pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan waktu tunggu (Waiting Time) Terhadap Kepuasan Konsumen Pakaian Olah Raga Merek Lifting Di Toko Sport MPL Medan
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas pelayanan, kualitas produk, dan waktu tunggu terhadap kepuasan konsumen Pakaian Olah Raga Merek LIFTING di Toko Sport MPL Medan. Data penelitian diambil dari 97 konsumen Toko Sport MPL Medan yang dipilih secara acak. Jumlah sampel ditentukan dengan rumus Zikmund. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang diberikan kepada konsumen sebagai sampel. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS Versi 24. Pengujian data menggunakan uji asumsi klasik dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, kualitas produk, dan waktu tunggu memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap terhadap kepuasan konsumen Pakaian Olah Raga Merek LIFTING di Toko Sport MPL Medan baik secara parsial maupun secara simultan. Kualitas produk produk memiliki pengaruh yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan konsumen dibandingkan dengan faktor kualitas pelayanan dan waktu tunggu. Kualitas pelayanan, kualitas produk, dan waktu tunggu memiliki hubungan yang sangat erat terhadap kepuasan konsumen dan memberikan konstribusi sebesar 90,1% terhadap kepuasan konsumen. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Waktu Tunggu, Kepuasan Konsumen
Downloads
References
BUKU:
Assauri, S.. (2012). Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi. Jakarta;
Rajawali.
Amstrong, G. (2015). Marketing: an Introducing 15th edition. England: Pearson
Education, Inc.
Davis dan Heineke. (2015). Operations Management: Integrating Manufacturing
and Services. New York; McGraw-Hill Irwin
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk
skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas
Diponegoro.
Ghozali, I. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19
(edisi kelima). Semarang; Universitas Diponegoro.
Heizer, J., dan B.Render. 2009. Manajemen Operasi Buku 1 Edisi 9. Jakarta;
Salemba
Kotler, P. (2015). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi
dan Kontrol, Edisi 15, Jilid 2. New Jersey : Prentice – Hall, inc.
Kotler, P., dan G. Amstrong,. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13.
Jakarta; Erlangga
Kotler, P., dan K. L. Keller. (2015). Marketing Management 13th Edition. New
Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.
Kuswadi. (2014). Cara Mengukur Kepuasan Karyawan. Jakarta: PT. Elex Media
Komputindo.
Laksana, Fazar. (2015). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta; Graha Ilmu.
Lopiyoadi, R., dan A. Hamdani. (2009). Manajemen Pemasaran Jasa Edisi
Kedua. Jakarta; Salemba Empat.
Manullang, M., dan M. Pakpahan. (2014). Metode Penelitian: Proses Penelitian
Praktis. Bandung; Cipta Pustaka Media.
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung;
Alfabeta.
Rusiadi,. N. Subiantoro,. dan R. Hidayat,. (2016). Metode Penelitian, Manajemen
Akuntasi dan Ekonomi Pembangunan, Konsep, Kasus dan Aplikasi SPSS,
Eviews, Amos, Lisrel. Medan: USU Press.
Setiadi, N. J. (2015). Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi Untuk Strategi
dan Penelitian Bisnis Pemasaran. Jakarta; Prenada Media.
Sidik, Purnomo. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung; Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Bandung; Alfabeta.
Sujarweni, W. (2016). Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi dengan SPSS.
Yogyakarta. Pustaka Baru Press.
Sutedja, Wira. (2011). Panduan Layanan Konsumen. Jakarta; PT. Grasindo
Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran: Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset
JURNAL:
Andreas, C. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan
Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu dan Riset
Manajemen : Volume 5, Nomor 5, Mei 2016 ISSN : 2461-0593
Apriyani, D. A., dan Sunarti. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap
Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen The Little A Coffee Shop
Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 51 No. 2 Oktober 2017
administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id
Andika, R. (2018). Pengaruh komitmen organisasi dan pengawasan terhadap disiplin
kerja karyawan pada pt artha gita sejahtera Medan. JUMANT, 9(1), 95-103.
Asih, S. (2018). Pengaruh kontribusi pajak daerah, pendapatan asli daerah, retribusi
daerah dan bagi hasil pajak terhadap belanja daerah dengan pertumbuhan
ekonomi sebagai variabel moderating pemerintah Kabupaten Dan Kota. Jurnal
Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(1), 177-191.
Aspan, H., I. M. Sipayung, A. P. Muharrami, and H. M. Ritonga. (2017). “The
Effect of Halal Label, Halal Awarness, Product Price, and Brand Image to
the Purchasing Decision on Cosmetic Products (Case Study on Consumers
of Sari Ayu Martha Tilaar in Binjai City)”. International Journal of Global
Sustainability, ISSN 1937-7924, Vol. 1, No. 1, pp. 55-66.
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent
the Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic
Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59.
Bielen, F., and N. Demoulin. (2017). Waiting Time Influence on The
SatisfactionLoyalty Relationship in Service. International Journal of
Managing Service Quality, 17(2), pp. 174–193
Citra, G., & Pramono, C. Analysis of Factors Affecting Earning Management in
Banking Companies Listed on BEI.
