Pengaruh Pelayanan Mahasiswa Dan Penatausahaan Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Pembangunan Panca Budi (Studi Kasus Mahasiswa Angkatan 2016)
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan dan penatausahaan administrasi akademik terhadap kepuasan mahasiswa. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa jurusan akuntansi angkatan tahun 2016. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan rumus slovin. Ukuran sampel sebanyak 100 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan studi dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dengan alat statistik regresi linier berganda. Hasil Penelitian ini menunjukkan: 1) Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan mahasiswa jurusan akuntansi (angkatan 2016), 2) Penatausahaan administrasi akademik berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan mahasiswa jurusan akuntansi (angkatan 2016), 3) Pelayanan dan Penatausahaan administrasi akademik berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kepuasan mahasiswa jurusan akuntansi (angkatan 2016) yaitu sebesar 58,6%. Kata kunci : Pelayanan, Penatausahaan Administrasi Akademik, Kepuasan
Downloads
References
Buku / Jurnal
Alfiani, Arifah. (2016). Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Administrasi Akademik di
Subbag Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal
Skripsi.
Amirudin, (2017). Kinerja Pegawai Tata Usaha Dengan Mutu Layanan Administrasi Di
Madrasah. Vol VII No I.
Aryani, Dwi. (2010). Pengaruh Kualitas layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam
Membentuk Loyalitas Pelanggan. Vol.17 No.2 2010
Asih, S. (2018). Pengaruh kontribusi pajak daerah, pendapatan asli daerah, retribusi daerah
dan bagi hasil pajak terhadap belanja daerah dengan pertumbuhan ekonomi sebagai
variabel moderating pemerintah kabupaten dan kota. Jurnal Akuntansi Bisnis dan
Publik, 9(1), 177-191.
Andika, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Berwirausaha dan Kepribadian Terhadap
Pengembangan Karir Individu Pada Member PT. Ifaria Gemilang (IFA) Depot
Sumatera Jaya Medan. Jumant, 8(2), 103-110.
Batubara, Putri Ayu Wulandari. (2018). Analisis Kompensasi dan Disiplin Kerja terhadap
Loyalitas Kerja di Grapari Mitra Telkomsel Kampung Lalang dengan Partisipasi
sebagai Variabel Intervening, Jurnal Skripsi.
Gie, The Liang. (2009). Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta : Liberty
Harahap, R. (2018). Pengaruh Kualitas produk Terhadap Kepuasan Pelanggan di Restoran
Cepat saji Kfc Cabang Asia Mega Mas Medan. Jumant, 7(1), 77-84.
Kotler, et al. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jilid 2. Alih bahasa, Bob Sabran,
Jakarta : Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jilid 2, Alih
bahasa, Bob Sabran, Jakarta : Penerbit Erlangga.
Laksana. (2008). Manajemen Pemasaran,Yogyakarta: Graha Ilmu.
Mesra, B. (2018). Factors That Influencing Households Income And Its Contribution On
Family Income In Hamparan Perak Sub-District, Deli Serdang Regency, North. Int. J.
Civ. Eng. Technol, 9(10), 461-469.
Nismawati, SE. (2016). Pengaruh Pelayanan Administrasi Akademik terhadap Kepuasan
Mahasiswa pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uin Alauddin Makasar (Angkatan
2012) Jurnal Skripsi.
Noermijati, (2010). Kajian Tentang Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kebijakan Dosen Di
Fakultas Ekonomi Unibraw. Journal Of Manajemen Business review, Volume 7 No.1.
Nurjanah, Siti. (2013). Pengaruh Layanan Biro Administrasi Akademik Terhadap Loyalitas
Mahasiswa Dengan Moderating Variabel Kepuasan Di Industri Pendidikan (Studi
Kasus Institut Teknologi Dan Bisnis Kalbe), Peran Perbankan Syariah Dalam
Penguatan Kapasitas Umkm Menuju Kemandirian Ekonomi Nasional, sbn: 978-979-
636-147-2.
Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of halal label
and purchase behaviour. Journal of Business and Retail Management Research, 12(2).
Popi Sopiatin. (2010). Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia
Indonesia
Pratiwi, Alecia Indah. (2017). Hubungan Kinerja Pegawai Tata Usaha dengan Mutu
Layanan Administrasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bandar Lampung. Jurnal
Skipsi
Priansa, Donni Juni. (2013). Manajemen Perkantoran: efektif, efesien dan professional.
Bandung. Alfabeta.
Restama, Monica, (2014). Efektifitas Portal Akademik Sebagai Sarana Penyampaian
Informasi Akademik Bagi Mahasiswa Universitas Riau, Jom FISIP Volume 1 No. 2.
Rusiadi, et al, (2013). Metode Penelitian Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi Pembangunan,
Konsep, Kasus dan Aplikasi SPSS, Eviews, Amos dan Lisrel. Cetakan Pertama. Medan
: USU Press.
Ritonga, H. M., Setiawan, N., El Fikri, M., Pramono, C., Ritonga, M., Hakim, T., ... &
Nasution, M. D. T. P. (2018). Rural Tourism Marketing Strategy And Swot Analysis:
A Case Study Of Bandar PasirMandoge Sub-District In North Sumatera. International
Journal of Civil Engineering and Technology, 9(9).
Rahayu, S. (2018). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Prestasi Kerja Karyawan di PT.
Langkat Nusantara Kepong Kabupaten Langkat. JUMANT, 9(1), 115-132.
Sanusi, Anwar. (2011). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Siagian, P. Sondang. (2008). Administrasi Pembangunan, Konsep, Dimensi dan Strateginya,
Bumi Aksara, :Jakarta.
Sugiyono.(2009). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung:
Alfa Beta.
Sari, I. (2018). Motivasi belajar mahasiswa program studi manajemen dalam penguasaan
keterampilan berbicara (speaking) bahasa Inggris. Jumant, 9(1), 41-52.
Siregar, N. (2018). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas
Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. Jumant, 8(2), 87-96.
------------ (2012). Metode Penlitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
------------ (2012) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Penerbit
Alfabeta.
Susanto, Hery. (2013). Pengaruh Layanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa
Program Pascasarjana Universitas Terbuka Pada Unit Program Belajar Jarak Jauh
(Upbjj) Mataram, Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Volume 5 (2):88-98.
Setiawan, N., Nasution, M. D. T. P., Rossanty, Y., Tambunan, A. R. S., Girsang, M., Agus,
R. T. A., ... & Nisa, K. (2018). Simple additive weighting as decision support system
for determining employees salary. Int. J. Eng. Technol, 7(2.14), 309-313.
Suwito, (2018) Kaya Gagasan Miskin Kesulitan, Pamulang: YPM.
Tjiptono, et al. (2008). Pemasaran Strategik , Yogyakarta: ANDI.
Tjiptono, Fandy. (2010). Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi
Tjiptono, F. Chandra, G. (2013). Pemasaran Strategik. Edisi 2. Yogyakarta: Penerbit Andi
Yuliawan, Rahmat. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pegawai Administrasi Akademik
Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Skripsi.
Undang-undang :
Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Perguruan Tinggi.
Website :
www.kbbi.web.id
www.pancabudi.ac.id
www.statistikian.com