PENGARUH EXPERIENTAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KERETA SIANTAR EKSPRES PADA PT KERETA API INDONESIA (PERSERO) MEDAN
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh experiental marketing terhadap loyalitas pelanggan Kereta Siantar Ekspres Pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) Medan. Masalah dalam penelitian ini adalah bahwa banyaknya keluhan pengguna jasa Kereta api yang masih belum bisa dipenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh dari experiental marketing terhadap loyalitas pelanggan Kereta Siantar Ekspres Pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) Medan. selanjutnya, data yang diperoleh dari penyebaran kuisioner atau angket dari 97 orang responden. Model yang di gunakan adalah Regresi Lineir Berganda dan diolah menggunakan SPSS versi 22.0. Hasil analisis menggunakan uji t dapat diketahui bahwa Hal ini terlihat dari analisis regresi linier berganda melalui uji-t yang bertanda positif dengan nilai thitung sebesar 0,020 dengan sig 0,984. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Hipotesis 1 (satu) dalam penelitian ini ditolak. Arah positif menunjukkan bahwa setiap ada peningkatan feel akan berdampak pada meningkatnya loyalitas pelanggan secara bersamaan sebesar 0,003 satuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa think berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini terlihat dari analisis regresi linier berganda melalui uji-t yang bertanda positif dengan nilai thitung sebesar 1,385 dengan sig 0,169. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Hipotesis 2 (dua) dalam penelitian ini ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa related berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini terlihat dari analisis regresi linier berganda melalui uji-t yang bertanda positif dengan nilai thitung sebesar 7,010 dengan sig 0,000. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Hipotesis 3 (satu) dalam penelitian ini diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa feel, think dan related secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pekanggan. Hal ini terlihat dari analisis regresi linier berganda melalui uji-F yang bertanda positif dengan nilai F-hitung sebesar 17,661 dengan sig.0,000. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Hipotesis 4 (empat) dalam penelitian ini teruji dan dapat diterima. Arah positif menunjukkan bahwa setiap ada peningkatan Feel, Think dan Related yang dilakukan oleh perusahaan akan menyebabkan meningkatnya loyalitas pelanggan secara bersamaan. . Kata Kunci: Feel (X1), Relate (X2) Think (X3) Dan Loyalitas Pelanggan (Y)
Downloads
References
Buku:
Assauri, Sofjan. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Durianto, Darmadi. 2013. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan
Perilaku Merek (cet. ke-10). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Griffin, Jill. (2018). Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan
Kesetiaan Pelanggan. Alih Bahasa Dwi Kartini Yahya. Jakarta:
Erlangga.
Kertajaya, Hermawan. (2010). Connect! Surving New Wave Marketing. Jakarta :
Gramedia
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management, Edisi 14,
New Jersey: Prentice-Hall Published.
Nigam, A. (2012). Modeling Relationship between Experiential Marketing,
Experiential Value and Purchase Intension in Organized Quick
Service Chain Restaurants Using Structural Equation Modeling
Approach.
Manap, H. Abdul (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran, Penerbit Mitra
Wacana Media, Jakarta.
Manulang, Marihot, & Pakpahan, Manuntun. (2014). Metodologi Penelitian,
Bandung: Ciptapustaka Media Jakarta:Salemba Medika
Putri, Budi Rahayu Tanama (2017). Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama.
Percetakan PT. Japa Widya Duta
Rusiadi, dkk (2014). Metode Penelitian. Medan: USU Press.
Rangkuti, Freddy (2014) Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis.
Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Shinta, Agustina (2011). Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Universitas
Brawijaya Press (Ub Press)
Smith, Kerry Dan Hanover (2016). Experiential Marketing. Secrets, Strategies,
and Success Stories from the World’s Greates t Brands. Published by
John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey Published
simultaneously in Canada
Sutisna (2012). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT.
Remaja Rusdakarya
Tjiptono, Fandy (2012). Strategi Pemasaran, Edisi. 3, Yogyakarta, Andi.
Sugiyono (2013) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2016). Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan Metode
R&D.Bandung: Alfabeta.
Jurnal:
Ahmad, R. (2019). PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN DAN
DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT.
MITRA NIAGA SEJATI JAYA-LANGKAT. JUMANT, 11(2), 137-
146.
Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap
Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel
Intervening Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi
Medan. JUMANT, 11(1), 189-206.
Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan
Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai
UNPAB. JEpa, 4(2), 119-132.
