Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Kartu Kredit Pada PT. Bank Central Asia Tbk. Kantor Cabang Pembantu Gagak Hitam Medan
Abstract
ABSTRAK
BCA atau Bank Central Asia adalah salah satu Bank penyedia kartu kredit terbesar di Indonesia. Permasalahan yang mendasari penelitian ini apakah secara simultan dan parsial Promotion, Price, Product, Place serta Pelayanan pelanggan (customer service) berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam memilih kartu kredit pada PT. Bank Central Asia Tbk. Kantor Cabang Pembantu Gagak Hitam Medan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner dengan membagikan daftar pertanyaan kepada responden sebanyak 50 responden, Berdasarkan hasil pengolahan SPSS Ver. 19.00 menunjukkan nilai Fhitung sebesar 401.060 dengan tingkat signifikan 0,00. Karena Fhitung 401.060 > Ftabel 2.43 dan probabilitas signifikan jauh lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,00 < 0,05, maka model regresi dapat dikatakan bahwa Promotion, Price, Product, Place, dan Pelayanan Pelanggan (Customer Service) secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Nasabah. Hasil penelitian menunjukan bahwa Variabel Promotion nilai thitung 3.504 > ttabel 1.680 dengan signifikan 0.000 < 0,050, artinya secara parsial variabel Promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Nasabah, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis 1 di terima. Variabel Price nilai thitung 6.181 > ttabel 1.680 dengan signifikan 0,000 < 0,050, artinya secara parsial variabel Price berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Nasabah, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis 1 di terima. Variabel Product nilai thitung 4.923 > ttabel 1.680 dengan signifikan 0.000 < 0,050, artinya secara parsial variabel Product berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Nasabah, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis 1 di terima. Variabel Place nilai thitung 2.951 > ttabel 1.680 dengan signifikan 0,004 < 0,050, artinya secara parsial variabel Place berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Nasabah, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis 1 di terima. Variabel Pelayanan Pelanggan (Customer Service) nilai thitung 5.429 > ttabel 1.680 dengan signifikan 0,000 < 0,050, artinya secara parsial variabel Pelayanan Pelanggan (Customer Service) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Nasabah, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis 1 di terima. Berdasarkan besarnya adjusted R square sebesar 0.803 hal ini berarti 80.3% variasi Keputusan Nasabah yang bisa dijelaskan dengan variabel independen Promotion, Price, Product, Place, dan Pelayanan Pelanggan (Customer Service) sedangkan sisanya (100% - 80.3% = 19.7%) dapat dijelaskan dengan variabel independen lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Promotion, Price, Product, Place, Pelayanan Pelanggan (Customer Service) dan Keputusan Nasabah
Downloads
References
Ahmad, R. (2019). Pengaruh Karakteristik Pekerjaan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Mitra Niaga Sejati Jaya-Langkat. Jumant, 11(2), 137-146.
Ananda, G. C. (2019). Pengaruh Penilaian Prestasi Kerja Terhadap Promosi Pegawai Pada Perguruan Panca Budi Medan. Jurnal Abdi Ilmu, 12(1), 102-113.
Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. JUMANT, 11(1), 189-206.
Andika, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Berwirausaha dan Kepribadian Terhadap Pengembangan Karir Individu Pada Member PT. Ifaria Gemilang (IFA) Depot Sumatera Jaya Medan. JUMANT, 8(2), 103-110.
Aspan, H. (2017). “Good Corporate Governance Principles in the Management of Limited Liability Company. International Journal of Law Reconstruction, Volume 1 No. 1, pp. 87-100.
Atmosudirjo (2010), Dasar-Dasar llmu Administrasi. GhaliaIndonesia, Jakarta
Benyamin Molan (2012), Manajemen pemasaran jilid dua edisi millennium .Terjemahan oleh Hendra Teguh, Ronny, dari Marketing Management.10th ed.(2000),Jakarta.: Penhallindo
Bob Sabran (2012), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung.
Daulay, M. T., & Sanny, A. (2019). Analysis of Structural Equation Modeling Towards Productivity and Welfare of Farmer's Household in Sub-District Selesai of Langkat Regency. International Journal of Research and Review, 117-123.
Daulay, M.T., Setiawan, A., Rini, E. S., & Sadalia, I (2019). Analysis of Murabahah Financing Marketing Strategy at PT BPRS Amanah Insan Cita, Medan, North Sumatra, Indonesia. International Journal of Science and Business, 64-73.
Daulay, M.T., Vanesa, Y. Y., Matondang, R., Sadalia, I. (2019). The Influence Of Organizational Culture, Work Environment And Work Motivation On Employee Discipline In PT Jasa Marga (Persero) TBK, Medan Branch, North Sumatra, Indonesia. American International Journal of Business Management (AIJBM), 37-45.
Daulay, M.T.,Kesuma, M. A., Lubis, S., & Iskandarini (2019). The Influence Of Organizational Restructuring On Employee Performance In The Housing And Residential Areas, North Sumatra Province, Indonesia. American International Journal of Business Management (AIJBM), 32-36.
Daulay, M. T., Elfindri, Sjafrizal, & Sofyardi. (2018). An Empirical Investigation of Business Diversification and Economic Value on Poverty in Batubara Regency, North Sumatera, Indonesia. International Journal of Civil Engineering and Technology (IJCIET), 841-859.
