Pengaruh Kepercayaan Dan Komitmen Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada UD. Pelangi Parfum Binjai
Abstract
ABSTRAK UD Pelangi Parfum Binjai beroperasi dibidang penjualan minyak wangi untuk masyarakat konsumen. Masalah yang dihadapi bahwa para konsumen tidak yakin dengan kualitas produknya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui serta menganalisis variabel Kepercayaan (X1) dan Komitmen Pelanggan (X2) dapat berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) (Studi kasus pada UD Pelanggi Parfum Binjai). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan dilaksanakan diwilayah Binjai, populasi yang diperoleh adalah 900 pelanggan Pelanggi Parfum dan sampel diperoleh 90 pelanggan Pelangi Parfum dengan menggunakan rumus slovin dan teknik Purposive Sampling. Untuk mengertahui data-data berdistribusi normal digunakan uji normalitas, multikolinieritas dan heteroskedastisitas. Dan teknik regresi linier berganda adalah teknik analisis yang digunakan dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil olah data dengan menggunakan SPSS 18 yaitu hasil uji t H1 diterima yang menyatakan bahwa secara parsial kepercayaan berpemgaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan H2 diterima yang menyatakan secara parsial komitmen pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan hasil uji F Kepercayaan (X1) dan Komitmen pelanggan (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Lalu nilai hasil uji koefisien determinasi variabel Kepercayaan (X1) dan Komitmen Pelanggan (X2) mampu menjelaskan sebesar 37,2% terkait dengan variabel Keputusan Pembelian (Y) dan sisanya sebesar 63,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Kata kunci : Kepercayaan, Komitmen Pelanggan, Keputusan Pembelian
Downloads
References
Buku :
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta.
Etta Mamang Sangaji, Sopiah (2013), Prilaku Konsumen, Andi : Yogyakarta
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariant Dengan Program SPSS.
Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran & Loyalitas Konsumen. Bandung :
Alfabeta.
Irawan, S.E., M. Si dan M. Dharma Tuah (2017) “Aplikasi Dan Teknik Mengolah
Data”. Medan.
Kim S. K,. Et al. (2012) A simple Method for Estimation of Enzyme-Resistan
Starch Content. Journal ofStrach/starke 55 pp 366-368.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (Cetakan Keempat
Belas). Pearson Education. Inc.
Kotler dan Keller, 2012, Manajemen Pemasaran Perspektif Asia, Buku Dua, Edisi
Pertama, Andy, Yogyakarta.
Kurniawati, Dewi (2014). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap
Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. JAB Jakarta : Media Pustaka.
Manullang, M., & Pakpahan, M. (2013). Manajemen Pemasaran Dalam
Kompetisi Global. Medan : Cipta Rancana Media Pakpahan.
Manullang dan Pakpahan. (2014). Metodologi Penelitian Proses Penelitian
Praktis : Citapustaka Media. Bandung.
Moorman, Desphande dalam Asakdiyah. (2010). Kepuasan Pelanggan.
Semarang: PT. Indeks Abadi.
Mowen dan Minor. (2010). Kepercayaan Konsumen. Surabaya :
Multiguna Pustaka
Pepper dan Rogers dalam Kusmayadi. (2009). Trust For Consumers. Semarang:
Indika Pustaka
Pakpahan, Manuntun. (2016). Manajemen Pemasaran. Cipta Rancana Media
Pakpahan. Medan Sunggal.
Sangadji, & Sopiah. (2013). Prilaku Konsumen. Yogyakarta : Andi.
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah . (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan
Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta : Andi
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sunyoto, D. (2012). Dasar – Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi dan
Kasus). Jakarta : Buku Seru.
Skripsi :
Muharramy, Ade. 2017. “Pengaruh Labelisasi Halal, Kesadaran Halal, Harga
Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan PembelianProduk
Kosmetik Merek Sariayu Martha Tilaar”. Skripsi. Binjai. Fakultas
Ekonomi. Universitas Pembangunan Panca Budi.
Jurnal :
Aspan, H., Milanie, F., & Sari, A. K. The Effect of Public Participation,
Transparency, and Accountability on the Efficiency of the Distribution of the
School Operational Support Funds (BOS) in Tebing Tinggi City (Case Study
of Taman Siswa College).
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to
Prevent the Conflict in the Succession of the Family Business Using the
Strategic Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-
59.
Citra, G., & Pramono, C. Analysis of Factors Affecting Earning Management in
Banking Companies Listed on BEI.
Daulay, M. T., & Sanny, A. Analysis of Structural Equation Modeling Towards
Productivity and Welfare of Farmer's Household in Sub-District Selesai of
Langkat Regency.
Ellena, F., & Rahardjo, D. S. (2011). Analisis Pengaruh Kepercayaan Komitmen
Komunikasi dan Penangan Keluhan Terhadap Loyalitas Nasabah. 1-29.
Hasibuan, H. A., Purba, R. B., & Siahaan, A. P. U. (2016). Productivity assessment
(performance, motivation, and job training) using profile matching. SSRG Int.
J. Econ. andManagement Stud, 3(6).
Indrawan, M. I., Nasution, M. D. T. P., Adil, E., & Rossanty, Y. (2016). A Business
Model Canvas: Traditional Restaurant “Melayu” in North Sumatra,
Indonesia. Bus. Manag. Strateg, 7(2), 102-120.
Lestario, F. (2018). Dampak pertumbuhan bisnis franchise waralaba minimarket
terhadap perkembangan kedai tradisional di kota binjai. JUMANT, 7(1), 29-
36.
Medan, A., & Lubis, H. P. analisis pengaruh tarif dan jenis produk asuransi terhadap
pencapaian target premi di pt asuransi bringin sejahtera.
Pratiwi, Aulia Chitra dan Suharyono. “Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap
Keputusan Pembelian Parfum AXE”. Jurnal Manajemen Pemasaran.
Malang
Pane, D. N. (2018). Analisis pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan
pembelian teh botol sosro (studi kasus konsumen alfamart cabang
ayahanda). JUMANT, 9(1), 13-25.
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in
Determining The Feasibility of Debtors Using Profile
Matching. International Journal of Business and Management
Invention, 6(1), 73079.
Suprapti, Lilik. (2010) Analisis Pengaruh Brand Awereness, Perceived Quality,
Oeganizational Assosiatiation Dan Perceived Quality Terhadap
Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Pemilik Sepeda Motor
Yamaha Mio CW di Harpindo Semarang). Semarang. Universitas
Diponegoro
Surya, E. D., Rusiadi, K. F. F., Hsb, H. A., Indrawan, M. I., & Nst, M. F. The Power
of Brand Awareness, Perceived Value, Perceived Quality and Flagship of
Smartphone Purchasing Trust and Decisions in Medan.
Sari, I. (2018). Motivasi belajar mahasiswa program studi manajemen dalam
penguasaan keterampilan berbicara (speaking) bahasa
Inggris. JUMANT, 9(1), 41-52.
Sanny, A., & Yanti, E. D. Du Pont Analysis Integrative Approach to Ratio Analysis
at PT. Federal International Finance.
Wakhyuni, E. (2018). Kemampuan masyarakat dan budaya asing dalam
mempertahankan budaya lokal di kecamatan datuk bandar. Jurnal Abdi
Ilmu, 11(1), 25-31.
Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational
Commitment, and Organizational Culture to the Performance of Employee
Universitas Pembangunan Panca Budi.