Analisis Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Elektronik (Televisi) (Studi Kasus Di Transmart Carefour Medan)

  • Rudi Syahputra Tarigan Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

ABSTRAK Transmart Carrefour Medan adalah Konsep baru dan modern dalam berbelanja yang menggabungkan hypermarket, entertaintment elektronik serta food dan fashion terlengkap dalam satu kawasan. Permasalahan dalam penelitian ini apakah Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas Dan Harga berpengaruh secara serempak dan parsial terhadap Keputusan Pembelian Produk Elektronik (Televisi) (Studi Kasus Di Transmart Carefour Medan). Dari hasil uji F menghasilkan nilai Fhitung sebesar 288.149 dengan tingkat signifikan 0,00. Karena Fhitung 288.149 > Ftabel 2,70 dan probabilitas signifikan jauh lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,00 < 0,05, maka model regresi dapat dikatakan bahwa variabel Kesadaran Merek (X1), Persepsi Kualitas (X2), Harga (X3) secara serempak dan signifikan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Dari hasil uji parsial variabel Kesadaran Merek nilai thitung 9.962 > ttabel 1.984 dengan signifikan 0,000 < 0,05, artinya secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari Kesadaran Merek terhadap Keputusan Pembelian. Variabel Persepsi Kualitas nilai thitung 2.647 > ttabel 1.984 dengan signifikan 0,000 < 0,05, artinya secara parsial terdapat Persepsi Kualitas terhadap Keputusan Pembelian. Variabel Harga nilai thitung 2.847 > ttabel 1.984 dengan signifikan 0,005 > 0,05, artinya secara parsial berpengaruh dan signifikan dari Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Besarnya adjusted R square sebesar 0,897 hal ini berarti 89,7% menjelaskan variabel Kesadaran Merek (X1), Persepsi Kualitas (X2), Harga (X3), sedangkan sisanya (100% - 89,7% = 10.3%) dapat dijelaskan dengan variabel independen lainnya. Kata Kunci : Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Harga, dan Keputusan Pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
BUKU:
Alma, 2013, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan
kedelapan,Bandung: Alfabeta.
Aaker, David. A. 2017, Manajemen Pemasaran Strategi. Edisi kedelapan. Salemba
Empat. Jakarta.
Durianto, Darmadi. 2011, Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan
Perilaku Merek, Cetakan XX, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Fadil dan Priyo, 2015, Teknik Marketing Itu Mudah Perencanaan Marketing
Strategis Untuk Mengurus Bisnis.Second Hope.Yogyakarta.
Hasan, Ali. 2012,Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. CAPS. Yogyakarta
Hoyer dan Brown, 2010, Effects of Brand Awareness onChoice for a Common,
Repeat-Purchase Product. Journal Of ConsumerResearAwareness
Indriyo, gitosudarmo 2011,Manajemen Pemasaran. edisi kedua, cetakan kedua.
Penerbit : BPFE –Yogyakarta
Jacobson dan Aaker, 2017, Managing Brand Equity: Capitalizing on the Value of
a BrandName.New York: The Free Press.
Kotler dan Keller, 2012,Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1. Jakarta.
Kalangi, 2010, Asas –Asas Marketing.Jilid-1. Penerbit : Liberty, Yogyakarta.
Kotler dan Armstrong, 2008,Prinsip-prinsip Pemasaran.Edisi12. Jilid 1.Jakarta:
Erlangga
Kotler, 2009, diterjemahkan oleh Hendra Teguh dan Ronny A.
Rusli. 2008.,Manajemen Pemasaran,Jilid 2.Jakarta: Prenhalindo.
Lin dan Kao, 2014,Principles of Marketing(14thedition). New Jersey: Prentice
Hall.
Munandar, 2011,Budgeting, PerencanaanKerja, Pengkoordinasian Kerjadan
Pengawasan Kerja. Yogyakarta: BPFE UniversitasGajahmada.
