Pengaruh Inovasi produk, Label halal dan Trust Terhadap Minat beli Oleh-Oleh Khas UMKM Bengkel Di Kabupaten Serdang Bedagai
Abstract
ABSTRAK
Konsumen memiliki sejumlah harapan atas manfaat yang ingin dirasakan dari suatu produk yang dikonsumsi. Dengan begitu Usaha Kecil, Mikro dan Menengah atau yang disingkat dengan UMKM dituntut untuk mengetahui apa yang diharapkan konsumen dari produk yang mereka tawarkan dengan meningkatkan dan mempertahankan produk mereka dan UMKM harus dapat terus berinovasi agar terhindar dari kejenuhan pasar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Inovasi produk, Label halal dan Trust terhadap Minat beli Oleh-Oleh Khas UMKM Bengkel di Kabupaten Serdang Bedagai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Metode analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan Inovasi produk, Label halal dan Trust secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli Oleh-Oleh Khas UMKM Bengkel di Kabupaten Serdang Bedagai. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial Inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli Oleh-Oleh Khas UMKM Bengkel di Kabupaten Serdang Bedagai. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial Label halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli Oleh-Oleh Khas UMKM Bengkel di Kabupaten Serdang Bedagai. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli Oleh-Oleh Khas UMKM Bengkel di Kabupaten Serdang Bedagai. Koefisien determinasi (R2) dari variabel Inovasi produk, Label halal dan Trust mampu menjelaskan Minat beli Oleh-Oleh Khas UMKM Bengkel di Kabupaten Serdang Bedagai sebesar 77,5% sedangkan sisanya sebesar 22,5% dijelaskan oleh variabel-variabel independen yang tidak diteliti.
Kata kunci : Inovasi produk, Label halal dan Trust dan Minat beli
Downloads
References
Alifuddin, Moh dan Mashur Razak. 2015. Dasar-dasar Kewirausahaan. Bandung. Penerbit Erlangga
Ahmad, R. (2019). Pengaruh Karakteristik Pekerjaan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Mitra Niaga Sejati Jaya-Langkat. Jumant, 11(2), 137-146.
Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. JUMANT, 11(1), 189-206.
Ananda, G. C. (2019). Pengaruh Penilaian Prestasi Kerja Terhadap Promosi Pegawai Pada Perguruan Panca Budi Medan. Jurnal Abdi Ilmu, 12(1), 102-113.
Andika, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Berwirausaha dan Kepribadian Terhadap Pengembangan Karir Individu Pada Member PT. Ifaria Gemilang (IFA) Depot Sumatera Jaya Medan. JUMANT, 8(2), 103-110.
Aditya Dwika Maulana. 2015 Pengaruh Celebrity Endorser Jkt48 Terhadap Minat Beli Motor Honda Beat Di Surakarta. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Aspan, H. (2017). “Good Corporate Governance Principles in the Management of Limited Liability Company. International Journal of Law Reconstruction, Volume 1 No. 1, pp. 87-100.
Assael, Henry. 2014 Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Edisi Keenam. Jakarta: Penerbit Salemba Empat
Baskoro Ndaru Murti, 2014. “Analisis pengaruh iklan dan Celebrity Endorser terhadap citra merek dalam meningkatkan minat beli pada produk sepatu olahraga ADIDAS” Skripsi Universitas Diponegoro. Jurnal Manejemen Pemasaran, Vol.2, No.2, 2014, Hal.21-30.
Belch, George E, Belch, Michael A, 2009. Advertising and Promotion : An Integrated Marketing Communication Perpectivse. Edisi kedelapan, McGraw-Hill, New York.
Berman, Barry., Joel R. Evans, 2017. Retailing Management, 11 th edition,. Boston: Pearson
Dewi. Yuniar Magetana. 2015. Pengaruh Harga Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Baju Muslimah Di Online Shop Pada Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Naskah Publikasi Program Studi Pendidikan Akuntansi
Dyson and Turco, Miciak, A. R., Shanklin, W. L. 2003. Choosing Celebrity Endorsers Marketing Management.
Daulay, M. T., & Sanny, A. (2019). Analysis of Structural Equation Modeling Towards Productivity and Welfare of Farmer's Household in Sub-District Selesai of Langkat Regency. International Journal of Research and Review, 117-123.
Daulay, M.T., Setiawan, A., Rini, E. S., & Sadalia, I (2019). Analysis of Murabahah Financing Marketing Strategy at PT BPRS Amanah Insan Cita, Medan, North Sumatra, Indonesia. International Journal of Science and Business, 64-73.
Daulay, M.T., Vanesa, Y. Y., Matondang, R., Sadalia, I. (2019). The Influence Of Organizational Culture, Work Environment And Work Motivation On Employee Discipline In PT Jasa Marga (Persero) TBK, Medan Branch, North Sumatra, Indonesia. American International Journal of Business Management (AIJBM), 37-45.
Daulay, M.T.,Kesuma, M. A., Lubis, S., & Iskandarini (2019). The Influence Of Organizational Restructuring On Employee Performance In The Housing And Residential Areas, North Sumatra Province, Indonesia. American International Journal of Business Management (AIJBM), 32-36.
Daulay, M. T., Elfindri, Sjafrizal, & Sofyardi. (2018). An Empirical Investigation of Business Diversification and Economic Value on Poverty in Batubara Regency, North Sumatera, Indonesia. International Journal of Civil Engineering and Technology (IJCIET), 841-859.
Daulay, M. T., Sanny, A., Rini, E. S., & Sadalia, I. (2018). FACTORS THAT INFLUENCING THE SATISFACTION AND LOYALTY OF SILKAIR INTERNATIONAL FLIGHT SERVICE PASSENGERS AT KUALANAMU AIRPORT, DELI SERDANG, INDONESIA. International Journal of Civil Engineering and Technology (IJCIET) , 1-10.
