Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa program studi Akuntansi Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Jenis data didalam proses penelitian ini menggunakan data primer dimana data tersebut diperoleh dari beberapa responden secara langsung dengan menggunakan kuesioner. Populasi yang digunakan didalam penelitian ini berjumlah 373 mahasiswa/i dan menghasilkan sampel sebanyak 60 mahasiswa/i program studi Akuntansi Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Hasil penelitian dari pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap pemahaman akuntansi menunjukkan kecerdasan intelektual (X1) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Pemahaman Akuntansi (Y), variabel kecerdasan emsoional (X2) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap pemahaman akuntansi (Y), variabel fasilitas belajar (X4) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap pemahaman akuntansi (Y), dan variabel sisanya yaitu organisasi kampus (X3), dan kompetensi dosen (X5) berpengaruh tidak signifikan secara parsial terhadap pemahaman akuntansi (Y). Secara simultan seluruh variabel berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa program studi akuntansi. Seluruh variabel baik yang berasal dari faktor internal dan eksternal mampu menjelaskan pemahaman akuntansi mahasiswa prodi akuntansi sebesar 65,6% dan sisanya sebesar 34,4% dijelaskan oleh faktor atau variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kata kunci : Kecerdasan Intelektual, Kecerdasasn Emosional, Organisasi Kampus, Fasilitas Belajar, Kompetensi Dosen dan Pemahaman Akuntansi.
Downloads
References
Chomsah, S. 2009. Hubungan antara Tawakal dengan Kematangan Emosi pada
Remaja di Pesantren Darul Falah Jekulo Kudus. Skripsi. Kudus
Dwijayanti, A. P. 2009. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual,
Kecerdasan Spritual, Dan Kecerdasan Sosial Terhadap Pemahaman
Akuntansi. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Pembangunan
Nasional”Veteran”: Jakarta.
Dwilita, H. (2019). PERBANDINGAN KINERJA PERBANKAN INDONESIA
STUDI PADA BANK UMUM KONVENSIONAL DAN BANK UMUM
SYARIAH YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
PERIODE 2008-2017. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 10(1), 145-
162.
Efendi, B. (2019). Efektivitas Kebijakan Makroprudensial Terhadap Stabilitas
Sistem Keuangan Di Indonesia. JEpa, 4(2), 72-78.
Fadly, Y. (2015). Kondisi dan Kritik Sosial pada Masa Rezim Orde Baru dalam
Puisi-Puisi WS Rendra.
Fadly, Y. (2019). PERFORMA MAHASISWA AKUNTANSI DALAM
IMPLEMENTASI ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSE (ESP) DI
UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI (UNPAB)
MEDAN. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(2), 190-201.
Fatmawati, Nurul. 2019. Pengaruh Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan
Spiritual (SQ), Kecerdasan Emosional (EQ) Terhadap Tingkat
Pemahaman Akuntansi Bagi Mahasiswa. Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu
Ekonomi Perbanas. Surabaya. Artikel Ilmiah.
Gitosudarmo, Indriyo dan Sudita, I Nyoman. 2014. Perilaku Kerorganisasian.
Yogyakarta : BPFE.
Gunarsa, S.D. 2009. Psikologi untuk Keluarga, Jakarta: Gunung Mulia.
Hartoyo, Rudi. 2013. Pentingnya Organisasi di Kampus Bagi Mahasiswa. Diakses
dari website http://www.rudihartoyo.com/pentingkah-organisasi-didikampus-bagi-mahasiswa/.
Huswatun, Hasanah. 2017. Pengaruh Kecerdassan Sosial Terhadap Minat Belajar
Matematika Siswa Kelas VIII Mts AL-Ijtihad Danger tahun pelajaran
2016/2017 Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram. Skripsi.
Ingarianti, T. 2009. “Hubungan antara Adversity Quotient dengan Kematangan
Karier pada Remaja”. Hasil penelitian Lembaga Penelitian UMM.
Ischayati, Isni. 2011. Pengaruh Persepsi Mahasiswa Mengenai Kompetensi Dosen
dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Akuntansi keuangan
Menengah Pada Mahasiswa FKIP-UMS Progdi Pendidikan Akuntansi
Angkatan 2008/2009. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi
Maisyarah, R. (2018). Analysis of the Determinants Competition Oligopoly Market
Telecommunication Industry in Indonesia. KnE Social Sciences, 760-770.
Maisyarah, R., & Sofyardi, M. (2018, January). The Effect of Rice Subsidyon The
Expenditure of Public Family Consumption And Welfare of Poor
Households. In 1st Economics and Business International Conference 2017
(EBIC 2017). Atlantis Press.
