Analisis Brand Image Dan Identitas Visual Terhadap Keputusan Kuliah Di Fakultas Sosial Sains Universitas Pembangunan Panca Budi Medan (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen Tahun Ajaran 2017)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dengan judul analisis brand image dan identitas visual terhadap keputusan kuliah di Fakultas Sosial Sains Universitas Pembangunan Panca Budi Medan (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen Tahun Ajaran 2017). Masalah dalam penelitian ini adalah menurunnya jumlah mahasiswa dari tahun 2016 sampai 2017. Akreditasi Program Studi Manajemen Fakultas Sosial Sains Universitas Pembangunan Panca Budi belum mencapai Akreditasi “A”, sehingga mempengaruhi jumlah mahasiswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi UNPAB. Belum sepenuhnya keseriusan mahasiswa terhadap identitas visual di UNPAB. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh brand image dan identitas visual secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap keputusan kuliah pada mahasiswa program Studi Manajemen Fakultas Sosial Sains di UNPAB. Data diperoleh dari penyebaran angket/kuesioner pada 91 orang/mahasiswa sebagai sampel responden. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel keputusan kuliah (Y) sebagai variabel terikat, dan variabel brand image (X1) dan variabel identitas visual (X2) sebagai variabel bebas. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil Regresi Linier berganda yaitu Y = 3,175 + 0,512 X1 + 0,322 X2. Kesimpulan di dalam penelitian ini yaitu brand image dan identitas visual secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan kuliah pada mahasiswa program Studi Manajemen Fakultas Sosial Sains di UNPAB. Secara simultan brand image dan identitas visual secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan kuliah pada mahasiswa program Studi Manajemen Fakultas Sosial Sains di UNPAB. Hasil determinasi menunjukkan angka adjusted R Square 0,689 yang dapat disebut koefisien determinasi sebesar 68,9%, yang dalam hal ini berarti 68,9% keputusan kuliah dapat diperoleh dan dijelaskan oleh brand image dan identitas visual. Sedangkan sisanya 100% - 68,9% = 31,1% dijelaskan oleh faktor lain atau variabel diluar model, seperti, fasilitas, harga, lokasi dan lain-lain.
Kata Kunci : Brand Image, Identitas Visual dan Keputusan Kuliah
Downloads
References
Buku:
Abdullah, T. dan Tantri, F. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta.
Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Bastian, D. A. (2014). Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Vol. 2, No. 1, H. 1-9.
Buchori, H. A. dan Djaslim, S. (2010). Manajemen Pemasaran. Bandung: Nusa Indah Pustaka.
Wie, H. C. dan Chung, C. C. (2011). Keputusan Konsumen Modern. Jakarta: Erlangga.
Danang, S. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Buku Sekutu. Daryanto. (2011). Manajemen Pemasara. Semarang: Abadi Jaya Pustaka.
Dharmesta, B. S. dan Irawan. (2011). Bauran Pemasaran. Bandung: CV. Alfabeta.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi Ke-8. Cetakan Ke-VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi Ke-13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. (2011). Keputusan Pembelian/Decision Making. Edisi Ke-9. Bogor: Pratama Indonesia.
Kotler, P. (2014). Brand Image. Surabaya: Cemerlang Indah.
Kotler, P. dan Armstrong, G. (2014). Principle Of Marketing. 15th Edition . New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Kotler, P. dan Keller, K. L. (2013). Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Kusmiati, A. R. (2010). Identity Of Visual. Bandung: Global Cebu Pustaka. Levy, M. dan Weitz, B. A. (2012). Brand Image. Jakarta: Bumi Pustaka.
Lunenburg, F. C. (2010). The Decision Making Process. National Forum Of Educational Administration And Supervision Journal, 27, Page: 4.
96
97
Manullang, M. dan Pakpahan, M. (2014). Metodologi Penelitian, Proses Penelitian Praktis. Bandung: Citapustaka Media.
Mauludin, H. (2010). Kualitas Pelayanan Terhadap Konsumen. Yogyakarta: Erlangga.
Moenir, A. S. (2010). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Mullins, J. W. dan Walker Jr., O. C. (2013). Manajemen Pemasaran. Bogor: Ammar Pustaka Indonesia.
Munawir. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.
Notoatmodjo. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Pakpahan, M. (2016). Manajemen Pemasaran, Dalam Kompetisi Global. Medan: CV. Waty Grafika.
Rusiadi, Subiantoro, Nur. dan Rahmad, H. (2014). Metode Penelitian Manajemen, Akuntansi Dan Ekonomi Pembangunan, Konsep, Kasus Dan Aplikasi Spss, Eviews, Amos Dan Lisrel. Cetakan Pertama. Medan: Usu Press.
