Analisis People (Manusia), Proses, Teknologi Terhadap Customer Relationship Management (CRM) pada PT. Wijaya Yusuf Berkah Tandem
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui serta mengenalisis variabel People (Manusia) (X1), Proses (X2), Teknologi (X3) dapat berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Relationship Management (CRM) (Y) (Studi kasus pada PT. Wijaya Yusuf Berkah Tandem). Penelitian ini menggunakan metode kuanitatif dan dilaksanakan diwilaya Tandem, populasi yang diperoleh adalah 150 konsumen PT. Wijaya Yusuf Berkah dan sampel 60 konsumen PT. Wijaya Yusuf Berkah Tandem dengan menggunakan rumus slovin dan teknik Purposive Sampling. Untuk mengetahui data-data berdistribusi normal digunakan uji normalitas, multikolinieritas dan heteroskedastisitas. Dan teknik regresi linier berganda adalah teknik analisis yang digunakan dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil olah data dengan menggunakan SPSS 25 yaitu hasil uji t H1 diterima yang menyatakan bahwa secara parsial People (Manusia) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Relationship Management (CRM), H2 diterima yang menyatakan secara parsial Customer Relationship Management (CRM) tapi tidak positif dan signifikan terhadap Customer Relationship Management (CRM), H3 Teknologi diterima yang menyatakan secara parsial Customer Relationship Management (CRM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Relationship Management (CRM). Sedangkan hasil uji F People (Manusial) (X1), Proses (X2), Teknologi (X3) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Relationship Management (CRM) (Y).
Kata kunci : People (Manusia), Proses, Teknologi,Customer Relationship Management (CRM)
Downloads
References
Amalia, F. (2014). Pengantar Mata kuliah Traduction II. Bandung: Departemen Pendidikan Bahasa Perancis FPBS UPI.
Ari Setyaningrum, J. U. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Achidah, N. (2016). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Mio Gt (Study Empiris Pada Produk Yamaha Mio Gt Di Weleri- Kendal). Semarang: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Pandanaran.
Adnin, Rizqa Janati, Nawazirul Lubis dan Widayanto. 2013. “Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Nasmoco Pemuda Semarang”. Diponegoro Journal, Hal.1-8.
Adewale, A., & Afolabi, B. (2012). An Empirical Investigation Into the Effects of Customer Relationship Management on Bank Performance in Nigeria. SSRN Journal , 1-64
Aspan, H. (2021). “Legal Basis for the Implementation of Work from Home Amid The COVID19 Pandemic in Indonesia”. Saudi Journal of Humanities and Social Sciences, e-ISSN 2415-6248, Volume 6 Issue 4, pp. 116 – 121.
Aspan, H. (2020). “The Role of Notaries in the Registration of the Establishment of Commanditaire Vennootschap (CV) through the Business Entity Administration System”. Scholar International Journal of Law, Crime, and Justice, e-ISSN 2617-3484, Volume 3 Issue 12, pp. 463-467.
Aspan, H. (2020). “The Role of Legal History in the Creation of Aspirational Legislation in Indonesia”. International Journal of Research and Review (IJRR), Volume 7 Issue 6, pp 40-47.
Aspan, H. (2020). “The Political History of Land Law in Indonesia”. International Journal of Advance Research and Innovative Ideas in Education (IJARIIE), e-ISSN 2395-4396, Volume 6 Issue 3, 2020, pp. 707-713.
Aspan, H., Fadlan, dan E.A. Chikita. (2019). “Perjanjian Pengangkutan Barang Loose Cargo Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat”. Jurnal Soumatera Law Review, Volume 2 No. 2, pp. 322-334.
Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. JUMANT, 11(1), 189-206.
Andika, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Berwirausaha dan Kepribadian Terhadap Pengembangan Karir Individu Pada Member PT. Ifaria Gemilang (IFA) Depot Sumatera Jaya Medan. JUMANT, 8(2), 103-110.
Andika, R. (2018). PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN PENGAWASAN TERHADAP DISIPLIN KERJA KARYAWAN PADA PT ARTHA GITA SEJAHTERA MEDAN. JUMANT, 9(1), 95-103.
Dewi, Putri Pamungkas Sari., & Fauzi, Achmad. (2017). “Pengaruh Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Untuk Menjaga Loyalitas (Survei pada Pelanggan Kedai Kober Mie Setan di jl. Soekarno Hatta,Malang)”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Halaman 201-208.
Daulay, M. T., & Sanny, A. (2019). Analysis of Structural Equation Modeling Towards Productivity and Welfare of Farmer's Household in Sub-District Selesai of Langkat Regency. International Journal of Research and Review, 117-123.
