Pengaruh Produk Tabungan, Periklanan Dan Pelayanan, Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank BNI Syariah Kantor Canbang Adam Malik Medan

  • Yampi Andani

Abstract

ABSTRAK Bank yang mampu bersaing adalah bank yang dapat menyediakan produk atau jasa yang berkualitas dan memenuhi harapan dari nasabahnya. Sehingga bank dituntut untuk terus menanamkan kepuasan kepada nasabah dan selalu memperhatikan produk tabungan, periklanan, dan pelayanan agar mampu bersaing dengan Bank lainnya. Berdasarkan fenomena terdapat masalah di PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Adam Malik Medan masih kurangnya pemahaman produk yang tidak diketahui oleh nasabah secara keseluruhan dapat meningkatkan keluhan baik dari nasabah baru maupun nasabah lama, masih kurang nya promosi periklanan yang menginformasikan produk sehingga konsumen tidak mengetahui produk bank yang ditawarkan, serta pelayanan yang kurang respontif sehingga para nasabah merasa kurang puas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengetahui pengaruh produk tabungan, periklanan, pelayanan secara parsial terhadap kepuasan nasabah pada PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Adam Malik Medan serta melihat dan mengetahui produk tabungan, periklanan dan pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif secara kausal. Populasi pada penelitian ini melalui penyebaran seluruh nasabah PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Adam Malik Medan sebanyak 14.000 nasabah.Penarikan sampel menggunakan accidental sampling diperoleh sampel sebanyak 99 responden. Teknik pengumpulan pada penelitian ini adalah kuisioner dan wawancara. Dari hasil penelitian bahwa produk tabungan, periklanan, pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pada PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Adam Malik Medan , serta produk tabungan, periklanan dan pelayanan secara serempak (simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pada PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Adam Malik Medan . Kata Kunci: Produk Tabungan,Periklanan, Pelayanan dan Kepuasan Nasabah

