Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Dalam Mencapai Nilai Laba Maksimal pada PT Tiga Serangkai

  • SARIFAH ZAIRANI Universitas Pembangunan Pancabudi

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Dalam Mencapai Nilai Laba Maksimal pada PT Tiga Serangkai. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Pengambilan data berupa Laporan Keuangan PT. Tiga Serangkai selama tiga tahun yaitu periode 2016-2018.Teknik pengumpulan data terdiri dari dua yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Metode pengumpulan datasumber data yaitu data primer dan data skunder. Analisis data dilakukan analisis deskriptif .Hasil penelitian menunjukkan Harga pokok produksi mengalami fluktuasi setiap tahunnya. Untuk tahun 2016 terjadi sebesar Rp. 1.502.631.237. untuk tahun 2017 harga pokok produksi sebesar Rp. 1.455.098.156, sedangkan pada tahun 2018 harga pokok produksi meningkat secara signifikan sebesar Rp. 1.594.112.756. Tahun 2016 perusahaan mengalami kerugian sebesar Rp.213.180.124, besarnya penjualan diikuti juga dengan besarnya harga pokok produksi sehingga perusahaan tidak mampu menutupi bebanbeban operasional perusahaan. Kata Kunci : Harga pokok produksi, Laba

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Andigandawistu .2014. Analisa Peerhitungan Harga Pokok Produksi Dalam
Menentukan Harga Jual Produk Konveksi Pada CV.Champion Dengan
Metode Full Costing. Jurnal Akuntansi. Program Studi Akuntansi-S1,
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro
Semarang.
Agus, Endang dan Ulfa, Maria. 2014. Analisis Harga Pokok Produksi Dalama
Perolehan Laba Pada CV Atika Sukses Sungai Raya Dalam. Jurnal
Akuntansi. Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UNTAN.
Pontianak.
Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan
Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai
UNPAB. JEpa, 4(2), 119-132.
Boone, Louis E. dan Davi, Kurtz. 2012. Pengantar Bisnis. Jilid kedua. Erlangga.
Jakarta.
Gitosudarmo, Indriyo. 2012. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : BPFEYogyakarta.
Harahap, Sofyan Syafri. 2009. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Rajawali
Persada. Jakarta.
Harnanto, 2012. Akuntansi Biaya untuk Perhitungan Harga Pokok Produk
(Sistem Biaya Historis), Edisi Pertama. BPFE, Yogyakarta
Ikatan Akuntansi Indonesia 2012.
Irawan, I., & Pramono, C. (2017). Determinan Faktor-Faktor Harga Obligasi
Perusahaan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia.
Kotler, Philip, dan Kevin, Keller. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi 12.
Erlangga. Jakarta.
Litdia (2016) Analisis Penetapan Harga Pokok Produksi Sebagai Dasar Penentuan
Harga Jual Pada PT Veneer Products Indonesia. Journal of Applied
Business And Economics Vol. 3 No. 2 (Des 2016) 61-68. Fakultas
Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Malikhah, I. (2019). PENGARUH MUTU PELAYANAN, PEMAHAMAN
SISTEM OPERASIONAL PROSEDUR DAN SARANA
PENDUKUNG TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA
UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI. JUMANT, 11(1),
67-80.
Mesra, B. (2018). Factors That Influencing Households Income And Its Contribution
On Family Income In Hamparan Perak Sub-District, Deli Serdang
Regency, North. Int. J. Civ. Eng. Technol, 9(10), 461-469.
Mulyadi. 2010. Akuntansi Biaya. Edisi kelima. Yogyakarta: Unit Penerbit dan
Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.
Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of
halal label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail
Management Research, 12(2).
Nasution, M. D. T. P., Rossanty, Y., Achmad Daengs, G. S., Sahat, S., Rosmawati,
R., Kurniasih, N., ... & Rahim, R. (2018). Decision support rating
system with Analytical Hierarchy Process method. Int. J. Eng. Technol,
7(2.3), 105-108.
Ritonga, H. M., Setiawan, N., El Fikri, M., Pramono, C., Ritonga, M., Hakim, T., ...
& Nasution, M. D. T. P. (2018). Rural Tourism Marketing Strategy And
Swot Analysis: A Case Study Of Bandar PasirMandoge Sub-District In
North Sumatera. International Journal of Civil Engineering and
Technology, 9(9).
Saragih, M. G. (2019). PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP ELOYALTY MELALUI E-SATISFACTION (STUDI PADA
PELANGGAN TOKO ONLINE SHOPEE DI KOTA MEDAN):
PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP E-LOYALTY
MELALUI E-SATISFACTION (STUDI PADA PELANGGAN TOKO
ONLINE SHOPEE DI KOTA MEDAN). Jurnal Mantik, 3(1), 190-195.
Sari, I. (2018). Motivasi belajar mahasiswa program studi manajemen dalam
penguasaan keterampilan berbicara (speaking) bahasa
Inggris. JUMANT, 9(1), 41-52.
Sari, I. (2019). Kesulitan Mahasiswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. JUMANT,
11(1), 81-98.
Sari, M. M. (2019). FAKTOR-FAKTOR PROFITABILITAS DI SEKTOR
PERUSAHAAN INDUSTRI MANUFAKTUR INDONESIA (STUDI
KASUS: SUB SEKTOR ROKOK). JUMANT, 11(2), 61-68.
Setiawan, N., Nasution, M. D. T. P., Rossanty, Y., Tambunan, A. R. S., Girsang, M.,
Agus, R. T. A., ... & Nisa, K. (2018). Simple additive weighting as
decision support system for determining employees salary. Int. J. Eng.
Technol, 7(2.14), 309-313.
Setiawan, N. (2018). PERANAN PERSAINGAN DALAM MENINGKATKAN
KUALITAS PELAYANAN (Resistensi Terhadap Transformasi
Organisasional). JUMANT, 6(1), 57-63.
Siregar, M. Y. (2019). PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN REMUNERASI
TERHADAP PRESTASI KERJA MELALUI ETOS KERJA
PEGAWAI DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS
NEGERI. JUMANT, 11(1), 151-164.
Sugiyono. 2012.Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta. Bandung.
Stice, James dan Brigham. 2009. Akuntansi Keuangan.Salemba Empat. Jakarta.
Sudarman. 2016. Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi dengan Metode Full
Costing Sebagai Dasar Penetapan Harga Jual Pada CV Salwa
Meubel. Jurnal Akuntansi, Vol 5 Edisis 9 2016 Universitas
Muhammadiyah Sukabumi.
Suwardjono. 2009. Teori Akuntansi: Perekayasa Pelaporan Keuangan. BPFE.
Yogyakarta.
Published
2020-06-28