Analisis word of mouth (WOM) dan efektivitas iklan media sosial instagram terhadap minat beli konsumen pada CFC Cabang Binjai Supermall

  • Fega Silviana

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tentang pengaruh dari word of mouth dan efektivitas iklan media sosial instagram terhadap minat beli konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 96 dari seluruh konsumen CFC yang diambil berdasarkan teori Zikmund. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument angket yang dikembangkan dari variabel word of mouth (X1), efektivitas iklan media sosial instagram terhadap minat beli kosumen (X2), dan minat beli konsumen (Y). Dari hasil penelitian diketahui bahwa word of mouth memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Begitu juga halnya dengan efektivitas iklan media sosial instagram memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Hal tersebut menyatakan bahwa hipotesis yang telah di ajukan sebelumnya oleh penulis diterima. Kata Kunci : Word Of Mouth (WOM), Efektivitas Iklan Media Sosial Instagram, dan Minat Beli Konsumen

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Adisaputro. (2010). Manajemen Pemasaran Analisis Untuk Perancangan
Strategi Pemasaran. Penerbit Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen
YKPN,Yogyakarta.
AG.Suyono, Sri Sukmawati, Pramono. (2012). Pertimbangan Dalam Membeli
Produk Barang Maupun Jasa. Intidayu Press. Jakarta.
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent
the Conflict in the Succession of the Family Business Using the
Strategic Collaboration Model. Business and Management Horizons,
5(2), 49-59.
Andika, R. (2018). Pengaruh komitmen organisasi dan pengawasan terhadap disiplin
kerja karyawan pada pt artha gita sejahtera Medan. JUMANT, 9(1), 95-
103.
Asih, S. (2018). Pengaruh kontribusi pajak daerah, pendapatan asli daerah, retribusi
daerah dan bagi hasil pajak terhadap belanja daerah dengan pertumbuhan
ekonomi sebagai variabel moderating pemerintah Kabupaten Dan
Kota. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(1), 177-191.
Chatrin, Karlina, Sherly. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Brand Switching Terhadap Bread Boutiques di Supermall
Pakuwon Indah (SPI) Surabaya. Jurnal Universitas Kristen Petra.
Surabaya.
Ghozali, Imam. (2009). Aplikasi AnalisisMultivariate dengan Program SPSS.
Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Hasan, Ali. (2010). Marketing Dari Mulut Ke Mulut. Media Pressindo.
Yogyakarta.
Indriarto, Fidelis. (2016). Studi Mengenai Faktor Kekhawatiran dalam Proses
Penyampaian Pesan Iklan. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol.
5. Jakarta.
Indrawan, M. I., Nasution, M. D. T. P., Adil, E., & Rossanty, Y. (2016). A Business
Model Canvas: Traditional Restaurant “Melayu” in North Sumatra,
Indonesia. Bus. Manag. Strateg, 7(2), 102-120.
Junaedi, Fajar. (2013). Jurnalisme Penyiaran Dan Reportase Televisi.
Kencana. Jakarta.
Kasali, Rhenald. (2008). Membidik Pasar Indonesia, Segmentasi Targeting
Positioning. PT. Gramedia Pustaka Utama . Jakarta.
Kotler dan Keller. (2012). Marketing Management. Indeks. Jakarta.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12.
Jilid 1. Erlangga. Jakarta.
Kuncoro. Mudrajad. (2013). Metodologi Riset untuk Bisnis & Ekonomi;
Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Lupiyoadi, Hamdani. (2012). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi ke-2. Salemba
Empat. Jakarta.
Machfoedz. (2013). Pengantar Pemasaran Modern. Penerbit Akademi
Manajemen Perusahaan YKPN, Yogyakarta.
Manullang. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Cipta Pustaka,
Bandung.
Manullang dan Manuntun. (2014). Metodologi Penelitian Proses Penelitian
Praktis. Penerbit Cipta Pustaka Media. Bandung.
Nasution, M.F.R. (2014). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli
Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei. Mencirim. Jurnal
Ilmiah Manajemen dan Bisnis.
Purba, R. B. (2018). Pengaruh penerapan sistem akuntansi keuangan daerah,
transparansi publikdan aktivitas pengendalian terhadap akuntabilitas
keuangan pada badan keuangan daerah kabupaten tanah datar. Jurnal
Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 99-111.
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi teknologi digital dalam
pembelajaran di era industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42-54.
Rioni, Y. S. (2018, October). An Empirical Investigation of Factors Affecting the
Compulsory of Personal Income Tax on Personal Information Tax
Services Pratama, West Medan. In International Conference of ASEAN
Prespective and Policy (ICAP) (Vol. 1, No. 1, pp. 175-182).
Ritonga, M. (2018). FAKTOR Manajemen biaya dan manajemen pemasaran
terhadap pendapatan melalui intensitas produksi pada ukm industri
rumahan di Kota Binjai. JUMANT, 8(2), 68-78.
Rusiadi, A., & Ade Novalina, S. E. (2017). Keakuratan Metode Capital Asset Pricing
Model (Camp) Dan Arbitrage Pricing Theory (Apt) Dalam Memprediksi
Return Saham Pada Bank Persero (Bumn) Di Indonesia. Jurnal, 10.
Rusiadi, dkk. (2013). Metode Penelitian Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Pembangunan. Medan : USU Press.
Retno Dewanti. (2013). Analisis Karakteristik Produk Dan Kebutuhan
Variasi Produk Dalam Mempengaruhi Perpindahan Merek Air
Mineral VIT.
Riduwan. (2010). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Alfabeta. Bandung.
Roman Satriyo Nugroho. (2015). Pengaruh Harga, Iklan, Dan Kualitas
Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Seluler Indosat
Mentari.
Sangadji, E.M., dan Sopiah. (2013). Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis
Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Septi Maulida Susdiani. (2016). Pengaruh Karakteristik Produk Dan Harga
Terhadap Minat Beli Konsumen Sapphire Grup Purwokerto.
Sernovitz. (2009). Word Of Mouth. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Silverman, George. (2013). The Secret Of Word Of Mouth MarketinG: How
To Trigger Exponential Sales Through Run Away Word Of Mouth.
Amacom. USA.
Simamora. (2012). Perilaku Konsumen. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Somad, Rismi dan Priansa, Donni Juni. (2014) Manajemen Komunikasi.
Alfabeta. Bandung.
Stella Fitriana. (2013). Pengaruh Efektifitas Iklan Terhadap Minat Beli Yang
Dimediasi Oleh Citra Merek.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D.
Alfabeta. Bandung.
Sumarni, Murti dan John Soeprihanto. (2010). Pengantar Bisnis (Dasar-dasar
Ekonomi Perusahaan). Edisi ke 5. Liberty. Yogyakarta..
Susi Hendriani. (2013). Pengaruh Karakteristik Produk Terhadap Intensi
Pembelian Produk Private Label Carrefour.
Suzy Widya Sari. (2008). Analisis Perilaku Brand Switching Konsumen dalam
Pembelian Produk Sepeda Motor (Studi Pada Konsumen Sepeda
Motor di Kotamadya Salatiga ). Solo.
Sanusi, A. (2018). Pengaruh return on equity, net profit margin dan debt to equity
ratio terhadap hutang pada perusahaan pt. asam jawa medan. JUMANT,
6(1), 11-19.
Saraswati, D. (2018). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Belanja Modal terhadap
Pertumbuhan Ekonomi dan Dana Perimbangan sebagai Pemoderasi di
Kabupaten/Kota Sumatera Utara. Jurnal Akuntansi Bisnis dan
Publik, 8(2), 54-68.
Sembiring, R. (2018). Pengaruh Nilai Tukar Nelayan (Pendapatan Nelayan,
Pendapatan Non Nelayan, Pengeluaran Nelayan, Pengeluaran Non
Nelayan) Terhadap Kesejahteraan Masyarakat (Pendidikan, Kesehatan,
Kondisi Fisik Rumah) di Desa Pahlawan. Jurnal Abdi Ilmu, 10(2), 1836-
1843.
Syauqi, T. R. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Auditor
dengan Pengalaman Kerja Auditor sebagai Variabel Moderating pada
Auditor Kantor Akuntan Publik di Medan.
Sari, A. K., Saputra, H., & Siahaan, A. P. U. (2017). Effect of Fiscal Independence
and Local Revenue Against Human Development Index. Int. J. Bus.
Manag. Invent, 6(7), 62-65.
Yunus, R. N. (2018). Analisis pengaruh bahasa merek terhadap
Keputusan pembelian pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi
Jurusan Akuntansi. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(1), 13-20.
Tjiptono, Fandi. (2008). Strategi Pemasaran. Andi. Yogyakarta.
http://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/surveyresult/top_brand_index_2017_fase_2
Published
2021-06-24