“Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada CV. Cempaka Motor Binjai

  • Khairunnisa . Universitas Pembangunan Pancabudi

Abstract

ABSTRAK CV. Cempaka Motor Binjai terletak di Jalan Jambi No.1, Rambung Barat. Binjai Selatan., Kota Binjai. Perusahaan ini melayani penjualan dan service sepeda motor Honda setiap harinya. Dalam menjalankan aktivitas perusahaan CV. Cempaka Motor Binjai memiliki beberapa karyawan yang terdiri dari tingkat pendidikan yang bersedia untuk memenuhi kebutuhan perusahaan terhadap jumlah tenaga kerja. Permasalahan penelitian ini apakah kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda Motor Honda pada CV. Cempaka Motor Binjai. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner dengan membagikan daftar pertanyaan kepada responden sebanyak 80 responden. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai F hitung lebih besar dari Ftabel (323,090 > 3,12) dengan tingkat signifikansi F hitung < 0,05 yaitu (0,000 < 0,05) maka Ho ditolak. Oleh karena nilai probabilitas (0,000) lebih kecil dari 0,05 maka dapat dikatakan bahwa variabel kualitas produk (X1) dan harga (X2) secara bersama-sama mempunyai hubungan dan pengaruh terhadap keputusan pembelian produk (Y). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa uji t terhadap dimensi kualitas produk (X1) didapatkan thitung lebih besar dari t tabel (7,570 > 1,664) dengan signifikansi t sebesar 0,015. Karena t hitung lebih besar dari t tabel dan tingkat signifikansi t < 0,05 (0,015< 0,05) sehingga Ho yang berbunyi tidak ada pengaruh yang signifikan antara dimensi kualitas produk (X1) terhadap variabel keputusan pembelian (Y) ditolak. Maka secara parsial dimensi kualitas produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk (Y). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Uji t terhadap variabel Harga (X2) didapatkan t hitung lebih besar dari t tabel (7,303 > 1,664) dengan signifikansi t sebesar 0,000 karena nilai t hitung lebih besar dari t tabel dan signifikansi t < 5% (0,000 < 0,05) sehingga Ho yang berbunyi tidak ada pengaruh yang signifikan antara dimensi Harga (X2) terhadap variabel keputusan pembelian (Y) ditolak. Maka secara parsial dimensi. Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Dan Keputusan Pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Adiman, S. (2018). Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan
Modal Intelektual Pada Laporan Tahunan Perusahaan Non Keuangan
Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan
Publik, 7(2), 23-34.
Alma, Buchari (2011), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran
Jasa, Cetakan Kesembelian, Alfabeth, Bandung
Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan
Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai
UNPAB. JEpa, 4(2), 119-132.
Aspan, H., F. Milanie, and M. Khaddafi. (2015). “SWOT Analysis of the Regional
Development Strategy City Field Services for Clean Water Needs”.
International Journal of Academic Research in Business and Social
Sciences, Vol. 5, No. 12, pp. 385-397.
Aspan, H., M. Khaddafi, I. Lestari. (2016). “The Effect of Local Taxes, Local
Levies, General Allocation Funds (DAU), and Special Allocation
Funds (DAK) to the Government Capital Expenditures of Banda Aceh
City”. Prosiding International Conference on Economics, Education
Business and Accounting (ICEEBA) 2016 Universitas Negeri
Semarang, pp. 513-526.
Aspan, H., E.S. Wahyuni, S. Effendy, S. Bahri, M.F. Rambe, dan F.B. Saksono.
(2019). “The Moderating Effect of Personality on Organizational
Citizenship Behavior: The Case of University Lecturers”. International
Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE), Volume 8 No.
