Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Menabung Di PT. Bank Aceh Syariah Cabang S. Parman Medan
Abstract
ABSTRAK
PT. Bank Aceh Syariah merupakan salah satu badan usaha milik daerah yang bergerak dalam pengelolaan bank yang sehat dan pada jalur yang benar, perbaikan perekonomian rakyat dan pembangunan daerah dengan melakukan usaha-usaha bank umum yang mengutamakan optimalisasi penyediaan kredit, pembiayaan serta pelayanan perbankan bagi kelancaran dan kemajuan pembangunan di daerah. Permasalahan yang mendasari penelitian ini apakah faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis berpengaruh terhadap pengambilan keputusan untuk menabung di PT. Bank Aceh Syariah Cabang S. Parman Medan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner dengan membagikan daftar pertanyaan kepada responden sebanyak 91 responden melalui program Statitical Product Service Solution (SPSS) Versi 19.00, penelitian observasi yang dilakukan secara langsung ke lapangan untuk dijadikan objek penelitian. Dari hasil uji F atau secara serempak/simultan faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis berpengaruh terhadap pengambilan keputusan untuk menabung. Hasil uji ”t” parsial faktor budaya dan faktor sosial berpengaruh negatif terhadap pengambilan keputusan untuk menabung, sedangkan variabel faktor pribadi dan faktor psikologis berpengaruh positif terhadap pengambilan keputusan. Hasil Uji Determinasi bahwa besarnya adjusted R square sebesar 0,994 hal ini berarti 99.4% variasi Pengambilan Keputusan yang bisa dijelaskan dengan variabel independen variabel Faktor budaya, Faktor sosial, Faktor pribadi dan Faktor psikologis (100% - 99,4% = 6%) sedangkan sisanya (6%) dapat dijelaskan dengan variabel independen lainnya.
Kata Kunci: Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi Dan Faktor Psikologis, Pengambilan Keputusan
Downloads
References
BUKU :
Arikunto, S. (2012). Statiska Untuk Penelitian. Bandung, Indonesia: Alfabeta.
Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (2014). Perilaku Konsumen (6th ed.). Solo, Indonesia: Binarupa Aksara.
Freud, S. (2010). Pengantar Umum Psikoanalis. Indonesia: Magnum Opus.
Hurriyati, R. (2010). Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen. Bandung, Indonesia: Alfabeta.
Kasiram. (2011). Metodologi Penelitian. UIN Malang Pers. Malang: Universitas IslamNegeri.
Kussudyarsana, H., & Dharmmesta, B. S. (2011). Azas Azas Marketing. Yogyakarta, Indonesia: Liberty.
Loudon, D. L., & Della Bitta, A. J. (2014). Perilaku Konsumen Konsep Dan Aplikasi (4th ed.). Jakarta, Indonesia: McGraw-Hill Irwin.
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2010). Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran (9th ed.). Jakarta, Indonesia: Erlangga.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2010). Consumer Behavior (10th ed.). New Jersey: Pearson Education.
Simon, H. A. (2010). Manajemen Pemasaran (Bahasa Indonesia ed.). Jakarta, Indonesia: Pearson Education Asis Pte. Ltd & PT. Prenhallindo.
Simamora, B. (2010). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta, Indonesia: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Bandung, Jakarta: Alfabeta.
Soetojo, S. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran (7th ed.). Jakarta, Indonesia: Erlangga. Solomon, M. R. (2010). Consumer Behavior, Buying, Having and Being (6th ed.). New Jersey: Pearson.
Suryabrata, S. (2011). Metode Penelitian. Jakarta, Indonesia: PT Raja Grafindo Persada.
77
78
JURNAL :
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent the Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59
Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. JUMANT, 11(1), 189-206.
Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai UNPAB. JEpa, 4(2), 119-132.
Aspan, H., Fadlan, dan E.A. Chikita. (2019). “Perjanjian Pengangkutan Barang Loose Cargo Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat”. Jurnal Soumatera Law Review, Volume 2 No. 2, pp. 322-334.
Daulay, M. T. (2019). Effect of Diversification of Business and Economic Value on Poverty in Batubara Regency. KnE Social Sciences, 388-401.
Fauzi, M. (2008). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Terhadap Bank Perkreditan Rakyat Bali Maju jaya Mandiri Tulangan Sidoarjo . Program Studi Manajemen, Sekolah Pasca Sarjana. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Febrina, A. (2019). Motif Orang Tua Mengunggah Foto Anak Di Instagram (Studi Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek). Jurnal Abdi Ilmu, 12(1), 55-
Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. JEpa, 3(2), 133-149.
Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., ... & Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and Performance Model based on Indonesia Science and Technology Index. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP Publishing.
Irawan. (2008). Analisis Faktor- Faktor Minat Nasabah Menabung Dalam Memutuskan Memilih Sistem Bagi Hasil Produk Funding Bank Syariah Mandiri Cabang Malang . Program Studi Manajemen, Sekolah Pasca Sarjana. Medan: Universitas Sumatera Utara
Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.
Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of halal label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail Management Research, 12(2).
Pramono, C. (2018). Analisis Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.
79
Pulungan, A. (2009). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Untuk Menggunakan Produk Jasa PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk Cabang Syariah Medan. Program Studi Manajemen, Sekolah Pasca Sarjana. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.
Samuel, H. (2007). Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Perilaku Konsumen (Studi Pada Pembelian Rumah Di Perumahan Griya Utama Banjardowo Semarang). Program Studi Manajemen, Sekolah Pasca Sarjana. Semarang: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Manggala.
Sari, M. M. (2019). Faktor-Faktor Profitabilitas Di Sektor Perusahaan Industri Manufaktur Indonesia (Studi Kasus: Sub Sektor Rokok). Jumant, 11(2), 61-68.
Siregar, N. (2018). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. JUMANT, 8(2), 87-96.
Wahab, A. (2012). Pengaruh Psikologis Dan Rasionalis Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Pada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Al Hijrah Koperasi Agro Niaga (KAN) Jabung Malang. Program Studi Manajemen, Sekolah Pasca Sarjana. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational Commitment, and Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas Pembangunan Panca Budi.