Daulay, M.T., Setiawan, A., Rini, E. S., & Sadalia, I (2019). Analysis of Murabahah Financing Marketing Strategy at PT BPRS Amanah Insan Cita, Medan, North Sumatra, Indonesia. International Journal of Science and Business, 64-73.
Daulay, M.T., Vanesa, Y. Y., Matondang, R., Sadalia, I. (2019). The Influence Of Organizational Culture, Work Environment And Work Motivation On Employee Discipline In PT Jasa Marga (Persero) TBK, Medan Branch, North Sumatra, Indonesia. American International Journal of Business Management (AIJBM), 37-45.
Daulay, M.T.,Kesuma, M. A., Lubis, S., & Iskandarini (2019). The Influence Of Organizational Restructuring On Employee Performance In The Housing And Residential Areas, North Sumatra Province, Indonesia. American International Journal of Business Management (AIJBM), 32-36.
Daulay, M. T., Elfindri, Sjafrizal, & Sofyardi. (2018). An Empirical Investigation of Business Diversification and Economic Value on Poverty in Batubara Regency, North Sumatera, Indonesia. International Journal of Civil Engineering and Technology (IJCIET), 841-859.
Daulay, M. T., Sanny, A., Rini, E. S., & Sadalia, I. (2018). FACTORS THAT INFLUENCING THE SATISFACTION AND LOYALTY OF SILKAIR INTERNATIONAL FLIGHT SERVICE PASSENGERS AT KUALANAMU AIRPORT, DELI SERDANG, INDONESIA. International Journal of Civil Engineering and Technology (IJCIET) , 1-10.
Daulay, M. T. (2017). MODEL PENGENDALIAN KEMISKINAN DENGAN PENDEKATAN DIVERSIFIKASI USAHA, SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALDS (SDGS) DAN ECONOMIC VALUE (STUDI PADA DAERAH PEMEKARAN DI SUMATERA UTARA). QE Journal, 203-221.
Ferdinand, A. T. (2006). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Undip.
Ghozali, I. (2009). Aplikasi Miltivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2010). Aplikasi Miltivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
Greenberg, P. 2010. Customer Relationship Management as the Speed of Light: Fourth Edition McGraw-Hill.
Hamidi. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: Universitas Muham-madiyah Malang Press.
Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., ... & Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and Performance Model based on Indonesia Science and Technology Index. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP Publishing.
Kotler, & Kekller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Arnstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran . Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.
Kumar, V, Reinartz dan Werner. 2012. Customer Relationship Management: Concept, Strategies, and Tools. Springer
Lukas, d. a., & dkk. (2013). influence Custoner Relationship Management (CRM) to customer loyality.
Lupiyoadi, R. (2009). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakerta: Salemba Empat.
Ramakrishnan, U. & Imhoff-Kunsch, B. (2011) Anemia and Iron Deficiency in Developing Countries. Nutrition and Health: Handbook of Nutrition and Pregnancy.
Riduwan. (2005). Metode dan Teknik Menyusun Skripsi, tesis Cetakan Ketiga. Bandung: Alfabeta.
Rusiadi, 2013,Metode Penelitian, Manajemen Akuntasi dan Ekonomi. USU, Press.
Maflikhah, Nur. 2010. Peran Teknologi Informasi Pada Niat Untuk Mendorong Knowledge Sharing Karyawan Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Surakarta (Sebuah Pengujian Terhadap Teori Difusi Inovasi). Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Mappatompo, A., Setiawan, M., & Nimran, U. (2011). Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Kinerja CRM Bank serta Dampaknya terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Penerapan CRM pada Perbankan di Kota Makassar). Jurnal Aplikasi Manajemen , 9 (1), 189-198.
Manullang M, P. (2014). Metodologi Penelitian, Proses Peneliti Praktis. Bandung: Penerbit Cita Pustaka Media.
Mursid, M. 2014. Manajemen Pemasaran. Bumi Askara. Jakarta.
Ramu (2010). A Study of the Impact of Customer Relationship Management in TNSC Bank Chennai.
Rainer, R. K. and Cegielski, C. G. (2011). Introdustion to Information Systems: Enabling and Transforming Business (3rd ed.). New Jersey: John Wiley and Sons.
Rahmat, A., Suharyono, & Priambada, S. (2018). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Kepuasan Loyalitas Pelanggan(Survei pada Pelanggan Service Kendaraan AUTO 2000 Kediri Suharmadji). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 153160.
Rahmat, Alfian., Suharyono., & Priambada, Swasta. (2018). “Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan Service Kendaraan AUTO 2000 Kediri Suharmadji)”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).153-160.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D,. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RD. Bandung: CV. Alfabeta.
Suyoto, Ayu Wulandari., (2018). “Implementasi Customer Relationship Management (CRM) dengan Pendekatan Clustering Berbasis Knowledge Management(KM)”. Skripsi, Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia, YogYakarta.