Morissan, 2010,Teori komunikasi : individu hingga massa.Jakarta :Kencana
82
Nawawi, Ismail. 2015,Budaya organisasi kepemimpinan dan Kinerja. Jakarta: PT.
Fajar Iterpratama Mandiri
Pappu, 2015,The Journal of Product and Brand Management; ABI/INFORM
Global pg. 143
Rusiadi, 2014,Metode Penelitian. Medan: USU Press
Rahma,Aly, Abdullah dan Eny 2012,Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara
Setiadi, 2010,Konsep dan Penulisan Riset Keperawatan.Yogyakarta : Graha Ilmu.
Suharno dan Yudi Sutarso, 2010,Marketing in Practice. Graha Ilmu, Yogyakarta
Sumarni, and D. J. Soeprihanto, 2015,Pengantar Bisnis (Dasar-Dasar Ekonomi
Perusahaan), Yogyakarta: Lberty,
Susanto dan Wijanarko, 2014,Power Branding: Membangun Merek Unggul dan
Organisasi Pendukungnya. Jakarta : PT Mizan Publika Jakarta.
Sopiah dan Syihabudhin, 2008,Manajemen Bisnis Ritel, Andi, Yogyakarta.
Sugiyono, 2009,Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.CV Alfabeta,
Bandung.
Sujarweni dan Endrayanto, 2012,Statistika untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha
Ilmu.
Sweeney, 2011,Cognitive Dissonance After Purchase: A MultidimensionalScale.
Journal ofPsychology & Marketing
Simamora, Bilson. 2011,Riset Pemasaran,Gramedia Utama, Jakarta.
Tslotsou, 2011,Retail Management 6thed., McGraw-Hill., New York.
Tjiptono, Fandy. 2011,Strategi Pemasaran. Yogyakarta:Penerbit Andi
Yoo et al. 2010,Strategic Marketing Plan. Jakarta: PT. GramediaPustaka Utama
Zeithmal, 2010,Devering Quality Service.The Free Press.New York
83
KARYA ILMIAH DAN JURNAL:
Adriansyah, 2012, PengaruhPenerapanMetodePembelajaran Brainstorming dan
Problem Based Instruction Terhadap Aktivitas Belajar dan Pemahaman
Konsep Pesrta Didik.Skripsi FPEB UPI.Bandung
Asih, S. (2018). Pengaruh Kontribusi Pajak Daerah, Pendapatan Asli Daerah,
Retribusi Daerah Dan Bagi Hasil Pajak Terhadap Belanja Daerah Dengan
Pertumbuhan Ekonomi Sebagai Variabel Moderating Pemerintah
Kabupaten Dan Kota. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(1), 177-191.
Aspan, H. (2017). “Peranan Polri Dalam Penegakan Hukum Ditinjau Dari Sudut
Pandang Sosiologi Hukum”. Prosiding Seminar Nasional Menata Legislasi
Demi Pembangunan Hukum Nasional, ISBN 9786027480360, pp. 71-82.
Harahap, R. (2018). Pengaruh Kualitas produk Terhadap Kepuasan Pelanggan di
Restoran Cepat saji Kfc Cabang Asia Mega Mas Medan. JUMANT, 7(1),
77-84.
Hasibuan, H. A., Purba, R. B., & Siahaan, A. P. U. (2016). Productivity assessment
(performance, motivation, and job training) using profile matching. SSRG
Int. J. Econ. andManagement Stud, 3(6).
Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam
Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate
Indonesia. JEpa, 3(2), 133-149.
Indrawan, M. I., Nasution, M. D. T. P., Adil, E., & Rossanty, Y. (2016). A Business
Model Canvas: Traditional Restaurant “Melayu” in North Sumatra,
Indonesia. Bus. Manag. Strateg, 7(2), 102-120.