Daulay, M. T. (2017). MODEL PENGENDALIAN KEMISKINAN DENGAN PENDEKATAN DIVERSIFIKASI USAHA, SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALDS (SDGS) DAN ECONOMIC VALUE (STUDI PADA DAERAH PEMEKARAN DI SUMATERA UTARA). QE Journal, 203-221.
Elizabteh Stephanie, 2013. “Analisis pengaruh Rio Dewanto dan Donita sebagai celebrity endorser terhadap minat beli produk AXE ANARCHY dengan daya tarik iklan dan efek iklan sebagai variabel intervening” Universitas Kristen Petra, Jurnal Manejemen Pemasaran, Vol.1, No.2, 2013, Hal.1-9.
Ghozali, Imam. 2008. Aplikai Analisis Multivarite dengan SPSS, Cetakan. Keempat, Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Harahap, R. (2018). Analisa Kepuasan Kerja Karyawan Di Cv. Rezeki Medan. Jumant, 8(2), 97-102.
Hasibuan, H. A., Purba, R. B., & Siahaan, A. P. U. (2016). Productivity assessment (performance, motivation, and job training) using profile matching. SSRG Int. J. Econ. andManagement Stud, 3(6).
Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. JEpa, 3(2), 133-149.
Hidayat, R. Rusiadi, dan M. Isa Indrawan. 2014.Teknik Proyeksi Bisnis.USU.Press
Hidayat, R., & Subiantoro, N. Rusiadi.2013. Metode Penelitian.USU Press.
Indrawan, M. I., & SE, M. (2015). Pengaruh Promosi Jabatan dan Mutasi terhadap Prestasi Kerja Pegawai PT. Bank Mandiri (Persero) Cabang Ahmad Yani Medan. Jurnal ilmiah INTEGRITAS, 1(3).
Indrawan, M. I. (2019). Pengaruh Etika Kerja, Pengalaman Kerja Dan Budaya Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Kecamatan Binjai Selatan. Jurnal Abdi Ilmu, 10(2), 1851-1857
Intan Belly Widyawati, 2010.” Pengaruh CELEBRITY ENDORSER Anggun C Sasmi Terhadap Minat Beli Konsumen Shampoo Pantene” Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal Manejemen Pemasaran, Vol.4, No.9, 2010, Hal.21-30.
Kuncoro Mudrajad. 2003. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi: Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis?, Penerbit: Erlangga, Jakarta.
Lupiyoandi, Rambat. dan A.Hamdani. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.
Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.
Marsya Desyen Nababan, 2011. “Pengaruh selebriti pendukung (celebrity endorser) Gita Gutawa terhadap minat beli indomie”. Jurnal Manejemen Pemasaran, Vol.2, No.3, 2011, Hal.11-17.
Mowen J C dan Minor, 2012, Perilaku Konsumen, Erlangga, Jakarta.
Ohanian, R. 1991. “The Impact of Celebrity Spokesperson’s Perceived Image On Consumer.” Journal Advertising Research | Vol. 31 No.1.
Pramono, C. (2018). Analisis Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.
Pratama, S. (2019). Analisa Pengaruh Sumberdaya Manusia, Prasarana Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Studi Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Jumant, 11(1), 235-250.
Pratama, S. (2019). Effect of Organizational Communication and Job Satisfaction on Employee Achievement at Central Bureau of Statistics (BPS) Binjai City.
Rizky, M. C., & Ardian, N. (2019). Enhance Employee Performance For Increase Work Motivation On Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Journal Homepage: Http://Ijmr. Net. In, 7(08).
Rosian Anwar dan Wijaya Adidarma, 2016. Pengaruh Kepercayaan Dan Risiko Pada Minat Beli Belanja Online. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol. 14 No.2 Juni 2016.
Royan, Frans M. 2007. Marketing Selebrities. PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
Setiawan, A. & Pratama, S.(2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Komunikasi Efektif Dan Pengambilan Keputusan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Cv. Bintang Anugerah Sejahtera. Jumant, 11(1), 19-34.
Shimp, A. Terence, 2008. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Erlangga, Jakarta.
Schlecht, Christina. 2007. Celebrities’ Impact on Branding . Januari. www.globalbrands.org. ” Journal Research | Vol. 11 No.3.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Keenam. Bandung: Alfabeta.
Sulastiyono, Agus. 2008. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: Alfabeta.
Stanton.2002. Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Thorik, Hardiono. 2006. Marketing. Takbir Publishing House, Bandung.
Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2008. Edisi Ke-lima. Total Quality Management (TQM). Yogyakarta : ANDI.
Wakhyuni, E. (2018, October). An Empirical Investigation ofthe Effect of Workload and SOPs on Employees Work Morale. In International Conference of ASEAN Prespective and Policy (ICAP) (Vol. 1, No. 1, pp. 251-257).
Wakhyuni, E. (2019). Analisis Kemampuan, Komunikasi Dan Konflik Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Pt. Mitha Sarana Niaga. Jumant, 11(1), 271278.
4 Widyawati, Intan Belly, Pengaruh Celebrity Endorser Anggun C Sasmi Terhadap Minat Beli Konsumen Shampo Pantene (Studi Pada Masyarakat Di Semarang Barat). Jurnal, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro
Yanuar, Widi Probowo, 2014. “Pengaruh Celebrity Endorser terhadap minat beli dalam 9 Survey pada pengunjung 3Second Store di Malang” Universitas Brawijaya Malang, Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.14, No.2, 2014. Yanti, E. D., & Sanny, A. (2018). The Influence of Motivation, Organizational Commitment, and Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas Pembangunan Panca Budi.