Analisis Pengendalian Internal Atas Penjualan Kredit Pada PT General Medical Supplier

  • Nurhaliza . Universitas Pembangunan Pancabudi

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “ Analisis Sistem Pengendalian Internal Atas Penjualan Kredit pada PT General Medical Supplier”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah ada pengendalian internal atas penjualan kredit yang sudah dilakukan dengan baik dan apakah pengendalian atas penjualan sudah dilakukan dengan efektif di PT General Medical Supplier. Kajian ini ditinjau berdasarkan teori dan tujuan tentang analisis yang dikaitkan dengan pendapat dari Mulyadi, Tunggul dan Baridwan tentang pengendalian internal penjualan kredit. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan yaitu dari bulan oktober 2019 sampai dengan januari 2020. Lokasi penelitian adalah di PT General Medical Supplier Medan. Populasi dan sumber data adalah direktur, staff, dan karyawan. Analisis penelitian data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, study pustaka, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa element pengendalian internal penjualan kredit pada PT General Medical Supplier masi terdapat kelemahan-kelemahan sistem pengendalian internal pada prosedur penjualan kredit yang mengakibatkan tidak adanya pemisahan fungsi pada fungsi penjualan dengan fungsi kredit dan fungsi keuangan dengan fungsi akuntansi. Dimana fungsi penjualan, fungsi kredit, fungsi keuangan dan fungsi akuntansi merangkap menjadi satu bagian. Sehingga menimbulkan kesalahan evaluasi pencatatan penjualan kredit yang merugikan perusahaan. Kata kunci : Analisis Pengendalian Internal, Sistem Penjualan Kredit

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Anyar Mawartika Silvia, 2017. Pengantar Akuntansi. Bandung : Pustaka Baru.
Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan
Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai UNPAB. JEpa, 4(2),
119-132.
Baridwan, 2009. Sistem Akuntansi Penyusunan Prosedur dan Metode.
Yogyakarta : YKPN.
Harahap, R. (2018). Pengaruh Kualitas produk Terhadap Kepuasan Pelanggan di
Restoran Cepat saji Kfc Cabang Asia Mega Mas Medan. JUMANT, 7(1),
77-84.
Hariyono, 2011. Dasar – Dasar Akuntanasi Jilid II, Edisi 7. Yogyakarta : STIE
YKPN.
Irawan, I., & Pramono, C. (2017). Determinan Faktor-Faktor Harga Obligasi
Perusahaan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia.
IRAWAN, S., & SI, M. (2019). ANALISIS MANAJEMEN PERSEDIAAN,
UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP
MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI
BEI. Jurnal Manajemen, 11(1).
Komariah & Satori, 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Krismiaji, 2015. Sistem Informasi Akuntansi, Edisi 4. Yogyakarta : UPP AMP
YKPN.
Mesra, B. (2018). Factors That Influencing Households Income And Its
Contribution On Family Income In Hamparan Perak Sub-District, Deli
Serdang Regency, North. Int. J. Civ. Eng. Technol, 9(10), 461-469.
Mesra, B. (2019). IBU RUMAH TANGGA DAN KONTRIBUSINYA DALAM
MEMBANTU PEREKONOMIAN KELUARGA DI KECAMATAN
HAMPARAN PERAK KABUPATEN DELI SERDANG. JUMANT, 11(1),
139-150.
Mulyadi, 2016. Sistem Akuntansi, Edisi 4. Jakarta : Salemba Empat. Nazir,
Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a
moderator of halal label and purchase behaviour. Journal of Business
and Retail Management Research, 12(2).
Nasution, M. D. T. P., Rossanty, Y., Achmad Daengs, G. S., Sahat, S.,
Rosmawati, R., Kurniasih, N., ... & Rahim, R. (2018). Decision
support rating system with Analytical Hierarchy Process method. Int.
J. Eng. Technol, 7(2.3), 105-108.
2011. Metode Penelitian, Cetakan 6. Bogor : Ghalia Indonesia. Samryn
L.M, 2014. Pengantar internal, Kitab 1. Jakarta : Salemba Empat.
Saragih, M. G. (2019). PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP ELOYALTY MELALUI E-SATISFACTION (STUDI PADA
PELANGGAN TOKO ONLINE SHOPEE DI KOTA MEDAN):
PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP E-LOYALTY
MELALUI E-SATISFACTION (STUDI PADA PELANGGAN TOKO
ONLINE SHOPEE DI KOTA MEDAN). Jurnal Mantik, 3(1), 190-195.
Sari, M. M. (2019). FAKTOR-FAKTOR PROFITABILITAS DI SEKTOR
PERUSAHAAN INDUSTRI MANUFAKTUR INDONESIA (STUDI
KASUS: SUB SEKTOR ROKOK). JUMANT, 11(2), 61-68.
Setiawan, N., Nasution, M. D. T. P., Rossanty, Y., Tambunan, A. R. S., Girsang,
M., Agus, R. T. A., ... & Nisa, K. (2018). Simple additive weighting as
decision support system for determining employees salary. Int. J. Eng.
Technol, 7(2.14), 309-313.
Setiawan, N. (2018). PERANAN PERSAINGAN DALAM MENINGKATKAN
KUALITAS PELAYANAN (Resistensi Terhadap Transformasi
Organisasional). JUMANT, 6(1), 57-63
Siregar, M. Y. (2019). PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN REMUNERASI
TERHADAP PRESTASI KERJA MELALUI ETOS KERJA PEGAWAI
DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS NEGERI. JUMANT, 11(1), 151-
164.
Siregar, N. (2018). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap
Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli
Medan. JUMANT, 8(2), 87-96.
Siregar, N. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli
Konsumen Dalam Menggunakan Indihome Sebagai Penyedia Jasa
Internet Di Kota Medan (Studi Kasus Kantor Plaza Telkomcabang
Iskandar Muda No. 35 Medan Baru). JUMANT, 7(1), 65-76.
Siregar, N. (2018). ANALISIS PRODUK DAN CITRA KOPERASI TERHADAP
WIRAUSAHA KOPERASI DALAM MENINGKATKAN INDUSTRI
RUMAH TANGGA PADA MASYARAKAT DESA LUBUK SABAN
PANTAI CERMIN KABUPATEN DELI SERDANG. JUMANT, 9(1),
79-93.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D). Bandung : CV. Alfabeta.
Susanto, 2013. Sistem Informasi Akuntansi, Struktur, Pengendalian, Resiko,
Pengembangan, Edisi Pertama. Bandung : Lingga Jaya.
Sutarman, 2016. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Tunggal, 2015. Tanya Jawab Seputar Internal Audit. Jakarta : Harvindo.
Published
2020-06-23