Pengaruh Labelisasi Halal, Kesadaran Halal, Harga Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Merek Purbasari (Stadi kasus konsumen wilayah binjai)
Abstract
ABSTRAK Purbasari merupakan rangkaian produk perawatan kecantikan holistik (lengkap dan menyeluruh) dari luar dan dalam. Beberapa permasalahan yang akan di bahas dalam penelitian ini yaitu, limitasi pengetahuan konsumen muslim mengenai keputusan pembelian dengan konsep halal, masyarakat masih kurang menyadari pentingnya produk kosmetik yang berlebel halal. Apakah citra merek (brand image) berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik purbasari. Apakah harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik purbasari metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Accidental Sampling, dengan jumlah sampel 100, teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis regressi linier berganda, adapun hasil penelitian ini adalah, labelisasi halal memiliki pengaruh terhadap keputusan membeli kosmetik Purbasari di wilayah binjai hal ini dilihat dari t hitung > t tabel (3.813 > 1,984) dalam dan nilai signifikannya yang dibawah 0,05 yaitu 0,000 (0,000 < 0,05), Kesadaran halal memiliki pengaruh terhadap keputusan membeli kosmetik Purbasari di wilayah binjai, dilihat dari nilait hitung > t tabel (2.675 > 1,984) dan nilai signifikannya (0,001 < 0,05). Harga produk berpengaruh terhadap keputusan membeli kosmetik Purbasari di wilayah binjai dilihat dari t hitung> t tabel (3.038>1,984) dan nilai signifikan (0,000 < 0,05). Citra merek memiliki pengaruh terhadap keputusan membeli kosmetik Purbasari di wilayah binjai dilihat ini t hitung > t tabel (3.779 > 1,984) dalam hal ini ho ditolak artinya, lalu nilai signifikannya yang dibawah 0,05 yaitu 0,000 (0,000 < 0,05). Terdapat pengaruh antara labelisasi halal, kesadaran halal, harga produk dan citra merek dengan keputusan pembelian kosmetik Purbasari di wilayah binjai f-hitung = 12,934 > f-tabel = 3,09. dan nilai sig 0,000 < a 0,05. Kata kunci : Labelisasi halal, kesadaran halal, citra merek, kualitas produk dan keputusan membeli.
Downloads
References
Aker. A. (2011). Strategic Marceting Management. New york: John wiley &
Sons.
Aziz, Y. & Vui, C. N. (2012). The role of halal awareness and halal certification
in influencing non-muslim “s purchasing intention. Paper presented at 3rd
Internasional Conference on Business and Economic Research (3rd
ICBER 2012) proceeding, 1819-1830.
Ali. H. (2014). Marketing. Jakarta: Media Presindo.
Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung:
CV.Alfabeta.
Adiman, S. (2018). Analisis faktor faktor yang mempengaruhi pengungkapan modal
intelektual pada laporan tahunan perusahaan non keuangan yang terdaftar di
bursa efek indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 7(2), 23-34.
Anwar, C., Saregar, A., Hasanah, U., & Widayanti, W. (2018). The effectiveness
of islamic religious education in the universities: The effects on the students'
characters in the era of industry 4.0. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu
Tarbiyah, 3(1), 77-87.
Budi U, W. (2013). Pengaruh lebel halal terhadap keputusan membeli (survei
pada pembeli produk kosmetik Wrdah Griya muslim An-nisa Yogyakarta).
Digital Library (digilib.uin-suka.ac.id).
Che M, Y., dan Sazili A. Q. (2010). Food Production From the halal Perspektive.
In: Guerrero-Lagarreta I., Alarcon-Rojo, A. D., Y. H. Hui, Alvarado C.
Handbook Of Poultry Science and Technology. 183-216.
Didit, D. dan Setyaningsih. (2011). Pengaruh Citra Merek Terhadap Efektifitas
Iklan. Jurnal Media Mahardika Vol 2 No.3 hal 41-49.
Hidayat, R. (2018). Kemampuan panel auto regressiv distributed lag dalam
memprediksi fluktuasi saham property and real estate Indonesia. JEpa, 3(2),
133-149.
Imam. G. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 19.
Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Keller, (2012). Marketing Manajement 14
thEdition. USA: NEW JEARSEY.
Kotler, P. dan Amstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1.
Jakarta: Erlangga
Kholik, K. (2018, October). Effect of Self-Eficacy and Locus of Control on Small
and Medium Entertainment Small Scale. In International Conference of
ASEAN Prespective and Policy (ICAP) (Vol. 1, No. 1, pp. 214-225).
Latif, A, Z.A., Mohamed, Z. A., Rezai, G. dan Kamaruzzaman, N. H. (2013) the
impect of food Labeling on Purchasing Behavior Among Non-Muslim
84
n.ac
Consumers in Klang Valley. Australian Journal of Basic and Applied
Sciences, 7(1), 124-128.
Mowen, J. (2012). Prilaku Konsumen (Terjemahan). Jakarta: Erlangga Simamora,
Henry. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi 3 Cetakan 1.
Yogyakarta: STIE YKPN.
