Pengaruh Penjualan dan Beban Promosi Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penjualan Dan Beban Promosi Terhadap Laba Bersih Pada Perusahan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2015-2018”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penjualan dan beban promosi terhadap laba bersih pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dasar pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 10 perusahaan, yang diproses dengan menggunakan IBM SPSS 24.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel penjualan dan beban promosi memiliki kemampua menjelaskan laba bersih pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2018 sebesar 85,6 % dan 14,4 % dijelaskan oleh variabel lain diluar estimasi. Penjualan dan beban promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap laba bersih pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2018. Secara parsial, variabel penjualan berpengaruh signifikan terhadap variabel laba bersih dan variabel beban promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel laba bersih. Kata Kunci : Penjualan, Beban Promosi, Laba Bersih
Downloads
References
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent
the Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic
Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59.
Alma, B. (2009). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV.
Alfabeta.
Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Daulay, M. T. (2019). Effect of Diversification of Business and Economic Value on
Poverty in Batubara Regency. KnE Social Sciences, 388-401.
Ghozali, Imam. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.
Edisi Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 21.
Semarang: Universiatas Diponegoro.
Halim, Abdul dan Bambang Supomo. (2009). Akuntansi Keuangan. Yogyakarta:
BPFE.
Harahap, Sofyan Syafri. (2009). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta:
Raja Grafindo Persada.
Harianto, H., Rahayu, S., & Saragih, M. G. (2019, December). Improved Marketing
Performance and Product Innovation for The Optimization of Competitive
Advantage. In Journal of International Conference Proceedings (Vol. 2, No.
3, pp. 79-84).
Hasibuan, H. A., Purba, R. B., & Siahaan, A. P. U. (2016). Productivity assessment
(performance, motivation, and job training) using profile matching. SSRG
Int. J. Econ. andManagement Stud, 3(6).
Hery. (2016). Analisis Laporan Keuangan: Integrated and Comprehensive
Edition. Jakarta: PT. Grasindo
Indrawan, M. I., Nasution, M. D. T. P., Adil, E., & Rossanty, Y. (2016). A Business
Model Canvas: Traditional Restaurant “Melayu” in North Sumatra,
Indonesia. Bus. Manag. Strateg, 7(2), 102-120.
Kasmir. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Edisi 1, Cetakan Ke-6. Jakarta:
Rajawali Pers.
Kotler, P. (2006). Manajemen Pemasaran (Ed. Ke-11). Jakarta: PT. Indeks
Kelompok Gramedia.
Lestario, F. (2018). DAMPAK PERTUMBUHAN BISNIS FRANCHISE
WARALABA MINIMARKET TERHADAP PERKEMBANGAN KEDAI
TRADISIONAL DI KOTA BINJAI. JUMANT, 7(1), 29-36.
Lestario, F., & Siboro, A. (2019). Enhance model intrinsic motivation and
coopetence for nmeasuring employee’s performance hospitalsmartha friska
multatuli.
Malikhah, I. (2019). PENGARUH MUTU PELAYANAN, PEMAHAMAN
SISTEM OPERASIONAL PROSEDUR DAN SARANA PENDUKUNG
TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS
PEMBANGUNAN PANCA BUDI. JUMANT, 11(1), 67-80.
Moekijat, M. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Mandar
Maju.
Mulyadi. (2012). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: STIM YKPN
Rahardjo, Budi. (2016). Sistem Informasi Penjualan. Bandung: Informatika.
Rahmawati, Aas Astri. (2017). Pengaruh Peningkatan Penjualan Terhadap Laba
Bersih (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar
dan Bahan Kimia yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-
2015). Universitas Widyatama.
Rianto, H. (2019). Produk Asuransi Syariah Prudential (Pru Link Syariah) Dalam
Tinjauan Syariat Islam. AGHNIYA: Jurnal Ekonomi Islam, 1(2).
Rianto, H., Olivia, H., & Siregar, S. (2019). Islamic Family Financial Management.
In Proceeding International Seminar on Islamic Studies (Vol. 1).
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in
Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International
Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.
Ritonga, H. M., Setiawan, N., El Fikri, M., Pramono, C., Ritonga, M., Hakim, T., ...
& Nasution, M. D. T. P. (2018). Rural Tourism Marketing Strategy And Swot
Analysis: A Case Study Of Bandar PasirMandoge Sub-District In North
Sumatera. International Journal of Civil Engineering and Technology, 9(9).
Rusiadi, dkk. (2013). Metode Penelitian Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Pembangunan. Konsep, Kasus, dan Aplikasi SPSS, Eviews, Amos Lisrel.
Medan: USU Press.
Rustami, Putu, I Ketut Kirya, Wayan Cipta. (2014). Pengaruh Biaya Produksi,
Biaya Promosi, dan Volume Penjualan Terhadap Laba Pada Perusahaan
Kopi Bubuk Banyuatis. Universitas Pendidikan Ganesha.
Saka, Ignatius Bimo Nugroho. (2017). Pengaruh Volume Penjualan dan Biaya
Promosi Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Manufaktur Sektor
Industri Dasar dan Bahan Kimia yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia
Periode 2014-2016. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.
Sari, I. (2018). Motivasi belajar mahasiswa program studi manajemen dalam
penguasaan keterampilan berbicara (speaking) bahasa
Inggris. JUMANT, 9(1), 41-52.
Sari, I. (2019). Kesulitan Mahasiswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.
JUMANT, 11(1), 81-98.
Sari, Novita. (2018). Pengaruh Penjualan dan Biaya Operasionel Terhadap Laba
Bersih Pada PT. Polychem Indonesia Tbk. IAIN Padang Sidimpuan.
Setianingrum, Wahyuning Ambar. (2015). Pengaruh Corporate Social
Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai
Variabel Moderasi Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di
Bursa Efek Indonesia. Universitas Negeri Semarang.
Soemarso. (2009). Akuntansi Suatu Pengantar. Buku 1. Edisi 5. Jakarta: Salemba
Empat
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Surya, Raja Adri Satriawan. (2012). Akuntansi Keuangan Versi IFRS.
Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suryana, Arif. (2018). Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Laba Bersih Pada
Bank BRI Syariah Periode 2015-2017. UIN SMH Banten. Swastha,
Basu. (2005). Asas-Asas Marketing. Yogyakarta: Liberty. Swastha, Basu.
(2009). Manajemen Penjualan. Edisi 3. Yogyakarta:BPEE.
Swastha, Basu., dan Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern.
Yogyakarta: Penerbit Liberty.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Ummah, Liza Inayatul. (2019). Pengaruh Beban Bonus Wadiah dan Beban Promosi
Terhadap Laba Opersional Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Periode
2015-2018. UIN SMH Banten.
Wakhyuni, E. (2018). KEMAMPUAN MASYARAKAT DAN BUDAYA ASING
DALAM MEMPERTAHANKAN BUDAYA LOKAL DI KECAMATAN
DATUK BANDAR. Jurnal Abdi Ilmu, 11(1), 25-31.
Wijaya, Indra Budhi. ( 2010). Pengaruh Variasi Produk dan Biaya Promosi
Terhadap Volume Penjualan Sepatu League Pada Showroom Sportindo
Tanjungan Plaza 2 Surabaya. Universitas Pembangunan Nasional Veteran.
Wild, Jhon J., K. R. Sumramanyam. (2010). Analisis Laporan Keuangan. Buku
2. Edisi 8. Jakarta: Salemba Empat