Analisis Word of Mouth, Produk Wisata, dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Objek Wisata Bukit Gundaling Berastagi

  • Aal Wasilatul Khoerunisa Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Word of Mouth, Produk Wisata, dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Objek Wisata Bukit Gundaling Berastagi. Objek penelitian pada penelitian ini adalah pengunjung objek wisata Bukit Gundaling. Penelitian dilakukan dari bulan Januari - April 2019. Populasi penelitian ini berjumlah 141078 pengunjung. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh jumlah sampel yang diambil sebesar 100 buah sampel. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS Versi 24. Pengujian data yang dilakukan menggunakan uji asumsi klasik dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Word of Mouth, Produk Wisata, dan Citra Destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Objek Wisata Bukit Gundaling Berastagi baik secara parsial maupun simultan. Produk wisata memiliki pengaruh yang paling dominan dalam mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan dibandingkan Word of Mouth, dan Citra Destinasi. Word of Mouth, Produk Wisata, dan Citra Destinasi juga memiliki hubungan yang sangat erat Keputusan Berkunjung Wisatawan dengan nilai R sebesar 0,917. Selain itu, 83,5% Keputusan Berkunjung Wisatawan ke Objek Wisata Bukit Gundaling Berastagi dapat dijelaskan dengan Word of Mouth, Produk Wisata, dan Citra Destinasi, sedangkan sisanya dapat dijelaskan dengan faktor lain.

Kata Kunci : Word of Mouth, Produk Wisata, Citra Destinasi, Keputusan Berkunjung

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA



Utama, I Gusti Bagus Rai. 2017. Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: CV. Andi

Suwantoro, Gamal. 2009, Dasar-Dasar Pariwisata.. Yogyakarta: CV. Andi Pitana, I Gde dan Diarta, Ketut surya. 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: CV. Andi

Schiffman, Leon dan Leslie L. Kanuk. 2007, Perilaku konsumen. Edisi Ke Tujuh. Jakarta: PT. Indeks

Ferdinand, Agusty. 2002. Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Kotler, Philip dan Kevin Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ke Tiga Belas. Dialihbahasakan oleh BOB Sabran. Jakarta: Erlangga

Rusiadi et. al. (2013). Metode Penelitian Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Pembangunan. Medan : USU Press

Hasan, Ali. 2010. Marketing dari Mulut ke Mulut (Word Of Mouth Marketing). Yogyakarta : Medpress


JURNAL :

Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent the Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59

Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. JUMANT, 11(1), 189206.

Aprilia, Fitri, Srikandi, Kumadji, Andriani Kusumawati. 2015. Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Berkunjung serta dampaknya pada keputuan berkunjjung: survey pada pengunjung tempat wisata “Jawa Timur Park 2” Kota Batu. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 24, No. 2, 1-6

Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai UNPAB. JEpa, 4(2), 119132.

Aspan, H., Fadlan, dan E.A. Chikita. (2019). “Perjanjian Pengangkutan Barang Loose Cargo Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat”. Jurnal Soumatera Law Review, Volume 2 No. 2, pp. 322-334.

Chang, Lung-Yu, Yu-Je Lee, Ching-Lin Huang. 2010. The influence of Electronic Word Of Mouth on the Consumers’s Purchase Decisison: a Casse of Body Care Products. The Journal of Global Business Management.Vol.6 Num. 2

Daulay, M. T. (2019). Effect of Diversification of Business and Economic Value on Poverty in Batubara Regency. KnE Social Sciences, 388-401.

Echtner, dan Ritchie. 1991. The meaning and Measurement of destination image. Journal of Tourism studies vol.2, No.2. Desember 1991.

Febrina, A. (2019). Motif Orang Tua Mengunggah Foto Anak Di Instagram (Studi Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek). Jurnal Abdi Ilmu, 12(1), 55-65.

Hennig-Thurau, Thorsten. Kevin Gwimmer. Gianfranco Walsh. Dwayne Gremler. 2004. Electronic Word Of Mouth via Consumer-Opinion Platform: What Motivates consumers to Articulate Themselves on The Internet?. Journal of the Interactive Marketing. Vol 18. Num 1, 38:52

Jalilvand, et.al. 2012. The Examining the structural relationships of electronic word of mouth, destination image, tourist attitude towars destination and travel intention: an integrated approach” Journal of destination marketing and management. Di akses pada

Lopes, Sergio Dominique Ferreira. 2011. Destination image: Origins, Developments and Implications. Journal Of Pasos Revista de Turismo y Patrimonio Cultural. Vol 9. No. 2. Pags. 305-315

Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. JEpa, 3(2), 133-149.

Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., ... & Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and Performance Model based on Indonesia Science and Technology Index. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP Publishing.

Maghpiroh, Aulia. 2017. Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Citra Destinasi terhadap minat berkunjung serta dampaknya terhadap keputusan berkunjung ke taman nasional gunung gede pangrongo. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.

Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of halal label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail Management Research, 12(2).



Pramono, C. (2018). Analisis Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.

Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.

Sari, M. M. (2019). Faktor-Faktor Profitabilitas Di Sektor Perusahaan Industri Manufaktur Indonesia (Studi Kasus: Sub Sektor Rokok). Jumant, 11(2), 61-68.

Siregar, N. (2018). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. JUMANT, 8(2), 87-96.

Suwarduki, Puspa Ratna Ningrum, Edy Yulianto, M. Kholid Mawardi. 2016. Pengaruh Electronic Word Of Mouth terhadap Citra Destinasi serta dampaknya pada minat dan keputusan berkunjung. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol 37, No.2 Agustus 2016.

Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational Commitment, and Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas Pembangunan Panca Budi.
Published
2021-06-23