Analisis Customer Relation Management (CRM) dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Minimarket Alfamart Deli Serdang (Pendekatan Structural Equation Modelling)

  • Lufita Liasari Br Manik

Abstract

ABSTRAK Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan analisis data dengan metode structural equation modeling yang selanjutnya di gunakan sebagai metode analisis data untuk mengukur kepuasan dan loyalitas pelanggan minimarket Alfamart. Dalam penelitian ini structural equation modeling digunakan untuk menganalisis hubungan antara Customer Relation Management (CRM), kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Analisis SEM akan digunakan untuk menentukan model terbaik kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode asosiatif kuantitatif yang di dukung dengan SEM. Data di kumpulkan dengan cara membagikan kuesioner kepada para pelanggan Alfamart, untuk menganalisis data tersebut di gunakan metode SEM dengan bantuan software AMOS 22.Analisis SEM mempunyai tujuh tahapan, yaitu, (1) pengembangan model teoritis, (2) pengembangan diagram jalur, (3) konversi diagram jalur ke persamaan struktural, (4) memilih matriks input dan jenis estimasi, (5) mengidentifikasi model, (6) menilai kriteria goodness of fit, (7) menginterprestasikan hasil. Berdasarkan hasil terdapat pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Alfamart,terdapat pengaruh tidak signifikan Customer Relation Management (CRM) terhadap kepuasn pelanggan di Alfamart,terdapat pengaruh signifikan Customer Relation Management (CRM) terhadap loyalitas pelanggan di Alfamart, ,terdapat pengaruh tidak signifikan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan di Alfamart dan ada pengaruh signifikan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di Alfamart . Kata kunci : Customer Relation Management (CRM), kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Buku
Pakpahan, Manuntun. 2016. Manajemen Pemasaran. Medan: CV. Rural
Development Service.
Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian.
Yogyakarta: Andi
Yuristika, Mia, dkk. 2015. Pengaruh Customer Relationship Management (CRM)
dan Kualitas Layanan Terhadap Pembelian Ulang Melalui World of Mouth
Sebagai Variable Mediasi. Semarang: Universitas Diponogoro.
Santoso, Johan dan Nugroho. 2012. Presepsi Konsumen Terhadap Membership
Card dan Pengaruhnya Terhdap Loyalitas di Narita Hotel Surabaya.
Surabaya: Universitas Kristen Petra.
Santoso, Alfa. 2012. Pengaruh Kepuasan Kepemilikan Membership Card
Terhadap Loyalitas Pengunjung Pada Modern Retail di Yogyakarta.
Yogyakarta: Universitas Keristen Duta Wacana.
Januaris, Albertus, dkk. 2013. Penerapan Customer Relationship Management
dengan Dukungan Teknologi Informasi pada PO. Chelsy. Yogyakarta:
Universitas Atma Jaya.
Aprianto, Ronald. 2016. Pengaruh Promosi dan PelayananTerhadap Kepuasan
Pelanggan Pada Toko BNJ Elektronik Kota Lubuk Linggau. Lubuk Linggau
: STIE Musi Rawas
Indika, Deru dan Jovita. 2017. Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi
untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Bandung: Universitas
Padjajaran.
Sinambela, L.P. 2010. Reformasi Pelayanan Publik;Teori,Kebijakan dan
Implementasi, cetakan kelima Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Kirom, Bahrul. 2012. Mengukur Kinerja Pelayanan dan Kepuasan Konsumen.
Bandung: Pustaka Reka Cipta.
Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta : Erlangga
Danang, Sunyoto. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta: PT Buku Seru
Ari Setyaningrum, J. U. 2015. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
i
Simangungsong, Michael.2019. Pengaruh People, Process dan Physical Evidence
Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Konsumen Brooklyn
Barbershop Jln. Letjen S Parman No.188 A/B Medan). Medan: Universitas
Sumatera Utara.
Lestari, Natalia dan Agus. 2016. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas
Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Al-Zena Skin
Care Pati Cabang Winong). Semarang: Universitas Diponegoro.
Budiharja, Gigih dan Rriyono. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi
Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua Di Kota
Pati. Semarang: STIE EKA.
Pangenggar, Gadhang dkk. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, Dan
Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian. Semarang: Universitas
Diponegoro
Wihasta, Dhagat. 2015. Pengaruh Kecepatan Pelayanan, Kenyamanan Lokasi, Dan
Persepsi Harga Terhadap Nilai Pelanggan Serta Dampaknya Pada Minat
Loyalitas. Semarang: Universitas Deponegoro.
Nugroho, Ryan dan Edwin. 2013. Pengaruh People, Physical Evidence, Product,
Promotion, Price Dan Place Terhadap Tingkat Kunjungan Di Kafe Coffee
Cozies Surabaya. Surabaya : Universitas Keristen Petra.
Fandy, Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2.
Yogyakarta: Andi.
Rianto, M.Nur. 2010. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syari’ah. Bandung: Alfabeta.
Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen; Implikasi Pada Strategi Pemasaran.
Yogyakarta : Graha Ilmu.
Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Andi, Yogyakarta.
Kotler, Philip, dan Gary Armstrong 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13.
Jilid 1. Erlangga : Jakarta.
Aditia, Indra dan Suhaji. 2012. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan
Pelanggan pada UD Pandan Wangi Semarang. Semarang: Sekolah Tinggi
Ilmu Ekonomi Widya Manggala.
Alfana, Ganang Qory. 2017. Implementasi Pelayanan Administrasi Terpadu
Kecamatan (Paten) Di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Semarang:
Universitas Negeri Semarang.
Galang, Gahlil. 2018. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan, Dan Harga
Terhadap Kepuasan Pelanggan Go-Ride (Survei Pada Mahasiswa Fakultas
Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2016/2017 Dan
2017/2018). Malang: Universitas Brawijaya.
Rahma, Talitha. 2012. Hubungan Antara Kualitas layanan Dan Harga Dengan
Kepuasan Konsumen Online Shopping Pada Mahasiswi Unversitas
Surabaya. Surabaya: Universitas Surabaya.
Riduan. 2010. Pengaruh Word Of Mouth Communication Terhadap Loyalitas
Pelanggan Pada Jasa Travel Muara Wisata Trayek Lampung-Jakarta.
Jakarta : STIE Muhammadiyah Kalianda.
Kristian, Sylviana. 2016. Pengaruh Service Performance Terhadap Repeat
Purchasing Melalui Perceived Value Dan Customer Satisfaction Sebagai
Variabel Intervening Di Esther House Of Beauty Surabaya. Surabaya :
Universitas Keristen Petra.
Indah, Dewi Purnam dan Devie. 2013. Analisis Pengaruh Customer Relationship
Management Terhadap keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan.
Surabaya : Universitas Kristen Petra.
Yuanira, Achmad dan Srikandi. 2011. Faktor-faktor Customer Relationship
Management ( Menejemen Hubungan Pelanggan) Dalam Mewujudkan
Kepuasan Anggota dan Dampaknya terhadap Loyalitas Anggota. Malang:
Universitas Brawijaya.
Normasary, Selvy, Srikandi Kumadji dan Andriani Kusumawati. 2013. Pengaruh
Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan dan
Loyalitas Pelanggan.Surakarta: Universitas Muhammadiyah
Triyandari, Novemy. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan
Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Survey Pada Pelanggan Speedy
Telkom di Kota Surabaya). Surabaya : STMIK Duta Bangsa.
Felix, Ryan, Yuvito dan Fransisca. 2016. Pengaruh Customer Relation
Managemnet Terhadap Loyalitas Pelanggan Tivoli Club House Siduarjo
Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variable Perantara. Surabaya :
Universitas Kristen Petra.
Susepti, Amalia, Jamhur dan Andriani. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan
terhadap Kepuasan dan Loyalitas Tamu Hotel (Studi tentang Persepsi
Tamu Hotel Mahkota Plengkung Kabupaten Banyuwangi). Malang :
Universitas Brawijaya.
Rusiadi, Nur Subintoro dan Rahmat Hidayat. 2015. Metode Penelitian. Medan:
USU Press.
Jurnal
Fadly, Y. (2015). Kondisi dan Kritik Sosial pada Masa Rezim Orde Baru dalam PuisiPuisi WS Rendra.
Faried, A. I. (2018). Keterhubungan pola pengambilan keputusan efektif, struktur dan
budaya organisasi di Universitas Pembangunan Panca Budi Medan.
JUMANT, 8(2), 1-12.
langkat, D. T. J. K., & SAINS, F. S. Laporan akhir pengabdian kepada masyarakat
mandiri.
Maisyarah, R. (2018). Analysis of the Determinants Competition Oligopoly Market
Telecommunication Industry in Indonesia. KnE Social Sciences, 760-770.
Nasution, D. P. Whether the quality of population growth through the health economy
can be applied.
Novalina, A. (2018). Analisis prediksi pelemahan ekonomi indonesia rezim
depresiasi kurs. JEpa, 1(1), 1-11.
Purba, R. B. (2018). Pengaruh penerapan sistem akuntansi keuangan daerah,
transparansi publikdan aktivitas pengendalian terhadap akuntabilitas
keuangan pada badan keuangan daerah kabupaten tanah datar. Jurnal
Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 99-111.
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi teknologi digital dalam
pembelajaran di era industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42-54.
Rioni, Y. S. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepatuhan
wajib pajak orang pribadi di lingkungan kantor pelayanan pajak pratama
Medan Barat. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(1), 160-176.
Ritonga, M. (2018). FAKTOR Manajemen biaya dan manajemen pemasaran
terhadap pendapatan melalui intensitas produksi pada ukm industri rumahan
di Kota Binjai. JUMANT, 8(2), 68-78.
Rusiadi, A., & Ade Novalina, S. E. (2017). Keakuratan Metode Capital Asset Pricing
Model (Camp) Dan Arbitrage Pricing Theory (Apt) Dalam Memprediksi
Return Saham Pada Bank Persero (Bumn) Di Indonesia. Jurnal, 10.
Sanusi, A. (2018). Pengaruh return on equity, net profit margin dan debt to equity
ratio terhadap hutang pada perusahaan pt. asam jawa medan. JUMANT, 6(1),
11-19.
Saraswati, D. (2018). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Belanja Modal terhadap
Pertumbuhan Ekonomi dan Dana Perimbangan sebagai Pemoderasi di
Kabupaten/Kota Sumatera Utara. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(2),
54-68.
Sari, A. K., Saputra, H., & Siahaan, A. P. U. (2017). Effect of Fiscal Independence
and Local Revenue Against Human Development Index. Int. J. Bus. Manag.
Invent, 6(7), 62-65.
Sembiring, R. (2018). Pengaruh Nilai Tukar Nelayan (Pendapatan Nelayan,
Pendapatan Non Nelayan, Pengeluaran Nelayan, Pengeluaran Non Nelayan)
Terhadap Kesejahteraan Masyarakat (Pendidikan, Kesehatan, Kondisi Fisik
Rumah) di Desa Pahlawan. Jurnal Abdi Ilmu, 10(2), 1836-1843.
Published
2021-06-24