Analisis Sikap Dan Pembelajaran Kontekstual (SCL) Terhadap Niat Berwirausaha (Studi Kasus UKM Center Universtas Pembangunan Panca Budi Medan)
Abstract
ABSTRAK Saat ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta globalisasi sangat mempengaruhi perekonomian nasional dan perekonomian dunia. Untuk mengimbangi tantangan perkembangan, kreativitas dan inovasi merupakan hal yang sangat diperlukan. Kreativitas dan inovasi sangat terkait dengan dunia kewirausahaan. Karena kreativitas dan inovasi merupakan kunci sukses kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah sikap dan pembelajaran kontekstual (SCL) secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha pada UKM Center Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode asosiatif kausal dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Penelitian ini menggunakan asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji determinasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiwa pada UKM Center Universitas Pembangunan Panca Budi Medan, dan pengambilan sampel didasarkan pada sampel jenuh sebanyak 35 responden. Pengambilan data primer menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap dan pembelajaran kontekstual (SCL) secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha pada UKM Center Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Kata Kunci : Sikap, Pembelajaran Kontekstual (SCL) dan Niat Berwirausaha
Downloads
References
Buku:
Dewanti, Retno, 2014. Kewirausahaan, Jakarta: Mitra Wacana Media.
Fadiati, A., & Dedi, P. (2014). Menjadi Wirausaha Sukses. Bandung: PT
RemajaRosdakarya.
Frinces, Z. Helfin, 2014. Be an Entrepreneur. Yogyakarta: Graha Ilmu. Kasmir,
2015. Kewirausahaan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta. Machfoedz,
Mas’ud, 2015. Kewirausahaan, Metode, Manajemen dan
Implementasi. Yogyakarta: BPEE Yogyakarta.
Santoso, Singgih. 2014. Panduan Lengkap Menguasai SPSS 16, PT Gramedia,
Jakarta.
Situmorang, Et al.2014. Analisis Data Penelitian; Menggunakan Program SPSS,
Terbitan Pertama. USU Press, Medan.
Soetadi, Iskandarini, 2013. Kewirausahaan, Medan: USU Press.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta, Bandung.
Suharti, L. & Sirine, H. (2013). Faktor – Faktor yang Berpengaruh Terhadap
Niat Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention) (Studi Terhadap
Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga). Jurnal
Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.13, No.2, September 2011: 124 –
134.
Sukardi. 2014. Kewirausahaan dari sudut pandang Psikologi Kepribadian.
Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Suryana, 2013. Kewirausahaan Kiat dan Proses Menuju Sukses Edisi Empat,
Jakarta: Salemba Empat.
Susanto. 2015. Leadpreneurship Pendekatan Strategic Manajement dalam
Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga.
Triton, P.B. 2015. SPSS 13.0. Terapan Riset Statistik Parametrik, Penerbit Andi,
Yogyakarta.
Jurnal & Website:
Agung, Y. Diyantoro. (2015). Angkadan Data Pengangguran 2015.
Diaksespada21 September, 2015,
darihttp://agunkzscreamo.blogspot.com/2015/03/angka-datapengangguran-2015.html.
Azwar, Budi. (2013). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Niat
Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention) (Studi Terhadap Mahasiswa
Universitas Islam Negeri Suska Riau).
Gurbuz, G. &Aykol, S. (2013). Entrepreneurial Inten-tions of Young Educated
Public in Turkey. Journal of Global Strategic Management, 4(1): 47-56.
Kholik, K. (2017). The effect of occupational safety and health on work
productivity of employees and its impact on employee performance at PT.
Alfo Citra Abadi Medan.
Lestario, F. (2018). Dampak pertumbuhan bisnis franchise waralaba minimarket
terhadap perkembangan kedai tradisional di Kota Binjai. JUMANT, 7(1),
29-36.
Medan, A., & LUBIS, H. P. Analisis pengaruh tarif dan jenis produk asuransi
terhadap pencapaian target premi di pt asuransi bringin sejahtera.
Mesra, B. (2018). Factors That Influencing Households Income And Its
Contribution On Family Income In Hamparan Perak Sub-District, Deli
Serdang Regency, North. Int. J. Civ. Eng. Technol, 9(10), 461-469.
Moebarak. (2014). Pentingnya Berwirausaha. Diakses pada 4 April, 2017,
darihttps://moebarak.wordpress.com/2011/12/04/pentingnya-berwirausaha/
Morrison A., Breen, J. and Ali, S. (2013). Small Business Growth: Intention,
Ability and Opportunity. Journal of Small Business Management, Vol. 41,
No. 4, 417 – 425.
Nasution, M. D. T. P., Rossanty, Y., Achmad Daengs, G. S., Sahat, S., Rosmawati,
R., Kurniasih, N., ... & Rahim, R. (2018). Decision support rating system
with Analytical Hierarchy Process method. Int. J. Eng. Technol, 7(2.3), 105-
108.
Pakpahan, M. (2018). Strategi meingkatkan minat beli ulang aptek terhadap produk
obat pt novell pharmaceutical labs Medan. JUMANT, 6(1), 49-56.
Pane, D. N. (2018). Analisis pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan
pembelian teh botol sosro (studi kasus konsumen alfamart cabang
ayahanda). JUMANT, 9(1), 13-25.
Pramono, C. (2018). Analisis faktor-faktor harga obligasi perusahaan keuangan di
bursa efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.
Rahayu, S. (2018). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Prestasi Kerja
Karyawan di PT. Langkat Nusantara Kepong Kabupaten Langkat.
JUMANT, 9(1), 115-132.
Rizky, M. C., & Ardian, N. (2019). Enhance employee performance for increase
work motivation on Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Journal
Homepage: http://ijmr. net. in, 7(08).
Robain, W. (2012). Pengaruh pendapatan, bagi hasil, tanggungan keluarga dan religi
terhadap pola konsumsi tenaga kependidikan di perguruan Islam al Ulum
Terpadu Medan (Doctoral dissertation, Pascasarjana UIN Sumatera Utara
Rossanty, Y., & PUTRA NASUTION, M. D. T. (2018). Information search and
intentions to purchase: the role of country of origin image, product
knowledge, and product involvement. Journal of Theoretical & Applied
Information Technology, 96(10).
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in
Determining The Feasibility of Debtors Using Profile
Matching. International Journal of Business and Management
Invention, 6(1), 73079.
Rochayati, U., Setia, K.M., Sari, A.K. (2013). Pengaruh Faktor Sosiodemografi,
Sikap dan Kontekstual Terhadap Niat Berwirausaha Siswa. Jurnal
Kependidikan, Vol. 43, Nomor 2, November 2013, Halaman 154 – 163.
Universitas Negeri Yogyakarta.
Rusiadi, K. F. F., Suwarno, B., Alamsyah, B., & Syaula, M. Indonesia Mining
Company Stock Stability Prediction (ARDL Panel Approach).
Samrin, S., Irawan, M., & Se, M. (2019). Analisis Blue Ocean Strategy Bagi
Industri Kerajinan Di Kota Tanjung Balai. Jurnal Manajemen, 11(1).
Sonny et al. (2014). Analisis Minat Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas
Singaperbangsa Karawang Menjadi Entrepreneur. Jurnal Manajemen
Vol.09 No.4 Juli 2012.
Utami, Saraswati Budi. (2014). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Niat
Berwirausaha (Entrepreneurial Intention) (Studi Pada Mahasiswa
Universitas Merdeka Madiun).
Wu, S. & Wu, L. (2016). The Impact of Higher Education on Entrepreneurial
Intentions of University Students in China. Journal of Small Business and
Enterprise Development, 15(4): 752-774.