Pengaruh Kualitas Pelayanan Variasi Produk dan Citra Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Copy Pada Cafe Raja Coffee Plaza Millenum Medan
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di Cafe Raja Coffee Plaza Millenium Medan dimana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari Kualitas Pelayanan (X1), Variasi Produk (X2), dan Cita rasa (X3) terhadap Keputusan Pembelian (Y) konsumen. Populasi pada penelitian ini tidak diketahui namun jumlah sampel diambil dengan menggunakan rumus Zikmund sehingga besar sampel yang diambil sebanyak 97 buah sampel dengan toleransi kesalahan 5%. Penelitian dilakukan Pada bulan Juni hingga Desember 2019. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang diolah dengan aplikasi SPSS dengan model regresi linear berganda. Sumber data yang digunakan data primer yang diambil langsung dari responden melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, variasi produk, dan cita rasa baik secara parsial maupun secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Cafe Raja Coffee Plaza Millenium Medan, dimana variabel yang peling dominan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen adalah variabel cita rasa. Kualitas pelayanan, variasi produk, dan cita rasa memberikan kontribusi sebesar 74,0% dalam terbentuknya keputusan pembelian konsumen. Kualitas pelayanan, variasi produk, dan cita rasa memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai R sebesar 0,865. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Variasi Produk, Cita rasa, Keputusan Pembelian.
Downloads
References
Buku:
Pakpahan M. (2014). Metodologi Penelitian. Bandung : Citapustaka Media.
Rusiadi. (2014). Metode Penelitian. Medan : USU Press
Sugiyono.(2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Swastha, B. (2012). Azas-Azas Pemasaran, Liberty, Yogyakarta
Jurnal:
Abshor, M. U., Hasiholan, L. B., & Malik, D. (2018). Pengaruh harga, promosi dan
kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk torabika duo
(Studi Kasus Di Area Kabupaten Demak). Journal of Management, 4(4).
Alfredo, D. S., & Edward, S. M., (2017) Pengaruh kualitas produk, kualitas
pelayanan dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen d’stupid
baker spazio graha family surabaya.
Aryani, D., & Rosinta, F. (2011). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan
pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan. Bisnis & Birokrasi
Journal, 17(2).
Atmaja, D. P., & Adiwinata, M. F. (2013). Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan
Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian di Kopitiam Oey
Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 1(2), 551-562.
Daulay, M. T., & Sanny, A. Analysis of Structural Equation Modeling Towards
Productivity and Welfare of Farmer's Household in Sub-District Selesai of
Langkat Regency.
Faradisa, I., Hasiholan, L. B., & Minarsih, M. M. (2016). Analisis Pengaruh
Variasi Produk, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli
Ulang Konsumen pada Indonesian Coffeeshop Semarang (ICOS
CAFÉ). Journal of Management,2(2).
Febrina, A. (2019). Motif orang tua mengunggah foto anak di instagram (Studi
Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek). Jurnal Abdi
Ilmu, 12(1), 55-65.
Ghanimata, F., & Kamal, M. (2012). Analisis pengaruh harga, kualitas produk,
dan lokasi terhadap keputusan pembelian (Studi pada Pembeli Produk
Bandeng Juwana Elrina Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas
Ekonomika dan Bisnis).
Imantoro, F., Suharyono, S., & Sunarti, S. (2018). Pengaruh citra merek, iklan, dan
cita rasa terhadap keputusan pembelian (Survei Terhadap Konsumen Mi
Instan Merek Indomie di Wilayah Um Al-Hamam Riyadh). Jurnal
Administrasi Bisnis, 57(1).
Indrawan, M. I., & Widjanarko, B. (2020). Strategi meningkatkan kompetensi
lulusan Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. JEpa, 5(2), 148-
155.
Kodu, S. (2013). Harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan pengaruhnya
terhadap keputusan pembelian mobil Toyota avanza. Jurnal EMBA: Jurnal
Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).
Nasution, N. P. M. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Lokasi
Terhadap Keputusan Pembelian Ulang di Coffee Crowd Sun Plaza Medan
Pada Mahasiswa FEB USU.
Njoto, T. K. (2016). Pengaruh desain kemasan, cita rasa, dan variasi produk
terhadap keputusan pembelian konsumen bumi anugerah. PERFORMA,
1(4), 455-463.
Nur, F & Shokhibatus. S. (2017) Pengaruh Variasi Produk Terhadap Keputusan
Pembelian Sambal INDOFOOD di Supermarket Sarikat Jaya Gresik.
Nuryanti, B. L., & Rahman, A. Y. (2008). Pengaruh variasi dan kemasan
produkterhadap keputusan pembelian teh kotak ultrajaya (Survei
padaMahasiswa FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia). strategic,
7(14),31-43.
Prasetio, A. (2012). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan
pelanggan. Management Analysis Journal,1(1).
Pramono, C. (2018). Analisis faktor-faktor harga obligasi perusahaan keuangan di
bursa efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.
Pane, D. N. (2018). analisis pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan
pembelian teh botol sosro (studi kasus konsumen alfamart cabang
ayahanda). JUMANT, 9(1), 13-25.
Rusiadi, K. F. F., Suwarno, B., Alamsyah, B., & Syaula, M. Indonesia Mining
Company Stock Stability Prediction (ARDL Panel Approach).
Sari, D. Y. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Reputasi Perusahaan, Atribut
Produk Dan Cita Rasa Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Teh Botol
Sosro Ulang Konsumen Teh Botol Sosro, Jember.
Sejati, B. S. A. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga
Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks Coffee Cabang Galaxy
Mall Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5(3).
Supardi, S. (2018). Kewirausahaan Kreatif Citarasa Keputusan Konsumen
Pembelian Produk (Studi Kasus Yoghurt Jellydelly Bandung). Cano
Ekonomos, 7(3), 5-16.
Setiawan, A. (2018). Pengaruh promosi jabatan dan lingkungan kerja terhadap
semangat kerja pegawai di lingkungan Universitas Pembangunan Panca
Budi Medan. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(2), 191-203.
Sanny, A., & Yanti, E. D. Du Pont Analysis Integrative Approach to Ratio Analysis
at PT. Federal International Finance.
Waruwu, A. A. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Stres Kerja dan Konflik Kerja
Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Kepada Kinerja Pegawai
Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Utara. JUMANT, 10(2), 1-14.
Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational
Commitment, and Organizational Culture to the Performance of
Employee Universitas Pembangunan Panca Budi.
Website:
http://eprints.ums.ac.id/59377/12/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf di akses 15
Januari 2019
http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2014-2-01636-
HM%20Bab2001.pdf di akses 15 Januari 2019
http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2014-2-01654-
HM%20Bab2001.pdf di akses 13 Januari 2019
http://repository.unpas.ac.id/10047/4/BAB%202.pdf di akses 13 Januari 2019
http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/d65325b80a8ea956b
2d93c6040e06cc3.pdf di akses 11 Januari 2019
https://media.neliti.com/media/publications/269322-pengaruh-kelengkapanproduk-dan-harga-te-07a2e8ae.pdf di akses 18 April 2019
https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/7652/B
ab%202.pdf?sequence=10 di akses 5 Januari 2019
https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/3614/B
ab%202.pdf?sequence= di akses 11 Januari 2019.