Pengaruh Rasio Nilai Pasar Terhadap Return Saham Perusahaan Properti Go Public Di Indonesia Periode 2014 – 2017
Abstract
ABSTRAK
Analisis penelitian untuk melihat faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi return saham dari rasio nilai pasar yang terdiri dari Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER), Book Value Per Share (BVPS), Price to Book Value (PTBV), Dividen Yield (DY), Dividen Payout Ratio (DPR) dan Dividen Per Share (DPS perusahaan Properti Go Public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, baik secara parsial dan simultan. Data dari penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan perusahaan Properti Go Public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 10 perusahaan Properti Go Public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan data dari tahun 2014 – 2017. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dengan media berupa laporan keuangan perusahaan Properti Go Public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang telah diaudit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 7 faktor ternyata hanya 3 yang mempengaruhi return saham dari rasio nilai pasar pada perusahaan Properti Go Public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yaitu Earning Per Share (EPS), Price to Book Value (PTBV) dan Dividen Payout Ratio (DPR). Earning Per Share (EPS), Price to Book Value (PTBV) dan Dividen Payout Ratio (DPR) secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap return saham perusahaan Properti Go Public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Kata Kunci : Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER), Book Value Per Share (BVPS), Price to Book Value (PTBV), Dividen Yield (DY), Dividen Payout Ratio (DPR), Dividen Per Share (DPS) dan Return Saham
Downloads
References
BUKU :
Agus, Sartono. (2010). Manajemen Keuangan (Teori dan Aplikasi), Edisi Keempat, Yogyakarta : Penerbit BPFE, UGM.
Aprilina, Niken Respati. (2015). Analisis Pengaruh Rasio Aktivitas, Raso Pasar dan Rasio Profitabilitas Pada Return Saham Syariah (Studi pada perusahaan yang delisting di Jakarta Islamic index periode 2011-2014).
Asril. (2013). Pasar Modal (Penawaran Umum dan Permasalahannya), Citra Aditya Bakti, Bandung.
Brigham, F. Eugene dan Houston, Joel. (2010). Dasar – Dasar Manajemen Keuangan: Assetials Of Financial Management. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Fahmi, Irham. (2017), Pengantar Manajemen Keuangan, Teori dan Soal Jawab. Penerbit Alfabeta: Bandung.
Fahmi, Irham. (2015). Manajemen Investasi, Teori dan Soal Jawab. Edisi 2. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Faizin. (2016). Pengaruh Rasio Profitabilitas Dan Rasio Pasar Terhadap Return Saham (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Food and Baverage Periode 2003-2012).
Gill, James O. 2011. Dasar-dasar Analisis Keuangan. Jakarta:PPM Halim, (2012). Manajemen Keuangan Bisnis. Bogor: Ghalia Indonesia.
Husnan, Suad. (2013). Dasar-dasar Teori Portofolio.1993.Yogyakarta:UPP- AMPYKPN.
Jumingan. (2010). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT Bumi Aksara. Jogiyanto, (2014). Teori Portofolio dan Analisis Investasi, BPFE, Yogyakarta.
Lubis, Ade, Fatwa. (2013). Pasar Modal, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.
Lukas, (2011). Manajemen Keuangan. Edisi 3. Yogyakarta: ANDI.
Mahardika, I Nyoman Febri. (2017). Pengaruh Rasio Pasar Dan Rasio Profitabilitas Terhadap Return Saham Perusahaan Di Bursa Efek Indonesia.
Munawir. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta : Liberty.
Riyanto, (2012). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi Empat, BPFE, Yogyakarta.
Rusydina, Arifah. (2017). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Return Saham.
Septiana, Farda Eka. (2016). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur.
Sondakh, Jullie. (2014). Pengaruh Rasio Keuangan Atas Return Saham Pada Perusahaan Industri Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Tampubolon, Manahan. (2012). Manajemen Keuangan (Finance Management) konseptual, Problem dan Studi Kasus. Bogor : Ghalia Indonesia.
Wati, Ni Ketut Pebri Herlina. (2015). Rasio Pasar Dan Harga Saham Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2013.
Wijaya, David. (2008). Pengaruh Rasio Modal Saham Terhadap Return Saham Perusahaan-Perusahaan Telekomunikasi Go Public di Indonesia Periode 2007.
JURNAL :
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent the Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59
Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. JUMANT, 11(1), 189-206.
Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai UNPAB. JEpa, 4(2), 119-132.
Aspan, H., Fadlan, dan E.A. Chikita. (2019). “Perjanjian Pengangkutan Barang Loose Cargo Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat”. Jurnal Soumatera Law Review, Volume 2 No. 2, pp. 322-334.
Daulay, M. T. (2019). Effect of Diversification of Business and Economic Value on Poverty in Batubara Regency. KnE Social Sciences, 388-401.
Febrina, A. (2019). Motif Orang Tua Mengunggah Foto Anak Di Instagram (Studi Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek). Jurnal Abdi Ilmu, 12(1), 5565.
Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. JEpa, 3(2), 133-149.
Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., ... & Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and Performance Model based on Indonesia Science and Technology Index. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP Publishing.
Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.
Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of halal label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail Management Research, 12(2).
Pramono, C. (2018). Analisis Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.
Sari, M. M. (2019). Faktor-Faktor Profitabilitas Di Sektor Perusahaan Industri Manufaktur Indonesia (Studi Kasus: Sub Sektor Rokok). Jumant, 11(2), 61-68.
Siregar, N. (2018). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. JUMANT, 8(2), 87-96.
Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational Commitment, and Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas Pembangunan Panca Budi.