Analisis Harga Produk, Merek, Kualitas, Fitur dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Nike Studi Kasus Di Nike Factory Store Medan
Abstract
ABSTRAK Pentingnya memahami keinginan konsumen dalam produk yang diinginkannya telah menjadi perhatian pada berbagai industri. Termasuk pada industri olahraga, Salah satu perusahaan yang menjadi market leader dalam penjualan sepatu olahraga adalah nike. Nike sebagai salah satu perusahaan produsen yang menutamakan keunikan dari produk-produk yang dihasilkannya, khususnya sepatu. Nike merancang produk sepatu dengan baik sehingga sepatu yang dihasilkan memiliki tampilan elegan untuk menarik perhatian dari konsumen untuk membeli produk yang dipasarkan. Fenomena yang dihadapinya adalah bermunculan produk tiruan (KW) dan tempat (lokasi) tokonya kurang strategis membuat pengunjung sepi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menganalisis pengaruh harga produk, merek, kualitas, fitur, dan tempat terhadap keputusan pembelian sepatu di Nike Factory Store di Medan. Penelitian ini menggunakan pelanggan PT. Nike Medan sebagai Responden penelitian sebesar 60 orang dengan menggunakan teknik accidental sampling. Metode pengumpulan data dengan metode primer menggunakan kuesioner, wawancara, dan observasi dan data sekunder menggunakan studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program spss versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan variabel bebas (independent variable) berpengaruh secara simultan adalah variabel harga dan merek, terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel kualitas, fitur dan tempat tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Kemudian secara parsial variabel harga dan merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel kualitas, fitur dan tempat tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan nilai determinasi pengaruh independent variable terhadap dependent variable (keputusan pembelian) sebesar 66,2% sisanya 33,8% adalah faktor lain. Kata Kunci : Harga, Merek, Kualitas, Fitur, Tempat, Keputusan Pembelian
Downloads
References
Aaker, D. A. (2010). Managing Brand Equity : Capitalizing on The Value of a
Brand Name. New York: Free Press.
Abdullah, & Tantri. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.
Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung:
Alfabeta.
Aprih, S., & Widowati, S. Y. (2011). Pengaruh Kualitas Layanan, Fasilitas Dan
Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kopima
USM). Manajemen Pemasaran .
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT
Rineka Cipta.
Anwar, C., Saregar, A., Hasanah, U., & Widayanti, W. (2018). The effectiveness
of islamic religious education in the universities: The effects on the
students' characters in the era of industry 4.0. Tadris: Jurnal Keguruan Dan
Ilmu Tarbiyah, 3(1), 77-87.
Durianto, D. (2010). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Ekuitas dan Perilaku
Merek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Daulay, M. T., & Sanny, A. Analysis of Structural Equation Modeling Towards
Productivity and Welfare of Farmer's Household in Sub-District Selesai of
Langkat Regency.
Echdar, S. (2013). Manajemen Entrepreneurship Kiat Sukses Menjadi Wirausaha.
Yogyakarta: Andi.
Faried, A. I. (2018). Keterhubungan pola pengambilan keputusan efektif, struktur
dan budaya organisasi di Universitas Pembangunan Panca Budi Medan.
JUMANT, 8(2), 1-12.
Febrina, A. (2019). Motif orang tua mengunggah foto anak di instagram (Studi
Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek). Jurnal Abdi
Ilmu, 12(1), 55-65.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21
Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ginting, H., & Nembah, F. (2011). Manajemen Pemasaran . Bandung: CV Yrama
Widya.
Hariadi, D. (2013). Pengaruh Produk. Harga, Promosi dan Distribusi Terhadap
Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Projector Microvision.
Ilmu danRiset Manajemen , 1, 68.
2
Harmani, S. (2009). Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Keputusan
Konsumen Berbelanja di Pasar Turi Baru Surabaya. Manaement .
Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS.
Heizer, J., & Render, B. (2015). Operations Management (Manajemen Operasi),
ed.11. Jakarta: Salemba Empat.
Hendra, F. (2013). Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan
Pengaruhnya Terhadap Minat Beli pada Pasar Traditional Bersehati
Calaca. EMBA , 1, 276.
Junaidi. (2010, April 21). http //junaidichaniago.wordpress.com. Retrieved from
http //junaidichaniago.wordpress.com.
Kasmir. (2014). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya Cetakan ke Empat Belas.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principle Of Marketing 15 th edition. New
Jersey: Pearson Printice Hall.
Kotler, P., & Keller, H. A. (2016). Marketing Management Edisi 15. Pearson
Edication Limited.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Manullang, M., & Pakpahan, M. (2014). Metodologi Penelitian.
Bandung: Cita
Pustaka Media.
Mullins, J. (2009). Fundamental Marketing, A Strategic Decision Making
Approach, 6th edition. New York: Mc Graw Hill.
Pakpahan, M. (2016). Manajemen Pemasaran. Medan: Cipta Rencana Media.
Purwati, D. (2012). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan
Pembelian Motor Honda Matic Beat (Studi Kasus pada PT. Nusantara
Solar Bakti. Ekonomi dan Informasi Akuntansi , 2, 262.
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi teknologi digital dalam
pembelajaran di era industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42-54.
Rusiadi, Subiyantoro, & Hidayat. (2013). Metodologi Penelitian, Manajemen,
Akuntasi dan Ekonomi Pembangunan. Konsep Kasus dan Aplikasi SPSS,
Eviews, Amos dan Lisrel. Medan : USU Press.
Rusiadi, K. F. F., Suwarno, B., Alamsyah, B., & Syaula, M. Indonesia Mining
Company Stock Stability Prediction (ARDL Panel Approach).
Situmorang, S. H. (2011). Bisnis Konsep dan Kasus. Medan: USU Press.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, dan
R&D. Bandung : Alfabeta.
3
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, dan
R&D. Bandung: Alfabeta.
Sanusi, A. (2018). Pengaruh return on equity, net profit margin dan debt to equity
ratio terhadap hutang pada perusahaan pt. asam jawa Medan. JUMANT,
6(1), 11-19.
Setiawan, A., Hasibuan, H. A., Siahaan, A. P. U., Indrawan, M. I., Rusiadi, I. F.,
Wakhyuni, E., ... & Rahayu, S. (2018). Dimensions of Cultural
Intelligence and Technology Skills on Employee Performance. Int. J. Civ.
Eng. Technology, 9(10), 50-60.
Sanny, A., & Yanti, E. D. Du Pont Analysis Integrative Approach to Ratio Analysis
at PT. Federal International Finance.
Suharno, & Sutarso, Y. (2010). Marketing in Practice. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sunyoto, D. (2013). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.
Sembiring, R. (2018). Pengaruh Nilai Tukar Nelayan (Pendapatan Nelayan,
Pendapatan Non Nelayan, Pengeluaran Nelayan, Pengeluaran Non
Nelayan) Terhadap Kesejahteraan Masyarakat (Pendidikan, Kesehatan,
Kondisi Fisik Rumah) di Desa Pahlawan. Jurnal Abdi Ilmu, 10(2), 1836-
1843.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan dan Penelitian.
Yogyakarta: CV Andi.
Tjiptono, F. (2010). Strategi Pemasaran Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset.
Waruwu, A. A. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Stres Kerja dan Konflik Kerja
Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Kepada Kinerja Pegawai
Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Utara. JUMANT, 10(2), 1-14.
Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational
Commitment, and Organizational Culture to the Performance of Employee
Universitas Pembangunan Panca Budi.