Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Mega Sari Tata Utama
Abstract
ABSTRAK
Analisis penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian denga brand image sebagai variabel intervening pada PT. Mega Sari Tata Utama. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode asosiatif kausal dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Penelitian ini menggunakan analisis jalur. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 responden. Pengambilan data primer menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image. Kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand image secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk dan brand image secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan brand image sebagai variabel intervening pada PT. Mega Sari Tata Utama.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Keputusan Pembelian dan Brand Image
Downloads
References
BUKU :
Alma. B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Arnould, E. (2013). Consumers. New York : McGraw-Hill Companies, Inc
Barata, A. D. (2014). Pelayanan Prima. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Cravens, D. W. (2016). Pemasaran Strategis. Alih bahasa: Lina Salim. Jakarta: Erlangga.
Doublert, B. (2014). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka.
Engel, J. F. R. (2014). Consumer Behavior. Eight Edition. Orlando: The Dryden Press.
Hamdani, (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.
Hurriyati, R. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Kotler, P. (2013). Manajemen Pemasaran Perspektif Asia. Buku Dua. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Yogyakarta. Salemba Empat.
Mangkunegara, Anwar Prabu, 2015. Perilaku Konsumen Edisi Revisi, Refika Aditama. Bandung.
Laksana, F. (2010). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Lucas, D. B., & Britt, S. H. (2012). Measuring Advertising Effectiveness. New York: McGraw-Hill.
Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani, A. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori Dan Praktik. Jakarta:Salemba Empat.
Peter, J. P. 2011. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta : Erlangga.
Prasetijo, Ristiyanti dan John Ihalauw, 2013. Perilaku Konsumen, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Rahayu, Suharni. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Majalah Media Asuransi (Studi Kasus: PT. Media Asuransi Indonesia).
Ratnasari, Ririn Tri dan Mastuti H. 2014. Aksa, Teori dan Kasus ManajemenPemasaran Jasa, Bogor: Ghalia Indoesia,
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sunarto. 2014. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: UST Press.
Sunarto. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Kerajinan Kulit Kartika Magetan.
Suryani, Tatik, 2015. Perilaku Konsumen Implikasi pada Strategi Pemasaran, Graha Ilmu. Yogyakarta.
Swastha, Basu dan Irawan, 2015, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta
Tjiptono, Fandy. 2016. Perspektif Manajemen & Pemasaran Kontemporer. Yogyakarta: ANDI.
JURNAL :
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent the Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59
Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. JUMANT, 11(1), 189206.
Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai UNPAB. JEpa, 4(2), 119132.
Aspan, H., Fadlan, dan E.A. Chikita. (2019). “Perjanjian Pengangkutan Barang Loose Cargo Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat”. Jurnal Soumatera Law Review, Volume 2 No. 2, pp. 322-334.
Daulay, M. T. (2019). Effect of Diversification of Business and Economic Value on Poverty in Batubara Regency. KnE Social Sciences, 388-401.
Febrina, A. (2019). Motif Orang Tua Mengunggah Foto Anak Di Instagram (Studi Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek). Jurnal Abdi Ilmu, 12(1), 55-65.
Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. JEpa, 3(2), 133-149.
Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., ... & Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and Performance Model based on Indonesia Science and Technology Index. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP Publishing.
Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.
Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of halal label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail Management Research, 12(2).
Pramono, C. (2018). Analisis Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.
Prasetya, Ermawan Galih. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis Progam Studi Administrasi Bisnis angkatan 2014 konsumen Air Mineral Aqua).
Ridho, Muhammad. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Brand Image Dan Dampaknya Pada Kepuasan Pelanggan (Survei pada Pelanggan kartu prabyar Simpati, Kota Malang).
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.
Saputra, Setiawan Tri. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Iphone (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang).
Sangadji, Etta dan Sopiah, 2013. Perilaku Konsumen. Penerbit Andi, Yogyakarta. Sudaryono. (2013). Aplikasi Analisis (Path Analysis) Berdasarkan Urutan Penempatan Variabel Dalam Penelitian. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 17, Nomor 4, Juli 2011.
Sari, M. M. (2019). Faktor-Faktor Profitabilitas Di Sektor Perusahaan Industri Manufaktur Indonesia (Studi Kasus: Sub Sektor Rokok). Jumant, 11(2), 61-68.
Siregar, N. (2018). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. JUMANT, 8(2), 87-96.
Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational Commitment, and Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas Pembangunan Panca Budi.