Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sepeda motor vixion pada PT. Alfa Scorpii Yamaha Kebun Lada Binjai.
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sepeda motor vixion pada PT. Alfa Scorpii Yamaha Kebun Lada Binjai. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuisioner dan observasi. Subyek penelitian disini merupakan konsumen PT. Alfa Scorpii Yamaha Kebun Lada Binjai, sedangkan objek yang ada didalam penelitian ini adalah Alfa Scorpii Yamaha Kebun Lada Binjai. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif yang dimana akan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa variabel produk berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, artinya produk dengan kualitas yang bagus tidak akan membuat konsumen untuk melakukan keputusan pembelian sepeda motor vixion. Variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, artinya jika harga yang ditawarkan lebih murah maka akan membuat konsumen untuk melakukan keputusan pembelian sepeda motor vixion. Variabel promosi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, artinya promosi yang dibuat tidak menjamin bahwa bisa membuat konsumen untuk melakukan pembelian sepeda motor vixion. Dan untuk variabel distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, artinya jika lokasi penjualan yang strategis akan membuat konsumen untuk melakukan keputusan pembelian sepeda motor vixion. Nilai Adjusted R square sebesar 0,703 atau 70,3% artinya variasi dari keputusan pembelian mampu dijelaskan sebesar 70,3% oleh produk, harga, promosi, dan distribusi. Sedangkan sisanya 29,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk didalam model penelitian. Kata Kunci : Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian
Downloads
References
1. Buku :
Arikunto.(2012). Prosedur Penelitian. PT Pineka Cipta, Jakarta.
Assauri,Sofjan. (2012). Strategi Marketing, Sustaining lifetime Customer Value,
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ghozhali,Imam.(2013). Analisis Multivariate Dengan Program Spss, Bp-Undip,
Semarang
Hussain,Umar.(2010).Riset Pemasaran Dan Prilaku Konsumen. Pt. Gramedia
Pustaka Utama. Jakarta.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller.(2013). “Manajemen Pemasaran Edisi 13
Jilid 2” PT Macana Jaya Cemerlang.
Kotler,P dan G. Amstrong.(2008). Principles Of Marketing, 12
th Edition, prentice
Hall, New Jersey.
Kotler,P dan G. Amstrong.(2009). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi
Kesembilan. Penerbit Prentice Hall-Inc. Jakarta.
Kotler,P.(2009). Manajemen Pemasaran, Jaya Cemerlang, Jakarta.
Kotler,P.(2011). Manajemen Pemasaran di Indonesia, Edisi Pertama, Penerbit
Salemba empat, Jakarta.
Kotler,Philip & Kevin Lane Keller.(2013). Marketing Management. Twelfth
Edition New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Kotler,Philip and Amstrong, Gary.(2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi
Ketigabelas, Jilid 1, Jakarta: Erlangga.
Kotler,Philip.(2008). Marketing Management Milenium Edition, Tenth Edition,
Pearson Education, Inc.By Prentice-Hall, Inc.
Kotler,Philip.(2011). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kuncoro.(2009). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi, Penerbit Gramedia
Pustaka Utama,Jakarta.
Lamb,C.W.,J.Hair. dan M.Carl.(2009). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran
Jasa, penerbit: Salemba Empat.
Manulang, M, Pakpahan, M. (2014). Metodologi Penelitian, Proses Penelitian
Praktis, Medan : Penerbit Citapustaka Media, 2014.
Mulyadi, (2014). Strategi Penjualan. Cetakan keempat. Jakarta : Salemba empat.
Nirwan Sembiring.(2011).Manajemen Penjualan. Yogyakarta
Rudianto.(2009). Pengantar Akuntansi. Jakarta: Erlangga.
Rusiadi.(2014). Metode Penelitian. Medan,Indonesia.
Situmorang.(2008). Statistical Product and Service solution. Semarang: penerbit
FE UNDIP.
Stanto, W.(2009). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid kedua, edisi ketujuh,
Erlangga: Jakarta.
Stanto.(2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, penerbit: Salemba
Empat.
Sugiyono.(2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Swastha dan Irawan, (2012). Strategi Pemasaran Modern, Edisi kedua, Cetakan
Kedua Belas, Liberty Offset, Yogyakarta.
