Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Travel Milala Tour Medan
Abstract
ABSTRAK Travel Milala Tour bergerak dalam bisnis penjualan tiket pesawat udara dan laut, dan fenomena masalahnya yang ada pada akhir-akhir ini terjadi penurunan obset penjualan, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengaruh variabel promosi (X1) dan variabel kualitas pelayanan (X2) terhadap keputusan pembelian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada responden sebanyak 80 orang dari pelanggan tersebut. Model yang digunakan yaitu regresi linier berganda, dengan memakai metode penarikan sampel accident sampling yang diolah dengan program SPSS Versi 17. Dari uji simultan berpengaruh positif dan signifikan antara variabel Promosi dan Kulaitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian. serta Promosi berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian pada Travel Milala Medan. Sedangkan Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Travel Milala Medan. Hasil dari determinasi yang diperoleh dari Promosi (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) yaitu nilai Adjusted R Squere adalah sebesar (64,7%) sehingga dapat dikatakan bahwa variasi variabel bebas: Promosi (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) pada model memiliki kontribusi untuk variabel Keputusan pembelian (Y) sedangkan sisanya 35,3% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model. Misalnya :tempat, harga. Kata Kunci : Promosi dan Kualitas Pelayanan dan Keputusan pembelian.
Downloads
References
Buku :
Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian : suatu pendekatan praktik, Jakarta
:penerbit Rineka Cipta.
Aspan Hendry.(2016). Metode Penelitian. Medan
Cannon. (2009). Pemasaran dasar pendekatan manajerial global II. Edisi
enambelas, Salemba Empat, Jakarta.
Ghozali. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS.
Yogyakarta: Universitas Diponegoro.
Iqbal.(2009). Manajemen konferensi dan event. Yogyakarta, Gajah Mada
University.
Irawan dan Darma Tuah (2017) Research Methodology Aplikasi dan Teknik
Mengelolah Data. Medan
Kotler (2009) Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Kotler (2012), Marketing Management Edisi 14, Global Edition.PearsonPrentice
Hall.
Kotler, dan Armstrong.(2012). Prinsip-prinsip Pemasaran.Edisi 12. Jilid 1.
Jakarta: Erlangga.
Kotler dan Keller, (2012) Manajemen Pemasaran Perspektif Asia, Buku Dua Edisi
Pertama, Andy, Yogyakarta.
Lupioadi. (2009). Manajemen pemasaran jasa: teori dan praktek. Jakarta: PT
Salembah Empat
Mahmoedin. (2010). Melacak Kredit Bermasalah. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Manullang dan Pakpahan (2014) Metodologi penelitian, Penerbit Citapustaka .
Mulyawan dan Komarudin. (2012) Pelaksanaan Aspek Bauran Promosi pada
STMIK MARDIRA INDONESIA. Bandung.
Nugroho (2011). Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data Andi:
Yogyakarta Abdul, K.Tuntunan Praktis Belajar Database Menggunakan
MySQL
Pakpahan,Manuntun. (2016). Manajemen Pemasaran Dalam Kompetisi Global.
Penerbit CV.Rural Development Service.
ii
Peter Jerry C Olson. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jilid 1.
Peter dan Donnelly. (2011). Marketing Management: Knowledge and Skills, 11th
edition. Amerika serikat : McGrraw-Hill Education.
Parasuruman, et. al. (2012) Analisis Kualitas Pelayanan (Service Quality).
Rangkuti. (2010) .Strategi Promosi yang Kreatif. Jakarta : Gramedia Pustaka
Utama.
Rusiadi, et al.(2014). Metode Penelitian Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi
(Pembangunan, Konsep, Kasus dan Aplikasi SPSS, Eviews, Amos dan
Lisre)
Sabram,Bob (2012:27). Manajemen Pemasaran edisi ketigabelas jilid 1 dan 2
dialihbahasakan oleh Bob Sabram, Jakarta: Erlangga
Sangadji,EttaMamang dan Sopiah, (2013). Perilaku Konsumen,CV.Andi Offset,
Yogyakarta.
Schiffman. (2009). Perilaku konsumen. Edisi Kesepuluh. Arizona
Swastha,Basu.( 2010). Manajemen Penjualan: Pelaksanaan Penjualan, BPFEYogyakarta
Simamora, (2013), Riset Pemasaran, Jakarta, Gramedia Utama Buchari Alma.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2012).Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian Manajemen, Bandung, Alfabeta.
