Strategi Pengembangan Wirausaha Dalam Pemanfaatan Tanda Kosong Kelapa Sawit Menjadi Energi Biomassa Aef Palm Pellet Oleh PT Toba Hijau Sinergi
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Strategi Pengembangan Wirausaha Dalam Pemanfaatan Tandan Kosong Kelapa Sawit Menjadi Energi Biomassa EFB Palm Pellet Oleh PT Toba Hijau Sinergi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif Metode pengumpulan data melalui wawancara dan observasi, Analisis data dilakukan melalui empat tahap yaitu data reduksi, penyajian data, pengujian hasil daftar pertanyaan dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil analisis lingkungan internal yang dilakukan pada PT. Toba Hijau Sinergi diketahui bahwa perusahaan memiliki empat faktor kekuatan dan empat faktor kelemahan. Faktor kekuatan utama yang ada PT. Toba Hijau Sinergi yaitu kondisi keuangan perusahaan baik, sedangkan faktor kelemahan utama yang ada di PT. Toba Hijau Sinergi yaitu Bahan baku masih ada yang berasal dari luar perusahaan. Berdasarkan hasil analisis lingkungan eksternal yang dilakukan, perusahaan memiliki dua faktor peluang dan dua faktor ancaman. Faktor peluang utama yang ada di PT. Toba Hijau Sinergi yaitu Memanfaatkan Mahalnya harga bahan bakar, sedangkan Faktor ancaman utama yang ada di PT. Toba Hijau Sinergi adalah adanya produk subtitusi . Kata Kunci : Strength, Weaknes, Opportunities , Theart
Downloads
References
Allison, M., dan Kaye, J. 2015. Perencanaan Strategis Bagi Organisasi Nirlaba.
Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Asih, S. (2018). Pengaruh kontribusi pajak daerah, pendapatan asli daerah, retribusi
daerah dan bagi hasil pajak terhadap belanja daerah dengan pertumbuhan
ekonomi sebagai variabel moderating pemerintah kabupaten dan
kota. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(1), 177-191.
Andika, R. (2018). Pengaruh komitmen organisasi dan pengawasan terhadap disiplin
kerja karyawan pada pt artha gita sejahtera Medan. JUMANT, 9(1), 95-
103.
Baroto, teguh dan Purbohadiningrat, chandara. 2014. Analisis Strategi
Pengembangan Bisnis Ppob Kipo Menggunakan Analisis Swot Dan
Qspm. Jurnal. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Berutu, Thomson. 2011. Analisis Manajemen Strategi Giant (PT. Hero
Supermarket, Tbk) Dalam Menghadapi Persaingan Ritel di Kota Bogor.
Skripsi Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.
Capriatie, Jennifer. 2015. Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran
Pada D’SATZ Event Organizer. Universitas Sumatera Utara Medan.
Choirunnisak. 2012. Penerapan Analisis SWOT Dalam Strategi Pemasaran
Produk Tabungan Pada BMI Cabang Pembantu Magelang. Sekolah
Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga.
David, Fred R. 2012. Manajemen Strategis, Edisi Kedua belas. Jakarta: Salemba
Empat.
Harahap, Uliana. 2011. Analisis SWOT Pada Toko Budi Stiker Medan. Skripsi
Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.
Hidayat, R. Rusiadi, dan M. Isa Indrawan. Teknik Proyeksi Bisnis.
Jatmiko. 2010. Manajemen Stratejik. Malang: UMM Press
Harahap, R. (2018). Analisa kepuasan kerja karyawan di cv. rezeki Medan.
JUMANT, 8(2), 97-102.
Jayanti, Dewi. 2011. Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing
pada Hotel Cherry Pink KH. Wahid Hasyim. Skripsi Progaram Sarjana
Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara, Medan.
Kasmir. 2010. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Khuzaimy, Ahmad dan Hidayat,N Rusdi. 2015. Analisis Strategi Bisnis Pada UD.
Cengkeh madagaskar Di Sidoarjo. Jurnal. Jawa timur: UPNV.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi
Ketiga belas. Jakarta : Erlangga.
Kholik, K. (2017). The effect of occupational safety and health on work productivity
of employees and its impact on employee performance at pt. alfo citra abadi
Medan.
Masruroh, Umi. 2015. Analisis SWOT Dalam Strategi Pemasaran Produk
Tabungan Batara IB. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Munawaroh, Siti dan Suryana, Lia. 2013. Analisis SWOT Sebagai Dasar Penetapan
Strategi Pemasaran Pada Perusahaan Jamu Cuk Sirih Di Banjarmasin.
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banjarmasin.
Mesra, B. (2018). Factors That Influencing Households Income And Its
Contribution On Family Income In Hamparan Perak Sub-District, Deli
Serdang Regency, North. Int. J. Civ. Eng. Technol, 9(10), 461-469.