Irawan, I., & Pramono, C. (2017). Determinan Faktor-Faktor Harga Obligasi
Perusahaan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia.
Kim dan Kim, 2014, Analisis faktor-faktor kepercayaan pelanggan dalam
transaksi e-commerce, Jurnal Ekonomi Profesional, Vol.1 No.4 Juli Hal.
125-134
Killa, M. F. 2008, Pengaruh Pembelanjaan Periklanan dan Promosi Harga pada
Ekuitas Merek.. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Vol.4. No.2. Hal
416 –430.
Kholik, K. (2018, October). Effect of Self-Eficacy and Locus of Control on Small
and Medium Entertainment Small Scale. In International Conference of
ASEAN Prespective and Policy (ICAP) (Vol. 1, No. 1, pp. 214-225).
Lestario, F. (2018). Dampak Pertumbuhan Bisnis Franchise Waralaba Minimarket
Terhadap Perkembangan Kedai Tradisional Di Kota Binjai. Jumant, 7(1),
29-36.
Mesra, B. (2018). Factors That Influencing Households Income And Its Contribution
On Family Income In Hamparan Perak Sub-District, Deli Serdang Regency,
North. Int. J. Civ. Eng. Technol, 9(10), 461-469.
Nasution, M. D. T. P., Rossanty, Y., Achmad Daengs, G. S., Sahat, S., Rosmawati,
R., Kurniasih, N., ... & Rahim, R. (2018). Decision support rating system
with Analytical Hierarchy Process method. Int. J. Eng. Technol, 7(2.3), 105-
108.
Nirwana, Agnesia Berlian. 2012, Perbandingan Model Regresi Cox
Menggunakan Time-Dependent Variable dan Stratified Proportional
Hazard untuk Mengatasi Nonproportional Hazard. Jurnal
StatistikFMIPA Universitas Brawijaya. Vol. 2. No.1. Hal: 69-72
Pane, D. N. (2018). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan
Pembelian Teh Botol Sosro (Studi Kasus Konsumen Alfamart Cabang
Ayahanda). Jumant, 9(1), 13-25.
Pramono, C. (2018). Analisis Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan Keuangan
Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.
Rahayu, S. (2018). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Prestasi Kerja
Karyawan di PT. Langkat Nusantara Kepong Kabupaten Langkat.
JUMANT, 9(1), 115-132.
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in
Determining The Feasibility of Debtors Using Profile
Matching. International Journal of Business and Management
Invention, 6(1), 73079.
Samrin, S., Irawan, M., & Se, M. (2019). Analisis Blue Ocean Strategy Bagi Industri
Kerajinan Di Kota Tanjung Balai. Jurnal Manajemen, 11(1)..
Setiawan, N. (2018). Peranan Persaingan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan
(Resistensi Terhadap Transformasi Organisasional). JUMANT, 6(1), 57-
63.
Setiawan, A. (2018). Pengaruh Promosi Jabatan Dan Lingkungan Kerja Terhadap
Semangat Kerja Pegawai Di Lingkungan Universitas Pembangunan Panca
Budi Medan. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(2), 191-203.
Siregar, N. (2018). Analisis Produk Dan Citra Koperasi Terhadap Wirausaha
Koperasi Dalam Meningkatkan Industri Rumah Tangga Pada Masyarakat
Desa Lubuk Saban Pantai Cermin Kabupaten Deli Serdang. Jumant, 9(1),
79-93.
Wakhyuni, E. (2018). Kemampuan Masyarakat Dan Budaya Asing Dalam
Mempertahankan Budaya Lokal Di Kecamatan Datuk Bandar. Jurnal Abdi
Ilmu, 11(1), 25-31.
Waruwu, A. A. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Stres Kerja dan Konflik Kerja
Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Kepada Kinerja Pegawai
Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Utara. JUMANT, 10(2), 1-14.
WEBSITE:
Transmart Carrefour, Website: www.carrefour.co.id
Published
2019-06-24