Analisis Kualitas Pelayanan, Harga, dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Quality Fried Chicken (QFC) Stabat

  • Muhammad Haris Siregar Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

ABSTRAK


Kualitas pelayanan sangatlah penting bagi perusahaan untuk dapat menerapkannya kedalam proses penjualan serta mampu melayani pelanggan dengan ramah, baik, sopan dan santun terhadap setiap pelanggan yang datang membeli makanan seringkali kualitas pelayanan yang kurang dapat menyebabkan pelanggan tidak betah untuk membeli dan resiko fatalnya adalah pelanggan tersebut tidak akan pernah datang kembali untuk membeli produk yang sama. Hal ini harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh karena pelayanan yang baik akan mempengaruhi kepuasan serta loyalitas tinggi dari pelanggan itu sendiri. Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisi kualitas pelayanan, harga, dan fasilitas secara simultan terhadap loyalitas pelanggan Quality Fried Chicken (QFC) Stabat. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 92 orang responden. Metode penelitian menggunakan Analisis Regresi Berganda. Hasil penelitian diperoleh kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Harga berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen. Kualitas pelayanan, harga dan fasilitas berpengaruh positif dan signifikan secara serempak terhadap loyalitas konsumen


Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Harga, Fasilitas Dan Loyalitas Konsumen

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA



Achim Spiller dan George August. (2016). Customer satisfaction and loyalty as success factorsin organic food retailing. Paper presented at the 16th Annual World Forum and Symposium “Agribusiness, Food, Health, and Nutrition”, IAMA Conference, June 10 – 13, 2006 in Buenos Aires, Argentina.

Ahmad, R. (2019). Pengaruh Karakteristik Pekerjaan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Mitra Niaga Sejati Jaya-Langkat. Jumant, 11(2), 137-146.

Ananda, G. C. (2019). Pengaruh Penilaian Prestasi Kerja Terhadap Promosi Pegawai Pada Perguruan Panca Budi Medan. Jurnal Abdi Ilmu, 12(1), 102-113.

Andika, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Berwirausaha dan Kepribadian Terhadap Pengembangan Karir Individu Pada Member PT. Ifaria Gemilang (IFA) Depot Sumatera Jaya Medan. JUMANT, 8(2), 103-110.

Aspan, H. (2017). “Good Corporate Governance Principles in the Management of Limited Liability Company. International Journal of Law Reconstruction, Volume 1 No. 1, pp. 87-100.

Chung-Sub Shin, Gyu-Sam Hwang, Hye-Won Lee, and Sun-Rae Cho. (2015). The Impact of Korean Franchise Coffee Shop Service Quality and Atmosphere on Customer Satisfaction and Loyalty. Journal of Business Management.Vol. 5. No. 4. 47-57.

Dian Martha Darman, Fajar Restuhadi dan Eliza. (2015). Faktor-Faktor Yang mempengaruhi Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus pada Pasar Buah Sudirman Kota Pekanbaru). Jom Faperta Vol 2 No 1 Februari 2015.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Griffin, Jill. (2005). Costumer Loyalty. Jakarta: Erlangga.
Harahap, R. (2018). Analisa Kepuasan Kerja Karyawan Di Cv. Rezeki Medan. Jumant, 8(2), 97-102.

Hasan, Ali. 2014. Marketing Edisi Baru. Yogyakarta: Med Press


Hasibuan, H. A., Purba, R. B., & Siahaan, A. P. U. (2016). Productivity assessment (performance, motivation, and job training) using profile matching. SSRG Int. J. Econ. andManagement Stud, 3(6).

Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. JEpa, 3(2), 133-149.

Indrawan, M. I., & SE, M. (2015). Pengaruh Promosi Jabatan dan Mutasi terhadap Prestasi Kerja Pegawai PT. Bank Mandiri (Persero) Cabang Ahmad Yani Medan. Jurnal ilmiah INTEGRITAS, 1(3).

Indrawan, M. I. (2019). Pengaruh Etika Kerja, Pengalaman Kerja Dan Budaya Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Kecamatan Binjai Selatan. Jurnal Abdi Ilmu, 10(2), 1851-1857.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2014). Principles of Marketing: 15th edition. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Kotler, Philip dan Keller K Lane. (2012). Marketing Management, 14th edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Kotler. (2012). Manajemen Pemasaran. Alih bahasa Benyamin Molan. Edisi Kedua Belas. Jilid 2. PT. Indeks.
Kuncoro, Mudrajad. (2009). Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi.Erlangga, Jakarta.

Lovelock, Christopher dan Lauren Wright. 2007. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Indeks.

Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.

Pride, William M dan O.C. Ferrel. (2008). Marketing 2012 edition. USA: South- Western College Pub.


Pramono, C. (2018). Analisis Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.


Pratama, S. (2019). Analisa Pengaruh Sumberdaya Manusia, Prasarana Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Studi Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Jumant, 11(1), 235-250.


Pratama, S. (2019). Effect of Organizational Communication and Job Satisfaction on Employee Achievement at Central Bureau of Statistics (BPS) Binjai City. Rizky, M. C., & Ardian, N. (2019). Enhance Employee Performance For Increase Work Motivation On Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Journal Homepage: Http://Ijmr. Net. In, 7(08).

Setiawan, A. & Pratama, S.(2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Komunikasi Efektif Dan Pengambilan Keputusan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Cv. Bintang Anugerah Sejahtera. Jumant, 11(1), 19-34.


Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta : ANDI
Sekaran, U. (2006). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis, Jakarta: SalembaEmpat.
Sekaran, Uma. (2006). Research Method For Business. 4th. Ed. Jakarta: Salemba Empat.

Singarimbun. (2008). Metode Penelitian Survai. Jakarta : LP3ES.
Sinulingga, Sukaria. (2016). Metode Penelitian Bisnis. Medan: USU Press
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sunyoto, Danang, (2012). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Buku Seru.

Sunyoto, Danang, (2013). Metodologi Penelitian Ekonomi : Alat Statistik dan Analisis Output Komputer, CAPS, Yogyakarta.

Swastha, Basu dan Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy.(2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Offset

Umar, Husen. (2008). Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Wakhyuni, E. (2018, October). An Empirical Investigation ofthe Effect of Workload and SOPs on Employees Work Morale. In International Conference of ASEAN Prespective and Policy (ICAP) (Vol. 1, No. 1, pp. 251-257).

Wakhyuni, E. (2019). Analisis Kemampuan, Komunikasi Dan Konflik Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Pt. Mitha Sarana Niaga. Jumant, 11(1), 271278.

Yanti, E. D., & Sanny, A. (2018). The Influence of Motivation, Organizational Commitment, and Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas Pembangunan Panca Budi.
Published
2021-06-23