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
SUMBER BUKU:
Kotler, Keller. (2011). Marketing Management edisi 13. Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Line Keller. (2008). Manajemen Pemasaran Jilid 1 dan 2. Jakarta:
Erlangga.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran Terj. Bob Sabran.
Jakarta : Erlangga
Kotler, Keller. (2012). Marketing Management, 14th, Person Education
Manullang, Marihot. (2014). Metodologi Penelitian. Cetakan Pertama. Bandung : Cita
Pustaka Media.
Pakpahan, Manuntun. (2013). Metodologi Penelitian Panduan Praktis Untuk Bisnis &
Ekonomi. Medan : Pakpahan Press.
Pakpahan, Mantuntun (2016). Riset Pemasaran (Marketing Research). Medan : Pakpahan Press.
Rusiadi et al. (2013). Metode Penelitian Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Pembangunan.
Medan : USU Press
Kirom , Bahrum (2017) Mengukur Kinerja Pelayanan dan Kepuasan Konsumen Pustaka
Reka Cipta
Daryanto. (2011) . Sari Kuliah Manajemen Pemasaran cetakan Satu Nusa
Suryani. (2012). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Graha Ilmu
Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : C.V Andi Offset.
Assauri, Sofjan. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers
SUMBER JURNAL:
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent the
Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic Collaboration
Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59.
Andika, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Berwirausaha dan Kepribadian Terhadap
Pengembangan Karir Individu Pada Member PT. Ifaria Gemilang (IFA) Depot Sumatera
Jaya Medan. JUMANT, 8(2), 103-110.
Asih, S. (2018). Pengaruh kontribusi pajak daerah, pendapatan asli daerah, retribusi daerah dan
bagi hasil pajak terhadap belanja daerah dengan pertumbuhan ekonomi sebagai variabel
moderating pemerintah Kabupaten Dan Kota. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(1),
177-191.
Aspan, H., I. M. Sipayung, A. P. Muharrami, and H. M. Ritonga. (2017). “The Effect of Halal
Label, Halal Awarness, Product Price, and Brand Image to the Purchasing Decision on
Cosmetic Products (Case Study on Consumers of Sari Ayu Martha Tilaar in Binjai
City)”. International Journal of Global Sustainability, ISSN 1937-7924, Vol. 1, No. 1,
pp. 55-66.
Citra, G., & Pramono, C. Analysis of Factors Affecting Earning Management in Banking
Companies Listed on BEI.
Daulay, M. T. Model pengendalian kemiskinan dengan pendekatan diversifikasi usaha,
sustainable development goalds (sdgs) dan economic value (studi pada daerah pemekaran
di Sumatera Utara). Quantitative Economics Journal, 6(3).
Edy Kusnadi Hamdun. (2016). Pengaruh produk, harga dan promosi, terhadap kepuasan
konsumen pada toko roti fatimah bakery di situbondo. Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Universitas Abdurachman Saleh Situbondo.
Gusti Ayu, Putu Kusuma Dewi. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan
Dan Loyalitas Nasabah PT.BPR Hoki di Kabupaten Tabanan. E- Jurnal Ekonomi dan
Bisnis Universitas Udayana.
Febrina, A. (2019). Motif orang tua mengunggah foto anak di instagram (Studi Fenomenologi
Terhadap Orang Tua di Jabodetabek). Jurnal Abdi Ilmu, 12(1), 55-65.
Fitri Madona. (2017). Pengaruh kulitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada
PT.Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang 16 Ilir Palembang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Islam UIN Raden Fatah Palembang.
Harahap, R. (2018). Pengaruh Kualitas produk Terhadap Kepuasan Pelanggan di Restoran
Cepat saji Kfc Cabang Asia Mega Mas Medan. JUMANT, 7(1), 77-84.
Hasibuan, H. A., Purba, R. B., & Siahaan, A. P. U. (2016). Productivity assessment
(performance, motivation, and job training) using profile matching. SSRG Int. J. Econ.
andManagement Stud, 3(6).
Hidayat, R. (2018). kemampuan panel auto regressiv distributed lag dalam memprediksi
fluktuasi saham property and real estate Indonesia. JEpa, 3(2), 133-149.
Indrawan, M. I., Nasution, M. D. T. P., Adil, E., & Rossanty, Y. (2016). A Business Model
Canvas: Traditional Restaurant “Melayu” in North Sumatra, Indonesia. Bus. Manag.
Strateg, 7(2), 102-120.
Kholik, K. (2017). The effect of occupational safety and health on work productivity of
employees and its impact on employee performance at PT. Alfo Citra Abadi Medan.
Lestario, F. (2018). Dampak pertumbuhan bisnis franchise waralaba minimarket terhadap
perkembangan kedai tradisional di Kota Binjai. JUMANT, 7(1), 29-36.
Medan, A., & LUBIS, H. P. Analisis pengaruh tarif dan jenis produk asuransi terhadap
pencapaian target premi di pt asuransi bringin sejahtera.
Mesra, B. (2018). Factors That Influencing Households Income And Its Contribution On Family
Income In Hamparan Perak Sub-District, Deli Serdang Regency, North. Int. J. Civ. Eng.
Technol, 9(10), 461-469.
Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of halal label
and purchase behaviour. Journal of Business and Retail Management Research, 12(2).
Sudartik. (2009). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Periklanan Terhadap Keputusan Nasabah
Dalam Menabung Pada PT.BPR Semarang Margatama Gunadana. Jurnal Ekonomi dan
Bisnis Universitas Negeri Semarang.
Muntiyas Syilvani. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah Bank
BNI Syariah Cabang Kusumanegara Yogyakarta. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Pricilla Natalia, Mumuh Mulyana. (2014). Pengaruh Periklanan dan Promosi Penjualan
Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomin dan Bisnis Sekolah Tinggi Ilmu
Ekonomi Kesatuan Bogor.
Fadma Yulianti. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah
Tabungan Pada Bank Panin TBK Kcp A. Yani Banjarmasin. Jurnal Sekolah Tinggi
Ilmu Ekonomi Indonesia.
Januar Efendi Panjaitan. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan
Pelanggan pada JNE Cabang Bandung. Jurnal Fakultas Komunikasi dan Bisnis
Universitas Telkom.
Published
2021-06-24