Novianto, Aan . 2017. Analisis Strategi Pengembangan Bisnis (Studi Pada
Industri Kerajinan Gerabah Desa Negara Ratu Kecamatan Natar).
Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Lampung.
Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of
halal label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail
Management Research, 12(2).
Parulian, Ronny. 2009. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan
Jasa Hotel Pada Hotel Garuda Plaza Medan. Skripsi Fakultas Ekonomi
Universitas Sumatera Utara.
Pujiyati, Lia. 2018. Analisis Strategi Pengembangan Wirausaha Pemuda dalam
Mewujudkan Wirausahawan Mandiri dan Implikasinya terhadap
Ketahanan Ekonomi Keluarga (Studi Pada Anggota BMT Al-Hasanah
cabang Jati Agung Lampung Selatan). Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam. Universitas Negeri Raden Intan Lampung.
Pakpahan, M. (2018). Strategi meingkatkan minat beli ulang aptek terhadap produk
obat pt novell pharmaceutical labs Medan. JUMANT, 6(1), 49-56.
Rangkuti, Freddy. 2009.Strategi Promosi yang Kreatif. Jakarta : Gramedia
Pustaka Utama.
Rahmisari, Inka. 2012. Analisis Strategi Swot Dalam Meningkatkan Penjualan
Pada Perusahaan Pemasaran Coffee Mix Di Kota Medan (Studi Kasus
Pada PT. Indrapura Perkasa Medan).Fakultas Ekonomi Universitas
Sumatera Utara.
Robins, stelphen p dan coulter, mary.2010. Manajemen edisi sepuluh ,Jakarta :
Erlangga.
Rizky, M. C., & Ardian, N. (2019). Enhance employee performance for increase
work motivation on Universitas Pembangunan Panca Budi
Medan. Journal Homepage: http://ijmr. net. in, 7(08).
Rossanty, Y., Nasution, M. D. T. P., & Ario, F. (2018). Consumer Behaviour In Era
Millennial. Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah AQLI.
Robain, W. (2012). Pengaruh pendapatan, bagi hasil, tanggungan keluarga dan religi
terhadap pola konsumsi tenaga kependidikan di perguruan Islam al Ulum
Terpadu Medan (Doctoral dissertation, Pascasarjana UIN Sumatera
Utara).
Rahayu, S. (2018). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Prestasi Kerja
Karyawan di PT. Langkat Nusantara Kepong Kabupaten Langkat.
JUMANT, 9(1), 115-132.
Sinaga, Tambah Longar .2016. Strategi Pengembangan Usaha Pupuk (Studi Pada
Usaha Pupuk di Kecamatan Tigalingga Kabupaten Dairi). Skripsi.
Departemen Ilmu Administrasi Niaga dan Bisnis. Universitas Sumatera
Utara.
Setyawan, Robi. 2015. Penerapan Analisis SWOT Sebagai Landasan
Merumuskan Strategi Pemasaran Usaha Jasa Sewa Mobil AMAN- AMIN
Transport Tours and Travels Ambarketawang Sleman Yogyakarta.
Universitas Negeri Yogyakarta.
Suhartini. 2012. Analisa SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada
Perusahaan. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya. Institut
Teknologi Adhi Tama Surabaya.
Syahfitri, Yudhi. 2010. Analisis SWOT Dalam Upaya Meningkatkan Keunggulan
Bersaing Pada Salon Cleopatra. . Universitas Sumatera Utara.
Solihin, Ismail. 2012. Manajemen Strategik. Jakarta : Erlangga. Sugiyono.
2012.Metode Penelitian Administrasi, Bandung: Alfabeta.
Siregar, Gustina dan Salman serta Wati Lena. 2014. Strategi Pengembangan
Usaha Tahu Rumah Tangga. Jurnal. Sumatera Utara: Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara
Samrin, S., Irawan, M., & Se, M. (2019). Analisis Blue Ocean Strategy Bagi Industri
Kerajinan Di Kota Tanjung Balai. Jurnal Manajemen, 11(1).
Siregar, N. (2018). Analisis produk dan citra koperasi terhadap wirausaha koperasi
dalam meningkatkan industri rumah tangga pada masyarakat desa lubuk
saban pantai cermin kabupaten deli serdang. JUMANT, 9(1), 79-93.
Setiawan, N. (2018). Peranan persaingan dalam meningkatkan kualitas pelayanan
(Resistensi Terhadap Transformasi Organisasional). JUMANT, 6(1), 57-
63.
Wheelen, Thomas L dan Hunger, J. David .(2012). Manajemen Strategis.
Yogyakarta: Andi
Zumroh, Isti. 2012. Penggunaan Analisis SWOT dan AHP Untuk Menentukan
Strategi Pemasaran Perusahaan. Universitas Islam Negeri Sunan
Kalijaga Yogyakarta.
http://www.bumn.go.id
http://tobahijausinergi.id