Rustan, S. (2009). Identitas Visual. Jakarta: Garuda Merah Putih Pustaka. Sanusi, A. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Schultz, M., Hatch, M. J. dan Larsen, M. H. (2010). The Expressive Organization : Linking Identity, Reputation And The Corporate Brand. Oxford: Oxford University Press.
Septia, E. (2009). Keputusan Konsumen. Mataram: Nusa Indah Pustaka. Setiadi, N. J. (2010). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sulastiyono. (2011). Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: Alfabeta.
Shimp, T. A. (2014). Manajemen Pemasaran. Surabaya: Jaya Kencana Pustaka.
Tjiptono, F. (2011). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Shimp, T. A. (2014). Pemasaran Jasa-Prinsip Penerapan Dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Shimp, T. A. (2015). Brand Manajemen Dan Strategy. Yogyakarta: Indonesia Abadi Pustaka.
98
JURNAL:
Abubakar, A. N. dan Siregar. (2010). Kualitas Pelayanan Penyuluhan Dan Kepuasan Petani Dalam Penanganan Dan Pengelolahan Hasil Ubi Jalar (Ipomoea Batatas L.). Jurnal Penyuluhan Pertanian 5(1).
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent the Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59
Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. JUMANT, 11(1), 189
Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai UNPAB. JEpa, 4(2), 119
Andini. (2010). Analisis Pengaruh Persepsi Terhadap Keputusan Orang Tua Murid Memilih Jasa Pendidikan Di SDIT Bina Insani Semarang. Tidak Dipublikasikan. Skripsi. Semarang: SDIT Bina Insani.
Aspan, H., Fadlan, dan E.A. Chikita. (2019). “Perjanjian Pengangkutan Barang Loose Cargo Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat”. Jurnal Soumatera Law Review, Volume 2 No. 2, pp. 322-334.
Daulay, M. T. (2019). Effect of Diversification of Business and Economic Value on Poverty in Batubara Regency. KnE Social Sciences, 388-401.
Dwijayanti, G. N. R. (2015). Pengaruh Brand Image Dan Biaya Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Widyatama Bandung. SKRIPSI. Bandung: Universitas Widyatama Bandung.
Febrina, A. (2019). Motif Orang Tua Mengunggah Foto Anak Di Instagram (Studi Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek). Jurnal Abdi Ilmu, 12(1), 55-65.
Halim, P., Swasto, B., Hamid, D. dan Firdaus, M. R. (2014). The Influence Of Product Quality, Brand Image And Quality Of Service To Customer Trust And Implication On Customer Loyalty (Survey On customer Brand Sharp Electronics Product At The South Kalimantan Province). European Journal Of Business and Management Vol. 6, No. 29.
Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. JEpa, 3(2), 133-149.
Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., ... & Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and Performance Model based on Indonesia Science and Technology Index. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP Publishing.
99
Lubis, R. Z. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Citra Merek Pada Poliklinik RS. Haji Medan. SKRIPSI. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.
Munawir. (2014). Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorse Terhadap Brand Image Produk Kartu IM3 PT. INDOSAT TBK. Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Hasanuddin. SKRIPSI. Malang: Universitas Hasanuddin Makassar
Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of halal label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail Management Research, 12(2).
Pramono, C. (2018). Analisis Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.
Putri, K. P. (2011). Analisis Pengaruh Brand Image, Biaya Pendidikan Dan Fasilitas Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Melanjutkan Studi Pada Diploma III Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang. SKRIPSI. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang.
Rachman, S. H. (2016). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Iphone Pada Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin Makassar. SKRIPSI. Makassar: Universitas Hasanuddin Makassar.
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.
Rosita. (2009). Pengaruh Kondisi Sosial Dan Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Siswa Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi. Skripsi. UPI: Tidak Diterbitkan.
Sari, M. M. (2019). Faktor-Faktor Profitabilitas Di Sektor Perusahaan Industri Manufaktur Indonesia (Studi Kasus: Sub Sektor Rokok). Jumant, 11(2), 61-68.
Siregar, N. (2018). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. JUMANT, 8(2), 87-96.
Sulistyari, I. N. (2012). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Oriflame (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomika Dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Diponegoro Semarang).
100
Tjiptono, F. dan Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: ANDI. Yahidin, S., Syamsuriadi dan Rini, Y. E. (2008). Aplikasi Pengambilan Keputusan Pada Perencanaan Produksi Berdasarkan Teorema Bayes. Media Informatika. Vol. 6, No. 1, H. 25-38.
Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational Commitment, and Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas Pembangunan Panca Budi.