2S, pp. 412-416.
Assauri (2014), Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Salemba
Cristopher h. Lovelock (2017). Manajemen Pemasaran Jasa, Alih bahasa Agus
Widyantoro, Cetakan Kedua, Jakarta; PT. INDEKS
Daryanto (2013). Perilaku Konsumen, Jakarta, Penerbit : Indeks Gramedia.
Fandy Tjiptono (2015). Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Andi Yogyakarta,
Yogyakarta
Fitriyana (2013). Customer Loyality, New York , Lexington Book Co.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.
BadanPenerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Hahn (2012) Perilaku Konsumen, Jakarta, Penerbit : Indeks Gramedia.
Hasan (2014). Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Penerbit PT.
Prenhallinda, Jakarta
Indrawan, M. I., & Se, M. (2015). Pengaruh Promosi Jabatan Dan Mutasi Terhadap
Prestasi Kerja Pegawai Pt. Bank Mandiri (Persero) Cabang Ahmad Yani
Medan. Jurnal Ilmiah Integritas, 1(3).
Indrawan, M. I. (2019). Pengaruh Etika Kerja, Pengalaman Kerja Dan Budaya Kerja
Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Kecamatan Binjai Selatan. Jurnal Abdi
Ilmu, 10(2), 1851-1857.
Kusumastuti (2011) Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: RINEKA
CIPTA.
Kotler (2015), Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jilid 1, PT Prenhallindo,
Jakarta
Kotler dan Keller (2016), Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga
Kotler, P., & Keller, K. L. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 13.:
Erlangga, Jakarta.
Kotler, P., & Keller, K. L. 2016. Marketing Management Edisi 15. Ebook:
Pearson
Kotler dan Armstrong (2014), Prinsip-Prinsip Pemasaran. Alih bahasa Bob
Sabran M.M. Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.
Kasiram (2010), Metodologi Penelitian. Malang: UIN-Malang Pers.
Lupiyoadi (2010). Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba 4, Jakarta
Machfoedz (2015), Pengantar Pemasaran Modern. Akademi Manajemen
Pemasaran, YPKPN, Yogyakarta.
Mulyadi Nitisusastro (2012), Perilaku Konsumen dalam Perspektif
Kewirausahaan, Bandung : Alfabeta
Nasution, A. P. (2019). Implementasi E–Budgeting Sebagai Upaya Peningkatan
Tranparansi Dan Akuntabilitas Pemerintah Daerah Kota Binjai. Jurnal
Akuntansi Bisnis Dan Publik, 9(2), 1-13.
Nasution, A. P. (2019). Dampak Pengetahuan Pajak Dan Kualitas Pelayanan
Petugas Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (STUDI
KASUS: KPP PRATAMA BINJAI). Jurnal Akuntansi Bisnis dan
Publik, 7(2), 207-224.
Nugraha,dkk (2015), Manajemen Pemasaran Internasional, Jakarta : Salemba
Empat,
Rahardi (2010), Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran: PT Rem
Rosdakarya. Bandung
Ratih Hurriyati (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung:
ALFABETHA.
Rahman (2010). Manajemen Jasa. Bogor: Ghalia Indonesia Anggota IKAPI.
Rizky, M. C., & Ardian, N. (2019). Enhance Employee Performance For Increase
Work Motivation On Universitas Pembangunan Panca Budi
Medan. Journal Homepage: Http://Ijmr. Net. In, 7(08).
Rusiadi, R. (2018). PEDOMAN SENTRA JURNAL ONLINE. JEpa, 3(1), 1-10.
Sanusi (2011), Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat
Setiawan, A., Hasibuan, H. A., Siahaan, A. P. U., Indrawan, M. I., Rusiadi, I. F.,
Wakhyuni, E., ... & Rahayu, S. (2018). Dimensions of Cultural
Intelligence and Technology Skills on Employee Performance. Int. J.
Civ. Eng. Technology, 9(10), 50-60.
Sugiyono (2010), Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta
Swasta (2012), Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Kedua, Cetakan Ketigabelas, Yogyakarta: Liberty Offset
Swastha & Irawan (2012), Manajemen Pemasaran Modern.Yogyakarta: Liberty
Published
2019-06-24