PENGARUH LOKASI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA RUMAH MAKAN MISO BANJIR AEK NABARA)
Abstract
ABSTRAK Bisnis yang di lakukan usaha miso banjir ialah makanan dan jajanan tradisional. Masalah yang di hadapi adalah bahwa kurangnya ketersediaan lahan parkir dan harga relatif lebih tinggi dari harga pesaing. Penellitian ini bertujuan untuk (1). Pengaruh lokasi secara parsial,( 2) pengaruh harga secara parsial, (3) pengaruh simultan lokasi dan harga terhadap keputusan pembelian studi pada rumah makan miso banjir aek nabara. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini ialah konsumen rumah makan miso banjir aek nabara, sedangkan objek dalam penelitian ini ialah pengaruh lokasi dan harga terhadap keputusan pembelian studi pada rumah makan miso banjir aek nabara. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah quisioner. Teknik analisis data yang di gunakan yaitu, analisis kuantitatif dengan mengunakan analisis uji asumsi klasik, dan uji statistik yaitu uji t, dan uji F, analisis regresi linear berganda dan analisis koefisien derteminasi dengan menggunakan bantuan program spss for windows 17.00. hasil penelitian menujukan bahwa secara parsial variabel lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di rumah makan miso banjir aek nabara sebesar 20,2%. Variabel harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 66.0%. pengaruh lokasi dan harga secara simuktan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di rumah makan miso banjir sebesar 85,8% . Kata Kunci: Lokasi, harga, Keputusan Pembelian
Downloads
References
Assauri (2008:114),Manajemen Pemasaran ,edisi pertama,cetakan ke delapan,
Penerbit :Raja Grafindo,Jakarta.
Arikunto (2010:112)Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka
Cipta,Jakarta
Heizer dan Render (2015) Manajemen Operasi,Edisi Ke 5 Yogyakarta :BPFE
Kotler (2009) Manajemen Pemasaran, diterjemahkan Oleh Binyamin Molan Edisi
Ke sebelas,Jilid II,PT Indeks Kelompok Gremedia,Jakarta
Kotler (2010) Prinsip-Prinsip Pemasaran,Edisi 12,Jilid.Jakarta: Erlangga
Lopiyaadi (2011)Strategi Penentuan Harga Manajemen Pemasaran, Edisi II,
Jakarta Salemba Empat
Munawaroh (2013)Manajemen Operasi .Yogyakarta :LP3M UMY
M.Manullang dan M Pakpahan (2014:78) Methodologi Penelitian, Medan: cipta
Pustaka Media
M.Pakpahan (2016:142)Manajemen Pemasaran, Medan, Penerbit : CV. Rural
Development Service
Swastha (2010:147)Manajemen Pemasaran, Yogyakarta, Penerbit: Liberty
Yogyakarta
Sugiono (2010) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung :
ALFABETA
Suharyadi (2013) Statiska Untuk Ekonomi Keuangan. Modern Edisi 2 Buku 1.
Jakarta: Salemba Empat.
JURNAL
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent the
Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic
Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59.
Astuti Yunita widyaning (2014) Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap
Motivasi Berwirausahaan Terhadap Motivasi Berwirausaha dan Keterampilan
Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negri Yogyakarta.
riset.unisma.ac.id
Antari Kadek Ria (2014) Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Berbelanja
Pada Mini Market Sastra Mas Tambangan. https://ejournal.undiksha.ac.id
Dewi Adelina Citra (2105) Pengaruh Keperibadian Pendidikan Kewirausahaan dan
lingkungan Keluarga Terhadap Aktivitas Berwirausaha Mahasiswa Universitas
Negri Semarang.
Fathudin Firman Jakti (2014) Analisis Pengaruh Kualitas Produk Harga dan Tempat
Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus di Paguyuban Angkrin gan Wates
Kulon Progo.
Gerung Chirsty Jacklin (2017) Pengaruh Kualitas Produk,Harga Dan Promosi terhadap
Keputusan Pembeliaan mobil Nissan X-trail pada PT Whana Wirawan,Manado.
