISIONAL DI KOTA BINJAI. JUMANT, 7(1), 29-36.
Lestario, F., & Siboro, A. (2019). Enhance model intrinsic motivation and
coopetence for nmeasuring employee’s performance hospitalsmartha friska
multatuli.
Made Emy Andayani dan I Wayan Wijaya, Pengaturan Hukum Toko Modern
Waralaba Terhadap Eksistensi Pasar Tradisional di Kota Denpasar, Artikel
pada Jurnal Advokasi, No. 1, Vol. 5, Maret 2015, hlm. 4.
Malikhah, I. (2019). PENGARUH MUTU PELAYANAN, PEMAHAMAN
SISTEM OPERASIONAL PROSEDUR DAN SARANA PENDUKUNG
TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS
PEMBANGUNAN PANCA BUDI. JUMANT, 11(1), 67-80.
Munawir, 2010.Analisa Laporan Keuangan. Liberty : Yogyakarta.
Redjeki Slamet Sri,.Waralaba (Franchise) Di Indonesia, Lex Jurnalica, Vol. 8, No.
2, 2011.Hlm. 127.
Rianto, H. (2019). Produk Asuransi Syariah Prudential (Pru Link Syariah) Dalam
Tinjauan Syariat Islam. AGHNIYA: Jurnal Ekonomi Islam, 1(2).
Rianto, H., Olivia, H., & Siregar, S. (2019). Islamic Family Financial Management.
In Proceeding International Seminar on Islamic Studies (Vol. 1).
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in
Determining The Feasibility of Debtors Using Profile
Matching. International Journal of Business and Management
Invention, 6(1), 73079.
Ritonga, H. M., Setiawan, N., El Fikri, M., Pramono, C., Ritonga, M., Hakim, T., ...
& Nasution, M. D. T. P. (2018). Rural Tourism Marketing Strategy And Swot
Analysis: A Case Study Of Bandar PasirMandoge Sub-District In North
Sumatera. International Journal of Civil Engineering and Technology, 9(9).
Sari, I. (2018). Motivasi belajar mahasiswa program studi manajemen dalam
penguasaan keterampilan berbicara (speaking) bahasa
Inggris. JUMANT, 9(1), 41-52.
Sari, I. (2019). Kesulitan Mahasiswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. JUMANT,
11(1), 81-98.
Sumarso Sonny,.(2013). Kewirausahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sundjaja, Ridwan dan Inge Barlian. 2011. Manajemen Keuangan Satu Edisi
Keempat. PT Prenhallindo : Jakarta.
Lindsey, et.al, Hak Kekayaan Intelektual Suatu Pengantar, Bandung: Alumni,
2013, hlm. 339.
Pane, D. N. (2018). ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA
TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TEH BOTOL SOSRO (STUDI
KASUS KONSUMEN ALFAMART CABANG
AYAHANDA). JUMANT, 9(1), 13-25.
Wakhyuni, E. (2018). KEMAMPUAN MASYARAKAT DAN BUDAYA ASING
DALAM MEMPERTAHANKAN BUDAYA LOKAL DI KECAMATAN
DATUK BANDAR. Jurnal Abdi Ilmu, 11(1), 25-31.
Yuswanto Slamet,. (2019). Waralaba “ Jalur Bebas Hambatan “. Yogyakarta: Budi
Utama, CV.
Zimmerer, Thomas W. dan Norman Scarborough. 2010. Kewirausahaan dan
Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Salemba Empat.
https://www.finansialku.com/franchise-fee/. Diakses pada bulan Desember 2019
https://id.wikipedia.org/wiki/Waralaba. Diakses pada bulan Desember 2019
Published
2020-06-23