Analisis Penerapan Servqual Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Studio Musik Colia Binjai, Dengan Metode Confirmatory Factor Analysis (CFA) Dan Importance Performance Analysis (IPA)

  • Dikky Sitompul Universitas Pembangunan Pancabudi

Abstract

ABSTRAK Analisis penelitian untuk mengetahui bagaimana penerapan servqual terhadap kepuasan konsumen pada Studio Musik Colia Binjai, dengan metode Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan bagaimana penerapan servqual terhadap kepuasan konsumen pada Studio Musik Colia Binjai, dengan metode Importance Performance Analysis (IPA). Teknik analisis data yang digunakan adalah metode asosiatif dengan bantuan program Amos. Penelitian ini menggunakan Analisis Structural Equation Modelling (SEM). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Pengambilan data primer menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan servqual terhadap kepuasan konsumen pada Studio Musik Colia Binjai, dengan metode Confirmatory Factor Analysis (CFA) menunjukkan bahwa pengalaman yang dirasakan konsumen tidak sesuai dengan harapan, dimana Studio Musik Colia Binjai menyediakan jasa sesuai yang dijanjikan, akan tetapi harapan konsumen yaitu Studio Musik Colia Binjai harus menyediakan fasilitas yang berdaya tarik visual seperti plugin software untuk recording, lighting untuk live perform dan digital efek, karena perkembangan zaman yang semakin modern membuat konsumen lebih tertarik pada visual efek dalam bermain musik, sehingga musik tersebut terlihat lebih fresh dan tidak kuno. Kata Kunci : Servqual dan Kepuasan Konsumen

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Adiman, S. (2018). Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan
Modal Intelektual Pada Laporan Tahunan Perusahaan Non Keuangan Yang
Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan
Publik, 7(2), 23-34.
Aspan, H., F. Milanie, and M. Khaddafi. (2015). “SWOT Analysis of the Regional
Development Strategy City Field Services for Clean Water Needs”.
International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences,
Vol. 5, No. 12, pp. 385-397.
Aspan, H., M. Khaddafi, I. Lestari. (2016). “The Effect of Local Taxes, Local
Levies, General Allocation Funds (DAU), and Special Allocation Funds
(DAK) to the Government Capital Expenditures of Banda Aceh City”.
Prosiding International Conference on Economics, Education Business and
Accounting (ICEEBA) 2016 Universitas Negeri Semarang, pp. 513-526.
Berry, L.L., (2014), “Service Marketing is Different”, Business, Vol.30 (MayJune).
Bakhtiar, Arfan. (2010). Analisis Kualitas Pelayanan Yang Berpengaruh Terhadap
Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Servqual Dan Model Kano
(Studi Kasus: PT. PLN UPJ Semarang Selatan). Universitas Diponegoro
Semarang. J@TI Undip, Vol V, No.2, Mei 2010.
Cadotte, E.R., R.B. Woodruff and R.L. Jenkins, (2013), “Expectation and Norms
in Models of Consumer Satisfaction”, Journal of Marketing Research,Vol.
XXIV (August).
Edgett, S., and S. Parkinson, (2015), “Marketing for Service Industries – A
Review”, The Service Industries Journal, Vol. 13 (July).
Fornell, C., (2016), “A National Customer Satisfaction Barometer : The Swedish
Experience”, Journal of Marketing Research, Vol. 56 (January).
Gummesson, E., (2017), ”Lip Services – A Neglected Area in Services
Marketing”, Journal of Service Marketing, Vol. I No. 1.
Gronroos C., (2015), Service Management and Marketing : A Customer
Relationship Management Approach 2nd ed.”, Chichester : John Wiley
and Sons, Ltd.
Hill, N., J. Brierley, and R. MacDougall, (2014), “How to Measure Customer
Satisfaction”, Hampshire : Gower.
Indrawan, M. I., & Se, M. (2015). Pengaruh Promosi Jabatan Dan Mutasi Terhadap
Prestasi Kerja Pegawai Pt. Bank Mandiri (Persero) Cabang Ahmad Yani
Medan. Jurnal Ilmiah Integritas, 1(3).
Irawan, Handi, (2014). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, Jakarta : PT Elex Media
Komputindo.
Kotler, Philip, (2014). Marketing Management Edisi 14, Global Edition. Pearson
Prentice Hall.
Lewis, R.C. and B.H.Booms, (2014), “The Marketing Aspects of Service
Quality”, Chicago : American Marketing Association.
Lovelock, Christoper, Jochen Wirtz, dan Jacky Mussry, (2013), Pemasaran Jasa
Manusia, Teknologi, Strategi Perspektif Indonesia Jilid I, edisi 7, Jakarta :
Penerbit Erlangga.
Nasution, A. P. (2018). Implementasi Anggaran Berbasis Kinerja Dalam
Meningkatkan Kinerja Pemerintah Daerah Dilingkungan Kecamatan Datuk
Bandar Tanjung Balai. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Publik, 8(2), 15-25.
Novalina, A. (2018). Kemampuan BI 7-Day Repo Rate (BI7DRR) Dalam Menjaga
Stabilitas Ekonomi Indonesia (Pendekatan Transmisi Moneter Jangka
Panjang). Jurnal Abdi Ilmu, 10(2), 1874-1885.
Oliver, R. L., (2014). “Satisfaction: A Behavioral Perspective on the Customer”,
New York : McGRaw-Hill.
Rusiadi, R. (2018). PEDOMAN SENTRA JURNAL ONLINE. JEpa, 3(1), 1-10.
Sambodo, Aryo Tri Sambodo dan Harya Bima Dirgantara. (2014). Analisis
Kepuasan Konsumen Dengan Servqual Studi Kasus: Media Sosial
Bhinneka.Com.
Setiawan, A., Hasibuan, H. A., Siahaan, A. P. U., Indrawan, M. I., Rusiadi, I. F.,
Wakhyuni, E., ... & Rahayu, S. (2018). Dimensions of Cultural Intelligence
and Technology Skills on Employee Performance. Int. J. Civ. Eng.
Technology, 9(10), 50-60.
Setiawan, N. (2018). Peranan Persaingan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan
(Resistensi Terhadap Transformasi Organisasional). Jumant, 6(1), 57-63.
Sinulingga, Sukaria, (2013), Metode Penelitian, edisi 2, Medan : USU Press.
Soebroto, Gatot. (2013). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap
Pelayanan Apotek Kimia Farma Jakarta Menggunakan Model Servqual
(Studi Kasus Pada Tiga Apotek).
Suparman, (2015). Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Metode Servqual Pada
PDAM Tirta Wijaya Cilacap. ISSN 1978-2497. Jurnal Nasional Sekolah
Tinggi Teknik Wiworotomo Purwokerto, ITEK (Intuisi, Teknologi dan
Seni), Edisi 7 N0.3 November 2015.
http://ejournal.stt-wiworotomo.ac.id/index.php/iteks/article/view/122/92
Supranto, J, (2013). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan
Pangsa Pasar, Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.
Tse, D.K. and P.C. Wilton, (2013), “Models of Consumer Satisfaction Formation
: An Extention”, Journal of Marketing Research.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, (2015), “Service, Quality &
Satisfaction”, edisi 3, Yogyakarta : Penerbit Andi Offset.
Waruwu, A. A. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Stres Kerja dan Konflik Kerja
Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Kepada Kinerja Pegawai
Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Utara. JUMANT, 10(2), 1-14.
Published
2019-06-30