Hasibuan, H. A., Purba, R. B., & Siahaan, A. P. U. (2016). Productivity assessment
(performance, motivation, and job training) using profile matching. SSRG Int. J.
Econ. andManagement Stud, 3(6).
Harris Abdurahman (2014) Pengaruh Lokasi dan Harga terhadap Keputuasan
Pembelian (di My Mini Market Sugiliat).ijbe-research.com
Irawan, I., & Pramono, C. (2017). Determinan Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan
Keuangan Di Bursa Efek Indonesia.
Kholik, K. (2017). THE EFFECT OF OCCUPATIONAL SAFETY AND HEALTH ON
WORK PRODUCTIVITY OF EMPLOYEES AND ITS IMPACT ON
EMPLOYEE PERFORMANCE AT PT. ALFO CITRA ABADI MEDAN.
Mata Fifyanita Ghani (2012) Analisis Pengaruh Harga Kualitas Produk dan Lokasi
terhadap Keputusan Pembelian (Pada Pembelian Produk Bandeng Juawana
Elrina,Semarang.
Masykuri Ahmad Ali (2014) Analisis Prilaku Kewirausahaan Usaha Pada Usaha Kecil
Menengah Pada Pengerajin Songkok Di Kecamatan Bungah ,Kabupaten
Gersik.jurnalmahasiswa.unesa.ac.id
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in
Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International
Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.
Sari, A. K., Saputra, H., & Siahaan, A. P. U. (2017). Effect of Fiscal Independence and
Local Revenue Against Human Development
Index. Int. J. Bus. Manag. Invent, 6(7), 62-65.
Sari, M. M. (2019). FAKTOR-FAKTOR PROFITABILITAS DI SEKTOR
PERUSAHAAN INDUSTRI MANUFAKTUR INDONESIA (STUDI KASUS:
SUB SEKTOR ROKOK). JUMANT, 11(2), 61-68.
Sebayang, S., Novalina, A., Nasution, A. P., & Panggabean, L. S. R. (2019, April). An
Empirical Investigation of The Factors Influencing Village Development: A
Confirmatory Factor Analysis. In 2nd Padang International Conference on
Education, Economics, Business and Accounting (PICEEBA-2 2018) (pp. 929-
940). Atlantis Press.
Setiawan, A. (2019). ANALISIS PENGUKURAN NILAI OVERALL EQUIPMENT
EFFECTIVENESS (OEE) PADA MESIN PRESS BATU BATA (Studi Kasus
pada Unit Usaha Mesin Press Muhammad Kuwat) (Doctoral dissertation,
Universitas Muhammadiyah Palembang).
Siregar, O. K. (2019). Pengaruh Deviden Yield Dan Price Earning Ratio Terhadap Return
Saham Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016 Sub Sektor Industri Otomotif. Jurnal
Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(2), 60-77.
Supraja, G. (2019). PENGARUH IMPLEMENTASI STANDAR AKUNTANSI
PEMERINTAHAN BERBASIS AKRUAL DAN EFEKTIVITAS
FUNGSI PENGAWASAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN
PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN DELI SERDANG. Jurnal Akuntansi
Bisnis dan Publik, 10(1), 115-130.
Suwarduki Puspa Ratnaningrum (2011) Dampak Lokasi Pasar Terhadap Perubahan
Tingkat Pendapatan Pedagang Pada Relokasi Pasar Dinoyo Menjadi Pasar
Merjosari kota Malang
Widodo, S. (2019). STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN SIKLUS
HIDUP PRODUK (PRODUCT LIFE CYCLE). JEpa, 4(1), 84-90.
Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational Commitment, and
Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas Pembangunan
Panca Budi.
Yunus, R. N. (2019). KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI DALAM LATAR
BELAKANG SKRIPSI MAHASISWA MANAJEMEN UNIVERSITAS
PEMBANGUNAN PANCA BUDI. JUMANT, 11(1), 207-216.
Yusuf, M., & Rangkuty, D. M. (2019). Analisis Neraca Perdagangan Indonesia-India
Periode 2013-2018. Jurnal Penelitian Medan Agama, 10(1).