Daulay, M. T. Model pengendalian kemiskinan dengan pendekatan diversifikasi
usaha, sustainable development goalds (sdgs) dan economic value (studi pada
daerah pemekaran di Sumatera Utara). Quantitative Economics Journal, 6(3).
Devi, S., Suharyono, dan D. Fanani. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Dan
Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei pada pelanggan
Cafe OTW Food Street Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 52
No. 1 November 2017 administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id
Dewi, A. U. (2015). Hubungan Waktu Tunggu Pendaftaran Dengan Kepuasan
Pasien Di Tempat Pendaftarn Pasien Rawat Jalan (TPPRJ) RSUD Sukoharjo.
Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas
Muhammadiyah Surakarta
Febrina, A. (2019). Motif orang tua mengunggah foto anak di instagram (Studi
Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek). Jurnal Abdi Ilmu, 12(1),
55-65.
Gilbert, K.L. (2011). ”The impact of waiting time on customer loyalty”,
International Journal of Service Industry Management. Vol.6 No.5, pp. 53-
71
Harahap, R. (2018). Pengaruh Kualitas produk Terhadap Kepuasan Pelanggan di
Restoran Cepat saji Kfc Cabang Asia Mega Mas Medan. JUMANT, 7(1), 77-
84.
Irawan, D., dan E. Japarianto. (2013). Analisa Pengaruh Kualitas Produk
Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada
Pelanggan Restoran Por Kee Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol.
1, No. 2, (2013) 1-8
Kristiana, M. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Layanan Terhadap
Kepuasan Konsumen Cafe Heerlijk Gelato Perpustakaan Bank Indonesia
Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) ISSN: 2337-
6708 Volume 01 Nomor 01 Tahun 2017
Laeliyah, N., dan H. Subekti. (2017). Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan
dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rawat Jalan RSUD
Kabupaten Indramayu. Jkesvo (Jurnal Kesehatan Vokasional) Vol. 1 No 2 –
April 2017 ISSN (Print) 2541-0644
Margareta, F., dan E. Japarianto. (2012). Analisa Pengaruh Food Quality dan
Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Roti Kecik Toko Roti Ganep’s
di Kota Solo. Jurnal Manajemen Pemasaran.
McGuire, D., dan McLaren, L. (2009) The Impact of Physical Environment on
Employee Commitment in Call Centres: The Mediating Role of Employee
Well-Being. Team Performance Management, Vol. 15, No. 12, pp 35-48
Nilasari, E., dan Istiatin. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan
Konsumen Pada Dealer PT. Ramayana Motor Sukoharjo. Jurnal Paradigma
Vol. 13, No. 01, Februari – Juli 2015 ISSN : 1693-0827
Putro, S. W., H. Semuel., R. Karina., dan Brahmana. (2014). Pengaruh Kualitas
Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas
Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran
Vol.2, No. 1, (2014) 1-9
Sembiring, R. (2018). Pengaruh Nilai Tukar Nelayan (Pendapatan Nelayan,
Pendapatan Non Nelayan, Pengeluaran Nelayan, Pengeluaran Non Nelayan)
Terhadap Kesejahteraan Masyarakat (Pendidikan, Kesehatan, Kondisi Fisik
Rumah) di Desa Pahlawan. Jurnal Abdi Ilmu, 10(2), 1836-1843.
Syauqi, T. R. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Auditor
dengan Pengalaman Kerja Auditor sebagai Variabel Moderating pada Auditor
Kantor Akuntan Publik di Medan.
Wahyudien, I. K., Widiartanto., dan S. Listyorini. (2015). Pengaruh Kualitas
Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui
Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada
Pelanggan Larissa Aesthetic Center Semarang). Jurnal Internal Fakultas
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro
. Weliani, S. (2015). Analisa Pengaruh Food Quality, Service Person Customer
Orientation, Dan Physical Environment, Terhadap Repurchase Intention,
Melalui Customer Satisfaction. Ultima Management Vol 7. No.1. Juni 2015
Widjaya, O. H., I. N. Suryawan., dan Stefani. (2014). Analisis Pengaruh Waktu
Tunggu, Harga, Kualitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas
Pelanggan “R” Seafood. Seminar Nasional Inovasi dan Tren (SNIT) 2014
Prosiding SNIT 2014: Hal. B-18
Yunus, R. N. (2018). Analisis pengaruh bahasa merek terhadap keputusan pembelian
pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi Jurusan
Akuntansi. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(1), 13-20.
Windarti, T., dan M. Ibrahim. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas
Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Donat Madu (Studi Pada
Konsumen CV. Donat Madu Cihanjuang–Pekanbaru). Jom FISIP Volume 4
No. 2 Oktober 2017
Zainuddin, U. (2015). Pengaruh Waktu Tunggu Pengiriman Barang Online
terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Toko Online Lazada). Vol. 1 No
2 – April 2017 ISSN (Print) 2541-0644