Mardani, T. (2012). Pengaruh Citra Produk Kosmetik La Tulipe Terhadap
Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa UMS). UMS ETD-db
(eprints.ums.ac.id)
Novalina, A. (2018). analisis prediksi pelemahan ekonomi indonesia rezim
depresiasi kurs. JEpa, 1(1), 1-11.
Milanie, H., F., & Khaddafi , M. (2015). “SWOT Analisis of the Ragional
Development Strategy City Field Services for clean water Needs’.
Internasional Journal of Academic Research in Business and Social Sciences
385-397.
Milanie, H, F. & Sari, A, K. (2016). ‘The Effect of Public participation,
Tranparency, and Accountability on the Efficiency of the Distribution of
the Scool Oprational Support Funds (BOS) in Tebing Tinggi City (Case
Study of Taman Siswa College)’. Internasional Conference on Education
For Economics, Business, and Finance (ICEEBF), Indonesia 248-259.
Nopiyanti, A. (2016). Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk dan Word of The
Mounth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bedak Wardah (Studi
Kasus Pada Konsumen Bedak Wardah di Kota Pontianak). Jurnal
Manajemen Update (jurnal.unta .id).
Naresh, M. (2010). Marketing Research : An Applied Orientation, Pearson
Education, Inc,Fifth Edition. USA: New Jearsey.
Ramelan, E. (2015). Pengaruh Lebel Halal Terhadap Tingkat Pembelian Produk
Kosmetik (Studi pada Mahasiswa Fakultas Syariah & Ekonomi
Banjarmasin (idr.iain-antasari.ac.id/482/).
Ratnawati, I. (2013). Pengaruh Lebel Halal dan Periklanan Terhadap Keputusan
Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Walisongo Institutional Repository
(eprints. Walisongo.ac.id).
Ronny. H, (2008). Manajemen Pemasaran Jilid 1 edisi Mienium. Jakarta: PT.
Indeks Kelompok Gramedia.
Rizky, M. C., & Ardian, N. (2019). Enhance employee performance for increase
work motivation on universitas pembangunan panca budi medan. Journal
Homepage: http://ijmr. net. in, 7(08).
Rioni, Y. S. (2018, October). An Empirical Investigation of Factors Affecting the
Compulsory of Personal Income Tax on Personal Information Tax Services
Pratama, West Medan. In International Conference of ASEAN Prespective
and Policy (ICAP) (Vol. 1, No. 1, pp. 175-182).
Rusiadi, R. (2018). Pedoman sentra jurnal online. JEpa, 3(1), 1-10.
84
Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Satistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, D. (2012). Konsep Dasar Riset Pemasaran & Prilaku Konsumen.
Yogyakarta: CAPS.
Suryani, T. (2008). Prilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran.
Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sukma, W. (2015). Pengaruh Kesadaran Halal Terhadap Sikap dan Implikasinya
Terhadap Minat Beli Ulang. Respository Eprints Undip
(eprints.undip.ac.id).
Samrin, S., Irawan, M., & Se, M. (2019). Analisis Blue Ocean Strategy Bagi Industri
Kerajinan Di Kota Tanjung Balai. Jurnal Manajemen, 11(1).
Syauqi, T. R. (2018). The analysis of factors affecting auditor performance with
auditor work experiences as moderating variables in public accountant office
auditors in medan. International Journal of Public Budgeting, Accounting
and Finance, 1(4), 1-9.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa, Edisi Pertama . Malang: Bayumedia.
Titi, E. (2015). Pengaruh Lebel Halal dan Tingkat Harga Terhadap Keputusan
Menggunakan Produk Kosmetik (Studi Kasus Mahasiswa Unifersitas
Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta).
Umar, H. (2013). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali.
Waskito, D. (2015). Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Dan Bahan
Makanan Terhadap Minat Beli Terhadap Produk Makanan Halal
Repository eprints@UNY (eprints.uny.ac.id>Danang Waskito_1140).
Widodo, T. (2015). Pengaruh Lebelisasi Halal dan Harga Terhadap Keputusan
Pembelian Konsumen Pada Produk Indomie, Repository Ums ETD-db
(eprints.ums.ac.id).
www://halal.mui.org/. Diambil pada hari minggu, tanggal 18 November 2018,
pukul 13.20 Wib.
www://riau1.kemenag.go.id. Diambil pada hari minggu, tanggal 25 November
2018, pukul 15.25 wib.
www://.purbasarigroup.com. Diambil pada hari selasa, tanggal 27 November
2018, pukul 12.35 wib.
www://.wardah.com/id/about-us. Diambil pada hari Kamis, tanggal 29 November
2018, pukul 10.00 wib.
www://.wikipedia.org. Diambil pada hari minggu, tanggal 02 Desember 2018,
pukul 11.00 wib.
www://.halhalal.com. Diambil pada hari rabu, tanggal 05 Desember 2018, pukul
15.20 wib.
84
Yunuz M., R, W., A., M., & Rasyid M (2014). Muslim “s Purchase Intention
Towards Non-Muslim”s Halal Packaged Food Manufacturer. Procedia.
Social And Behavioral Sciences. 145-154.