Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Corporate Image Sebagai Variabel Moderating Pada PT. Dunkindo Lestari Medan
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Dunkin Donut Gramedia Gajah Mada serta untuk mengetahui apakah corporate image mampu memoderasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada Dunkin Donut Gramedia Gajah Mada. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode asosiatif dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Penelitian ini menggunakan Analisis Moderating. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 94 responden. Pengambilan data primer menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Dunkin Donut Gramedia Gajah Mada serta corporate image mampu memoderasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada Dunkin Donut Gramedia Gajah Mada. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Loyalitas Konsumen dan Corporate Image
Downloads
References
Arafah, Willy. (2014). Analisis Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Terhadap Image
(Studi pada Rumah Sakit ”X” di Jakarta Selatan). Media Riset Bisnis dan
Manajemen, Vol. 4 No. 1:55-75.
Awang, (2013). Building Corporate Image and Securing Student Loyalty in
The Malaysian Higher Learning Industry. The Journal of International
Management Studies, Vol. 4, No. 1.
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent
the Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic
Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59.
Citra, G., & Pramono, C. Analysis of Factors Affecting Earning Management in
Banking Companies Listed on BEI.
Daulay, M. T. Model pengendalian kemiskinan dengan pendekatan diversifikasi
usaha, sustainable development goalds (sdgs) dan economic value (studi pada
daerah pemekaran di Sumatera Utara). Quantitative Economics Journal, 6(3).
Griffin, Jill. (2013). Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan
Kesetiaan Pelanggan. Erlangga: Jakarta.
Hasibuan, H. A., Purba, R. B., & Siahaan, A. P. U. (2016). Productivity assessment
(performance, motivation, and job training) using profile matching. SSRG
Int. J. Econ. andManagement Stud, 3(6).
Indrawan, M. I., Nasution, M. D. T. P., Adil, E., & Rossanty, Y. (2016). A Business
Model Canvas: Traditional Restaurant “Melayu” in North Sumatra,
Indonesia. Bus. Manag. Strateg, 7(2), 102-120.
Khoirulloh. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap
Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pembelian sebagai Variabel
Intervening (Studi pada Roti Bakar Breadhouse Sirojudin, Tembalang
Semarang).
Kotler, Philip. (2013). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran Edisi Sembilan Jilid 1.
Jakarta: Indeks.
Lestario, F. (2018). Dampak pertumbuhan bisnis franchise waralaba minimarket
terhadap perkembangan kedai tradisional di Kota Binjai. JUMANT, 7(1), 29-
36.
Lupiyoadi, Rambat. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba
Mesra, B. (2018). Factors That Influencing Households Income And Its Contribution
On Family Income In Hamparan Perak Sub-District, Deli Serdang Regency,
North. Int. J. Civ. Eng. Technol, 9(10), 461-469.
Medan, A., & LUBIS, H. P. Analisis pengaruh tarif dan jenis produk asuransi
terhadap pencapaian target premi di pt asuransi bringin sejahtera.
Ratminto. (2015). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ritonga, H. M., Setiawan, N., El Fikri, M., Pramono, C., Ritonga, M., Hakim, T., ...
& Nasution, M. D. T. P. (2018). Rural Tourism Marketing Strategy And Swot
Analysis: A Case Study Of Bandar PasirMandoge Sub-District In North
Sumatera. International Journal of Civil Engineering and Technology, 9(9).
Ritonga, H. M., Setiawan, N., El Fikri, M., Pramono, C., Ritonga, M., Hakim, T., ...
& Nasution, M. D. T. P. (2018). Rural Tourism Marketing Strategy And Swot
Analysis: A Case Study Of Bandar PasirMandoge Sub-District In North
Sumatera. International Journal of Civil Engineering and Technology, 9(9).
Siti, Dwi. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap
Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Restoran Fast Food Pizza Hut di
Jakarta Selatan).
Situmorang. (2014). Analisis Data untuk Riset Manajemen dan Bisnis. Medan: USU
Press.
Solichin, Ilham. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas
Pelanggan Restoran Quick Chicken Jalan Jawa No. 63 Jember Tahun
2016.
Sompa, Andy, Tendri. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap
Loyalitas Konsumen Makanan Cepat Saji di Kota Palembang (Studi pada
Kentucky Fried Chicken (KFC).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Supranto. (2016). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan
Pangsa Pasar Cetakan Ketiga. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryandari, Retno. (2015). Analisis Pengaruh Citra Supermarket Terhadap
Loyalitas Konsumen pada Matahari Supermarket Singosaren”. Skripsi
Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Sutojo, Siswanto. (2014). Membangun Citra Perusahaan: Building The Corporate
Image. Jakarta :PT. Damar Pustaka.
Sari, I. (2018). Motivasi belajar mahasiswa program studi manajemen dalam
penguasaan keterampilan berbicara (speaking) bahasa
Inggris. JUMANT, 9(1), 41-52.
Sanny, A., & Yanti, E. D. Du Pont Analysis Integrative Approach to Ratio Analysis
at PT. Federal International Finance.
Tjandra, Olivia. (2016). Analisa Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas
Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Perantara di
Restoran Boncafe Surabaya.
Tjiptono, Fandy. (2014). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi
Utami, Christina, Whidya. (2014). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi
Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat
Widyaratna, Theresia. (2013). Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen
Terhadap Tingkat Penjualan di Warung Bu Kris (Studi Kasus pada Ayam
Penyet sebagai Menu Unggulan Warung Bu Kris). Jurnal Manajemen dan
Kewirausahaan, Vol. 3, No. 2.
Wakhyuni, E. (2018). Kemampuan masyarakat dan budaya asing dalam
mempertahankan budaya lokal di kecamatan datuk bandar. Jurnal Abdi
Ilmu, 11(1), 25-31.
Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational Commitment,
and Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas
Pembangunan Panca Budi.