Daulay, M. T., Sanny, A., Rini, E. S., & Sadalia, I. (2018). FACTORS THAT INFLUENCING THE SATISFACTION AND LOYALTY OF SILKAIR INTERNATIONAL FLIGHT SERVICE PASSENGERS AT KUALANAMU AIRPORT, DELI SERDANG, INDONESIA. International Journal of Civil Engineering and Technology (IJCIET) , 1-10.
Daulay, M. T. (2017). MODEL PENGENDALIAN KEMISKINAN DENGAN PENDEKATAN DIVERSIFIKASI USAHA, SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALDS (SDGS) DAN ECONOMIC VALUE (STUDI PADA DAERAH PEMEKARAN DI SUMATERA UTARA). QE Journal, 203-221.
Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. JEpa, 3(2), 133-149.
Hidayat, R. Rusiadi, dan M. Isa Indrawan. 2014.Teknik Proyeksi Bisnis.USU.Press
Hidayat, R., & Subiantoro, N. Rusiadi.2013. Metode Penelitian.USU Press.
Indrawan, M. I., & SE, M. (2015). Pengaruh Promosi Jabatan dan Mutasi terhadap Prestasi Kerja Pegawai PT. Bank Mandiri (Persero) Cabang Ahmad Yani Medan. Jurnal ilmiah INTEGRITAS, 1(3).
Indrawan, M. I. (2019). Pengaruh Etika Kerja, Pengalaman Kerja Dan Budaya Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Kecamatan Binjai Selatan. Jurnal Abdi Ilmu, 10(2), 1851-1857
Jhon w. Mullins & Orville C. Walker, (2013), Marketing Management: A Strategic Decision-Making Approach, 8th Edition, McGraw-Hill International Edition.
Kotler dan Armstrong (2014), Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler dan Keller (2012), Manajemen Pemasaran, Analisa perencanaan, Implementasi dan control, Edisi Kesembilan, Jilid 1 dan jilid 2, Jakarta, Prehalindo, alih bahasa oleh Hendra Teguh S.E.,A.K., dan Ronny A. Rusli, S.E.
Kotler dan Armstrong (2014), Principle of Marketing. 15th edition, New Jersey: Prentice-Hall Published.
Kotler dan Armstrong (2014), Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Kotler dan Keller (2012), Customer Loyalty: How To Learn It, How To Keep It. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler dan Armstrong (2014), Costumer Relationship Management and Marketing Public Relation. Bandung: Alfabeta.
Djaslim Saladin dan Herry Achmad Buchory (2010), Panduan Riset Dan Perilaku Konsumen, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Dharmamesta (2010), Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: PBFE Universitas Gadjah Mada.
Harahap, R. (2018). Analisa Kepuasan Kerja Karyawan Di Cv. Rezeki Medan. Jumant, 8(2), 97-102.
Hasan (2013), Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Ghalia Indonesia, Bogor,
Hasibuan, H. A., Purba, R. B., & Siahaan, A. P. U. (2016). Productivity assessment (performance, motivation, and job training) using profile matching. SSRG Int. J. Econ. andManagement Stud, 3(6).
Kotler (2011), Marketing Management: Analysis, Planning, and Control. 4th Ed. London: Prentice-Hall, Inc.
Kasmir (2011), Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya Edisi Keenam, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.
Martono (2010), Manajemen Keuangan. Edisi Kedua, Cetakan Pertama, Penerbit EKONISIA, Yogyakarta,
Nazir (2010), Metode Penelitian, Jakarta; Ghalia Indonesia.
Philip Kotler (2015), Manajemen Pemasaran: Edisi 12, Jilid-2. PT Indeks, Jakarta.
Peter-Olson (2013), Consumer Behavior, Perilakukonsumen dan Strategi Pemasaran.Jilid kedua, Edisi Keempat. Terjemahan Damos Sihombing dan Peter Remy Yossi Pasla. Jakarta: Erlangga
Pertiwi dan Ritonga (2012), Intisari Kuliah Manajemen Pemasaran, PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera Bandung.
Pramono, C. (2018). Analisis Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.
Pratama, S. (2019). Analisa Pengaruh Sumberdaya Manusia, Prasarana Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Studi Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Jumant, 11(1), 235-250.
Pratama, S. (2019). Effect of Organizational Communication and Job Satisfaction on Employee Achievement at Central Bureau of Statistics (BPS) Binjai City.
Rambat Lupiyoadi (2013), Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.
Ratih Hurriyati (2015), Strategi Menaklukan Pasar, Jakarta, Gramedia Pustaka Umum.
Rizky, M. C., & Ardian, N. (2019). Enhance Employee Performance For Increase Work Motivation On Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Journal Homepage: Http://Ijmr. Net. In, 7(08).
Salusu (2010), Panduan Riset dan Perilaku Konsumen, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka.
Setiawan, A. & Pratama, S.(2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Komunikasi Efektif Dan Pengambilan Keputusan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Cv. Bintang Anugerah Sejahtera. Jumant, 11(1), 19-34.
Sumarwan (2010), Metode Penelitian Sosial: Bergabai Alternatif Pendekatan. Jakarta : Prenada Media.
Sugiyono (2013), Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta
Suharyadi (2011), Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern ed 2 jilid 1. Jakarta: Salemba Empat
Suprianto (2013), “Manajemen Pemasaran Modern”, edisi kedua cetakan ke sebelas. Yogyakarta : Liberty Offset.
Sumarni (2017), Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta: Liberty.
Sofjan Assauri (2013), Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Simamora (2011), Manajemen Pemasaran. Buku Beta, Jakarta
Saladin (2012), Strategi Pemasaran, Edisi 4. Yogyakarta : Andi
Tjiptono (2012), Service, Quality dan Satisfaction.Yogyakarta.