Tjiptono (2009), Strategi Pemasaran, edisi pertama, cetakan ketujuh,
Yogyakarta .
Tjiptono. (2010), Strategi Pemasaran, Edisi Dua, Andi Offset, Yogyakarta.
Tjiptono,(2012) Pemasaran Strategik. Yogyakarta.
Widiyono dan Mukkhaer Pakkanna, (2013) Pengantar Bisnis Respon terhadap
Dinamika Global, Edisi Pertama, Motra Wacana Media, Jakarta
William J. Stanton yang dikutip oleh Buchari Alma (2011) “Marketing
Management is the planning, direction and control of entire marketing
activity of a firm or division of a firm”
iii
Jurnal:
Andika, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Berwirausaha dan Kepribadian
Terhadap Pengembangan Karir Individu Pada Member PT. Ifaria
Gemilang (IFA) Depot Sumatera Jaya Medan. JUMANT, 8(2), 103-110.
Asih, S. (2018). Pengaruh kontribusi pajak daerah, pendapatan asli daerah,
retribusi daerah dan bagi hasil pajak terhadap belanja daerah dengan
pertumbuhan ekonomi sebagai variabel moderating pemerintah kabupaten
dan kota. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(1), 177-191.
Arnita, V. (2018). Pengaruh Orangtua Terhadap Mahasiswa Akuntansi Dalam
Pemilihan Karir Menjadi Profesi Akuntan. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis:
Jurnal Program Studi Akuntansi, 4(2), 19-23.
Ardian Khairul Hakim, Pengaruh Kualitas pelayanan dan Promosi terhadap
keputusan pembelian pelanggan di PT.Banyumas Denpasar oktober
2017,Bali
Chrisna, H. (2018). Analisis manajemen persediaan dalam memaksimalkan
pengendalian internal persediaan pada pabrik sepatu ferradini
Medan. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(2), 82-92.
Dwihapsari, Bunga Caeceria. (2012). "Analis pengaruh Kualitas Pelayanan dan
Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Menggunakan
Jasa Pada Oryza Tour
Harahap, R. (2018). Pengaruh Kualitas produk Terhadap Kepuasan Pelanggan di
Restoran Cepat saji Kfc Cabang Asia Mega Mas Medan. JUMANT, 7(1),
77-84.
Hidayat, R. (2018). Kemampuan panel auto regressiv distributed lag dalam
memprediksi fluktuasi saham property and real estate
Indonesia. JEpa, 3(2), 133-149.
Kholik, K. (2017). the effect of occupational safety and health on work
productivity of employees and its impact on employee performance at pt.
alfo citra abadi Medan.
Ong dan Sugiono Sugiharto, Analisa Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra
Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian
Pelanggan di Cincau Station Surabaya, Jurnal Manajemen Pemasaran,
Vol. 1, No. 2, (2013), Surabaya.
Pakpahan, M. (2018). Strategi meingkatkan minat beli ulang aptek terhadap
produk obat pt novell pharmaceutical labs Medan. JUMANT, 6(1), 49-56.
Rahayu, S. (2018). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Prestasi Kerja
Karyawan di PT. Langkat Nusantara Kepong Kabupaten Langkat.
JUMANT, 9(1), 115-132.
iii
Robain, W. (2012). Pengaruh pendapatan, bagi hasil, tanggungan keluarga dan
religi terhadap pola konsumsi tenaga kependidikan di perguruan Islam al
Ulum Terpadu Medan (Doctoral dissertation, Pascasarjana UIN Sumatera
Utara).
Rossanty, Y., & Putra Nasution, M. D. T. (2018). Information search and
intentions to purchase: the role of country of origin image, product
knowledge, and product involvement. Journal of Theoretical & Applied
Information Technology, 96(10).
Rizky, M. C., & Ardian, N. (2019). Enhance employee performance for increase
work motivation on Universitas Pembangunan Panca Budi
MEDAN. Journal Homepage: http://ijmr. net. in, 7(08).
Siow (2013) Jurnal pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadapkeputusan
pembelian sepeda motor Honda pada CV Berkah abadi., oktober 2016,
Bandung.
Samrin, S., Irawan, M., & Se, M. (2019). Analisis Blue Ocean Strategy Bagi
Industri Kerajinan Di Kota Tanjung Balai. Jurnal Manajemen, 11(1).
Yunus, R. N. (2018). Analisis pengaruh bahasa merek terhadap keputusan
pembelian pada mahasiswa universitas pembangunan panca budi jurusan
akuntansi. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(1), 13-20.