Swastha, B.(2010). Manajemen Penjualan. Cetakan kedua belas, BFSF.
Yogyakarta.
Swastha, Basu, dan Irawan.(2009). Manajemen Pemasaran. Liberty Yogyakarta.
Tijptono,F.(2008). Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga, Andi, Yogyakarta.
Tijptono,F.(2010). Pemasaran Strategi. Yogyakarta: Andi OFFset
Widiyono Dan Pakkana.(2013). Strategi Pemasaran. Jakarta
2. Jurnal dan Karya Ilmiah :
Adhi.(2012).Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Layanan
Terhadap Keputusan Pembelian Waroeng Special Sambal Cabang
Lampersari Semarang. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol.1 No.1 Tahun
2012
Anwar, C., Saregar, A., Hasanah, U., & Widayanti, W. (2018). The effectiveness
of islamic religious education in the universities: The effects on the students'
characters in the era of industry 4.0. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu
Tarbiyah, 3(1), 77-87.
Fadly, Y. (2011). An Analysis Of Main Character Conflicts In M.J. Hyland’s Carry
Me Down.
Hariadi,Doni.(2012).Pengaruh Produk, Harga, Promosi,Dan Distribusi Terhadap
Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Projector Microvision.
Surabaya: Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol.1 No.8 tahun 2012
Maisyarah, R., & Sofyardi, M. (2018, January). The Effect of Rice Subsidyon The
Expenditure of Public Family Consumption And Welfare of Poor Households.
In 1st Economics and Business International Conference 2017 (EBIC 2017).
Atlantis Press.
Nasution, D. A. D. (2018). Analisis pengaruh pengelolaan keuangan daerah,
akuntabilitas dan transparansi terhadap kinerja keuangan pemerintah. Jurnal
Studi Akuntansi & Keuangan, 2(3), 149-162.
Nasution, D. P. Whether the quality of population growth through the health
economy can be applied.
Novalina, A. (2018). Analisis prediksi pelemahan ekonomi Indonesia rezim
depresiasi kurs. JEpa, 1(1), 1-11.
Paulina Vanrate.(2015).Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan
Pembelian Di Pasar Tradisional Dikota Manado. Jurnal LPPM Bidang
EkososBudkum Vol.2 No.2 Tahun 2015
Purba, R. B. (2018). Pengaruh penerapan sistem akuntansi keuangan daerah,
transparansi publikdan aktivitas pengendalian terhadap akuntabilitas
keuangan pada badan keuangan daerah kabupaten tanah datar. Jurnal
Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 99-111.
Rondonuwo.(2013).Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Layanan
Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan March Pada PT. Wahana
Wirawan Manado. Jurnal Emba Vol.1 No.4 Tahun 2013
Ritonga, M. (2018). Faktor manajemen biaya dan manajemen pemasaran terhadap
pendapatan melalui intensitas produksi pada ukm industri rumahan di Kota
Binjai. JUMANT, 8(2), 68-78.
Rusiadi, A., & Ade Novalina, S. E. (2017). Keakuratan Metode Capital Asset
Pricing Model (Camp) Dan Arbitrage Pricing Theory (Apt) Dalam
Memprediksi Return Saham Pada Bank Persero (Bumn) Di Indonesia. Jurnal,
10.
Sari, M. N. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Underpricing Saham pada
Saat Initial Public Offering di Bursa Efek Indonesia.
Sari, P. B., & Dwilita, H. (2018). Prospek Financial Technology (Fintech) Di
Sumatera Utara Dilihat Dari Sisi Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan Dan
Kemiskinan. Kajian Akuntansi, 19(1), 09-18.
Sari, A. K., Saputra, H., & Siahaan, A. P. U. (2017). Effect of Fiscal Independence
and Local Revenue Against Human Development Index. Int. J. Bus. Manag.
Invent, 6(7), 62-65.
Wowor.(2013).Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian
Mobil Toyota Avanza Veloz PT. Hasjrat Abadi Manado. Jurnal Emba Vol. 1
No. 4 Tahun 2013
Wulandari. (2013). Pengaruh strategi pemasaran terhadap keputusan pembelian
pada produk sepeda motor Kawasaki ninja warrior di PT. Kawasaki
Indonesia Makassar. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 2 No.2 Tahun
2013