Mawardi, M.Cholid. 2011. Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap
Konsep Dasar Akuntansi di Perguruan Tinggi di Kota Malang. Jurnal
Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam (UNISMA). Malang.
Nasution, Arifin Fakur. 2009. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kepercayaan
Diri Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa UMSU.
Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal
Riset Akuntansi dan Bisnis. Vol.9.No.2.
Nasution, D. P., & Lubis, I. (2019). The Development of Demand for Small and
Medium Industries in Indonesia. Development, 4(10).
Nasution, D. P. (2019). Analysis of SME's Industry Influence on Economic Growth
in Indonesia. IC2RSE2019, 45.
Nasution, L. N. (2019, August). Financial Performance and Profitability Of Islamic
Banking On Economic Growth In Indonesia. In INTERNATIONAL
HALAL CONFERENCE & EXHIBITION 2019 (IHCE) (Vol. 1, No. 1,
pp. 28-34).
Ni Wyn Resna Wardani & Ni Made Dwi Ratnadi. 2017. Pengaruh Kecerdasan
Emosional, Kecerdasan Intelektual, dan Perilaku Belajar pada Tingkat
Pemahaman Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.
Vol.20.2. Agustus (2017): 1133-1161. ISSN: 2302-8556.
Novalina, A. (2018). ANALISIS PREDIKSI PELEMAHAN EKONOMI
INDONESIA REZIM DEPRESIASI KURS. JEpa, 1(1), 1-11.
Novalina, A. (2018). Kemampuan BI 7-Day Repo Rate (BI7DRR) Dalam Menjaga
Stabilitas Ekonomi Indonesia (Pendekatan Transmisi Moneter Jangka
Panjang). Jurnal Abdi Ilmu, 10(2), 1874-1885.
Nugraha, Aditya Prima. 2013. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perilaku
Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (studi empiris: pada
Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Jember).
Jember. Skripsi.
Paniangan, Reza. 2012. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual
Terhadap Pemahaman Akuntansi Pada Pendidikan Akuntansi. Artikel
Ilmiah Tidak di Publikasikan: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas.
Parauba, Inriawati. 2009. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan
Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Belajar Terhadap
Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
Universitas Samarinda Ratulangi Manado. Manado. Skripsi.
Prawira, Admaja Purwa. 2014. Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru.
Yogyakarta: AR-RUUZ MEDIA.
Rachmi, Filia. 2010 Pengaruh Kecerdassan Emosional, Kecerdasan Spiritual,
Perilaku Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi.
(Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Univesitas di Ponegoro
Semarang dan Universitas Gadja Mada Yogyakarta). Skripsi. Semarang:
Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.
Regina, Maria Ayu Wulandari. 2016. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku
Belajar, Prokrastinasi Akademik Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa
(Studi kasus pada: Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Bidang
Keahlian Khusus Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Sanata Dharma). Yogyakarta. Skripsi.
Rispantyo, Catur W & Djok K. 2016. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan
Intelektual, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Sosial Terhadap
Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi.
Vol.12, No.1, Maret 2016: 17-26.
Rusiadi, A., & Ade Novalina, S. E. (2017). Keakuratan Metode Capital Asset
Pricing Model (Camp) Dan Arbitrage Pricing Theory (Apt) Dalam
Memprediksi Return Saham Pada Bank Persero (Bumn) Di Indonesia.
Jurnal, 10.
Rusiadi, Nur Subiantoro. 2013. Metode Penelitian. Edisi-1 Medan: USU Press.
Rusiadi, R. (2018). PEDOMAN SENTRA JURNAL ONLINE. JEpa, 3(1), 1-10.
SAINS, F. S. (2019). Laporan Akhir Penelitian Mandiri.
Sari, A. K., Saputra, H., & Siahaan, A. P. U. (2017). Effect of Fiscal Independence
and Local Revenue Against Human Development Index. Int. J. Bus.
Manag. Invent, 6(7), 62-65.
Sari, Yora Komala. 2013. Pengaruh Pengendalian Diri dan Perilaku Belajar
Terhadap Tingkat Pemahaman Pengantar Akuntansi di Universitas Negeri
Padang. Jurnal Fakultas Ekonomi.UNP: Padang.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV
Alfabeta.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. 2010.
Buku Pedoman Sertifikasi Pendidik Untuk Dosen.
Masaong, Abd. Kadim dan Tilome, Arfan A. 2011. Kepemimpinan Berbasis
Multiple Intelligence (Sinergi Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan
Emosional, dan Spiritual untuk Meraih Kesuksesan yang Gemilang).
Bandung: CV Alfabeta.
Goleman, Daniel. 2015. Emotional Intelligence : Kecerdasan emosional mengapa
El lebih penting dari pada IQ. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Aunurahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta.