Analisis Harga, Promosi, dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Millenium Pharmacon Indonesia Medan
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Promosi, Harga, Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Millenium Pharmacon International-Medan. Data yang digunakan yaitu data primer. Variabel yang ditelitI terdiri dari Promosi, Harga, dan Pelayanan sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan kuesioner dan wawancara. Analisis yang digunakan yaitu analisis assosiatif, sifat penelitian ini adalah kuantitatif, analisis regresi linier berganda dan analisis koefisien determinasi dengan menggunakan bantuan program SPSS 17. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh apotek yang menjadi pelanggan tetap PT. Millenium Pharmacon International Cabang Medan yang berjumlah sebanyak 300 apotek. Pengaambilan sampel dengan menggunakan rumus Slovin dengan demikian jumlah sampel pada penelitian ini adalah 75 Apotek di wilayah penjualan PT. Millenium Pharmacon International Cabang Medan. Hasil yang di dapat dari penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Promosi, Harga dan Pelayanan secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, dimana Uji F menghasilkan Fhitung 39.670 sedangkan Ftabel 2,50 (n-k-1 dengan kesalahan 0,05) maka F hitung 39.670 > Ftabel 2.50. sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, artinya Promosi, Harga, Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Promosi secara parsial berpengaruh namun tidak signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, dimana t hitung 1,742 > t tabel 1,66 dan signifikan 0,086 > 0,05. Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, dimana t hitung 3.,540 < t tabel 1,66 dan signifikan 0,001 < 0,05. Pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, dimana t hitung 2,402 > t tabel 1,66 dan signifikan 0,019 < 0,05. Koefisien determinasi yang dalam penelitian ini sebesar 61,1% Kepuasan Pelanggan dapat diperoleh dan dijelaskan oleh Promosi, Harga dan Pelayanan sedangkan sisanya 100% - 61,1% = 38,9% di jelaskan oleh faktor-faktor lain dari di luar variabel yang penulis teliti. Kata Kunci: Promosi, Harga, Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan
Downloads
References
Buku :
Alma, Buchari. 2018. Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung:
ALFABETA
Hasan, Ali. 2014. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: Caps
Penerbit.
Hidayat, R. Rusiadi, dan M. Isa Indrawan. 2014.Teknik Proyeksi Bisnis.USU.Press
Hidayat, R., & Subiantoro, N. Rusiadi.2013. Metode Penelitian.USU Press.
Kotler, Philip dan Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1.
Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 2.
Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid II. Jakarta:
Erlangga.
Kotler, Philip, dan Keller. 2012. Manejemen Pemasaran Edisi 13 Jilid I. Jakarta:
Erlangga.
Malau, Harman. 2018. Manajemen Pemasaran “Teori dan Aplikasi Pemasaran Era
Tradisionla sampai Era Modernisasi Global”. Bandung: ALFABETA.
Mowen, J.C, dan Minor, M. 2002. Perilaku Konsumen Jilid 2 Edisi kelima.
Bandung: Erlangga.
Mowen, J.C, dan Minor, M.. 2002. Perilaku Konsumen Jilid 1 Edisi kelima.
Bandung: Erlangga.
Nasution, Nel Arianty, Christiana, dan Jasin. 2016. Manajemen Pemasaran.
Medan: Perdana Publishing.
Pakpahan, Manuntun. 2016. Manajemen Pemasaran Dalam Kompetisi Global.
Medan: CV. Rural Development Service.
Priansa, Donni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: Pustaka Setia.
Priansa, Donni. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis
Kontemporer. Bandung: ALFABETA.
Rusiadi, et al. (2014). Metode Penelitian Manajemen, Akuntansi Dan Ekonomi
Pembangunan, Konsep, Kasus Dan Aplikasi Spss, Eviews, Amos Dan Lisrel.
Cetakan Pertama. Medan: Usu Press.
98
1
1
0
00
Sangadji, dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Situmorang, Syafrizal Helmi. 2017. Riset Pemasaran. Medan: USU Press.
Situmorang, Syafrizal Helmi. 2019. Analisis Data Edisi Keempat. Medan: USU
Press.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,
Kombinasi dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sumarwan, Ujang. 2018. Perilaku Konsumen Edisi Kedua. Bogor: Khalia
Indonesia.
Jurnal :
Aprianto. 2016. Pengaruh Promosi dan Pelayanna Terhadap Kepuasan Pelanggan
Pada Toko BNJ Elektronik Kota Lubuk Linggau. SKRIPSI. Musi Rawas:
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Musi Rawas. Volume 02, No. 01, Februari
2016. Jumat, 24 Januari 2020. Pukul 19.10 WIB.
Efendi, B. (2019). Efektivitas Kebijakan Makroprudensial Terhadap Stabilitas Sistem
Keuangan Di Indonesia. JEpa, 4(2), 72-78.
El Fikri, M. (2019). Memasarkan objek pariwisata kota medan melalui media sosial untuk
menaikkan minat kunjungan dan menghapus paradigma negatif. JUMANT, 11(2),
69-79.
El Fikri, M. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan
Pelanggan Pada Rumah Makan Sidempuan Medan. JUMANT, 9(1), 1-11.
Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam
Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. JEpa, 3(2),
133-149.
Manurung (2017). Pengaruh Promos, Harga, Kualitas Pelayanan Terhadap
Kepuasan Konsumen Dan Keputusan Pembelian Ulang di Alfamart dan
Indomaret Waralaba Jalan Ratu Di Balau Tanjung Senang, Banda
Lampung. SKRIPSI. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
https://www.onesearch.id/Record/IOS4198.27027. Jumat, 24 Januari 2020.
Pukul 19.00 WIB
Mesra, B. (2018). Factors That Influencing Households Income And Its
Contribution On Family Income In Hamparan Perak Sub-District, Deli
Serdang Regency, North. Int. J. Civ. Eng. Technol, 9(10), 461-469.
Mesra, B. (2019). Ibu rumah tangga dan kontribusinya dalam membantu
perekonomian keluarga di kecamatan hamparan perak kabupaten deli
serdang. Jumant, 11(1), 139-150.
Novalina, A. (2018). Analisis Prediksi Pelemahan Ekonomi Indonesia Rezim
Depresiasi Kurs. JEpa, 1(1), 1-11.
1
1
0
00
Novalina, A. (2018). Kemampuan BI 7-Day Repo Rate (BI7DRR) Dalam Menjaga
Stabilitas Ekonomi Indonesia (Pendekatan Transmisi Moneter Jangka
Panjang). Jurnal Abdi Ilmu, 10(2), 1874-1885.
Saputra, Hidayat, dan Listyorini. 2015. Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas
Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Bengkel Ahass
0002 Astra Motor Siliwangi Semarang). SKRIPSI. Semarang: Universitas
Diponegoro.https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/14550
/14075. Jumat, 24 Januari 2020. Pukul 19.20 WIB.
Priyono. 2014. Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan
Pengunjung Mlelalui Keputusan Pengunjung Sebagai Variabel
Intervening Pada Objek Wisata Museum Sangiran Kabupaten Sragen.
Rossanty, Y., & PUTRA NASUTION, M. D. T. (2018). INFORMATION
SEARCH AND INTENTIONS TO PURCHASE: THE ROLE OF
COUNTRY OF ORIGIN IMAGE, PRODUCT KNOWLEDGE, AND
PRODUCT INVOLVEMENT. Journal of Theoretical & Applied
Information Technology, 96(10).
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment
in Determining The Feasibility of Debtors Using Profile
Matching. International Journal of Business and Management
Invention, 6(1), 73079.
Ritonga, H. M., Setiawan, N., El Fikri, M., Pramono, C., Ritonga, M., Hakim, T.,
... & Nasution, M. D. T. P. (2018). Rural Tourism Marketing Strategy And
Swot Analysis: A Case Study Of Bandar PasirMandoge Sub-District In
North Sumatera. International Journal of Civil Engineering and
Technology, 9(9).
Rossanty, Y., Hasibuan, D., Napitupulu, J., Nasution, M. D. T. P., & Rahim, R.
(2018). Composite performance index as decision support method for multi
case problem. Int. J. Eng. Technol, 7(2.29), 33-36.
Rossanty, Y., Nasution, M. D. T. P., & Ario, F. (2018). Consumer Behaviour In
Era Millennial. Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah AQLI.
SKRIPSI. Kota Semarang: Universitas Negeri Semarang.
https://lib.unnes.ac.id/6077/1/7751.pdf. Jumat, 24 Januari 2020. Pukul
19.30 Wib.
Listiawati, Afriani, Solehan. 2017. Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap
Kepuasan Konsumen Di PT. Indomaret Suralaya, Merak-Banten.
SKRIPSI. Banten: Universitas Bina Bangsa Indonesia.
http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JRAT/article/view/4256. Jumat, 24
Januari 2020. Pukul 19.45 WIB.
Widodo, S. (2019). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Siklus Hidup Produk
(Product Life Cycle). JEpa, 4(1), 84-90.
Widodo, S. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap
Kinerja Pegawai Pada Dinas Kebersihan Kota Binjai. JUMANT, 11(1), 279-
295.