Caroline Lunnette dan Fransisca Andreani (2013). Kepuasan Experiential
Marketing Terhadap Minat Beli Ulang Di Gyu Kaku Galaxy Mall
Chrisna, H. (2019). PENGARUH PERILAKU BELAJAR, PENGENDALIAN
DIRI, MOTIVASI, EMPATI, KETERAMPILAN, DAN
KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK
MAHASISWA PRODI AKUNTANSI UNIVERSITAS
PEMBANGUNAN PANCA
BUDI MEDAN. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 10(1), 87-100.
Daulay, M. T. (2019). Effect of Diversification of Business and Economic Value on
Poverty in Batubara Regency. KnE Social Sciences, 388-401.
Dharmawangsyah, I. (2013). „Pengaruh Experimental marketing dan Kepuasan
Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi kasus pada Rumah
Makan Pring Asri Bumiayu)‟. Semarang: Universitas Negeri
Semarang.
Dwilita, H. (2019). PERBANDINGAN KINERJA PERBANKAN INDONESIA
STUDI PADA BANK UMUM KONVENSIONAL DAN BANK
UMUM SYARIAH YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK
INDONESIA PERIODE 2008-2017. Jurnal Akuntansi Bisnis dan
Publik, 10(1), 145-162.
Efendi, B. (2019). Efektivitas Kebijakan Makroprudensial Terhadap Stabilitas
Sistem Keuangan Di Indonesia. JEpa, 4(2), 72-78.
Eko Yuliawan dan Mbayak Ginting. (2016). Pengaruh Experiential Marketing
Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Mandiri Cabang Medan
Balai Kota
Geraldo Gunawan, Yusri Abdillah Dan Lusy Deasyana Rahma Devita. (2018).
Pengaruh Experiential Marketing Dan Emotional Marketing
Terhadap Brand Loyalty (Survei Pada Konsumen Smartphone
Samsung Di Indonesia Dan Malaysia)
Hasibuan, H. A., Purba, R. B., & Siahaan, A. P. U. (2016). Productivity assessment
(performance, motivation, and job training) using profile
matching. SSRG Int. J. Econ. andManagement Stud, 3(6).
Nava Christine dan Retno Budi Lestari. (2018). Analisis Pengaruh Sense, Feel,
Think, Act, And Relate Terhadap Customer Loyalty Ami Salon Di
Kota Palembang
Nizar Rozaqie S. M, . Suharyono, Andriani Kusumawati. (2016). Analisis FaktorFaktor Experiential Marketing Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas
Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Legend Coffee Malang)
Pramono, C. (2018). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR HARGA OBLIGASI
PERUSAHAAN KEUANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal
Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78
Purba, R. B. (2018). PENGARUH PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI
KEUANGAN DAERAH, TRANSPARANSI PUBLIKDAN
AKTIVITAS PENGENDALIAN TERHADAP AKUNTABILITAS
KEUANGAN PADA BADAN KEUANGAN DAERAH
KABUPATEN TANAH DATAR. Jurnal Akuntansi Bisnis dan
Publik, 8(1), 99-111.
Rahayu, S. (2018). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Prestasi Kerja
Karyawan di PT. Langkat Nusantara Kepong Kabupaten Langkat.
JUMANT, 9(1), 115-132.
Rasni, H.Chalil Dan Rahmat Mubaraq (2018). Pengaruh Experiential Marketing
Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Roxy Mart Kota Palu)
Rioni, Y. S. (2018). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI
LINGKUNGAN KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA
MEDAN BARAT. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(1), 160-176.
Ritonga, H. M., Setiawan, N., El Fikri, M., Pramono, C., Ritonga, M., Hakim, T., &
Nasution, M. D. T. P. (2018). Rural Tourism Marketing Strategy And
Swot Analysis: A Case Study Of Bandar PasirMandoge Sub-District In
North Sumatera. International Journal of Civil Engineering and
Technology, 9(9).
Ritonga, M. (2018). FAKTOR MANAJEMEN BIAYA DAN MANAJEMEN
PEMASARAN TERHADAP PENDAPATAN MELALUI
INTENSITAS PRODUKSI PADA UKM INDUSTRI RUMAHAN DI
KOTA BINJAI. JUMANT, 8(2), 68-78.
Rossanty, Y., & PUTRA NASUTION, M. D. T. (2018). INFORMATION
SEARCH AND INTENTIONS TO PURCHASE: THE ROLE OF
COUNTRY OF ORIGIN IMAGE, PRODUCT KNOWLEDGE, AND
PRODUCT INVOLVEMENT. Journal of Theoretical & Applied
Information Technology, 96(10).
Sartika Aprilia (2016). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan
Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha Vixion (Studi Pada PT.
Lautan Teduh Interniaga.