ANALISIS PERSEPSI NILAI DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ALOE VERA NATURE REPUBLIC E-WORD OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA BABA STORE ORI MEDAN)
Abstract
ABSTRAK Produk Aloe Vera Nature Republic merupakan produk kosmetik yang dijual secara online dan sudah tidak asing lagi bagi konsumen terutama pada remaja dan wanita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis persepsi nilai dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian produk Aloe Vera Nature Republic e-word of mouth sebagai variabel intervening (studi kasus pada Baba Store Ori Medan). Teknik analisis data yang digunakan adalah metode asosiatif dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Penelitian ini menggunakan Analisis jalur. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 84 responden. Pengambilan data primer menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh langsung positif dan signifikan persepsi nilai dan gaya hidup secara parsial terhadap keputusan pembelian melalui e-word of mouth pada Baba Store Ori Medan. Ada pengaruh langsung positif dan signifikan persepsi nilai dan gaya hidup secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Baba Store ori Medan. Ada pengaruh tidak langsung positif dan signifikan persepsi nilai dan gaya hidup secara simultan terhadap keputusan pembelian melalui e-word of mouth pada Baba Store Ori Medan. Persepsi nilai berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian dan dapat juga berpengaruh tidak langsung yaitu dari pengaruh persepsi nilai terhadap e-word of mouth (sebagai variabel intervening) lalu terhadap keputusan pembelian. Gaya hidup berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian dan dapat juga berpengaruh tidak langsung yaitu dari pengaruh gaya hidup terhadap e-word of mouth (sebagai variabel intervening) lalu terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci : Perspepsi nilai, Gaya hidup, E-Word of Mouth dan Keputusan pembelian
Downloads
References
Al jamil, Moh Abd Wahid dkk,. (2015). Pengaruh Fitur Produk Terhadap
Keputusan Pembelian Handphone Oppo Dengan Word Of Mouth Sebagai
Variabel Intervening. E-Jurnal Riset Manajemen.
Adiman, S. (2018). ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL PADA LAPORAN
TAHUNAN PERUSAHAAN NON KEUANGAN YANG TERDAFTAR
DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 7(2),
23-34.
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to
Prevent the Conflict in the Succession of the Family Business Using the
Strategic Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2),
49-59.
Andika, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Berwirausaha dan Kepribadian Terhadap
Pengembangan Karir Individu Pada Member PT. Ifaria Gemilang (IFA)
Depot Sumatera Jaya Medan. JUMANT, 8(2), 103-110
Anwar, C., Saregar, A., Hasanah, U., & Widayanti, W. (2018). The effectiveness of
islamic religious education in the universities: The effects on the students'
characters in the era of industry 4.0. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu
Tarbiyah, 3(1), 77-87.
Arnita, V. (2018). Pengaruh Orangtua Terhadap Mahasiswa Akuntansi Dalam
Pemilihan Karir Menjadi Profesi Akuntan. Jurnal
Akuntansi Dan Bisnis: Jurnal Program Studi Akuntansi, 4(2), 19-23.
Ardy, Dian Ayu Puspita,. (2013). Pengaruh Gaya Hidup, Fitur, Dan Harga
Terhadap Keputusan Pembelian Blackberry Curve 9300. Jurnal Ilmu
Manajemen.
Arif, Muhammad,. (2018). Pengaruh Store Atmosfer, Lokasi dan Gaya Hidup
terhadap Keputusan Pembelian di Soban Cafe Medan. Jurnal Ekonomi
dan Bisnis Islam.
Fachmi, Mochammad Ilham,. (2016). Analisis Kemenarikan Desain Website,
Reputasi Vendor, dan Persepsi Kemudahan Transaksi terhadap Keputusan
Pembelian Belanja Online dengan Persepsi Nilai Pelanggan sebagai
Variabel Intervening. Jurnal Ekonomika dan Bisnis.
Hasibuan, H. A., Purba, R. B., & Siahaan, A. P. U. (2016). Productivity assessment
(performance, motivation, and job training) using profile matching. SSRG
Int. J. Econ. andManagement Stud, 3(6).
Irawan, I., & Pramono, C. (2017). Determinan Faktor-Faktor Harga Obligasi
Perusahaan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia.
Kholik, K. (2017). THE EFFECT OF OCCUPATIONAL SAFETY AND
HEALTH ON WORK PRODUCTIVITY OF EMPLOYEES AND ITS
IMPACT ON EMPLOYEE PERFORMANCE AT PT. ALFO CITRA
ABADI MEDAN.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller,. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13.
Jilid 2. Alih Bahasa : Bob Sabran. Jakarta :Penerbit Erlangga.
Manullang dan Pakpahan,. (2014). Metodologi Penelitian. Proses Penelitian
Praktis. Bandung : Cipta pustaka Media.
Panigoro, Aggi,. (2018). Analisis E-lifestyle dan E-Word of Mouth terhadap
Repurchase Intention secara Online. Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis.
Pengemanan, Cynthia G,. (2018). Analisis Pengaruh Celebrity Endorse, Citra
merek dan Persepsi Nilai Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota
All New Sienta di Manado. Jurnal EMBA. Vol.6 Nomor ISSN (Online) :
2303-1174.
Pramono, C. (2018). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR HARGA OBLIGASI
PERUSAHAAN KEUANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal
Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78
Pratama, Aviyanto Kusuma,. (2015). Analisis Pengaruh Gaya Hidup, Promosi, Dan
Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung.
Jurnal Ekonomi dan Bisnis.
Pratidina, Nissa Gin Ajeng,. (2018). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk, Daya
Tarik Promosi terhadap Keputusan Pembelian Tisu Tessa melalui Citra
Merek. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.
Pramudi, Riski Yuliana,. (2015). Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif dan Kelompok
Referensi terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Lokal. Jurnal Riset
Ekonomi dan Manajemen.
Purba, Johanes Saktiawan,. (2012). Analisis Pengaruh Persepsi Nilai Konsumen
Terhadap Minat Beli Produk Private Label Hypermarket Carrefour di
Kota Semarang. Jurnal Ekonomika dan Bisnis.
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in
Determining The Feasibility of Debtors Using Profile
Matching. International Journal of Business and Management
Invention, 6(1), 73079.
Rizal, Setyawan,. (2010). Analisis Pengaruh Pengetahuan, Persepsi, dan Gaya
Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Dinar sebagai Investasi Pilihan.
Jurnal Ekonomi dan Manajemen.
Sari, A. K., Saputra, H., & Siahaan, A. P. U. (2017). Effect of Fiscal Independence
and Local Revenue Against Human Development
Index. Int. J. Bus. Manag. Invent, 6(7), 62-65.
Soegoto, Agus Supandi,. (2013). Persepsi Nilai dan Kepercayaan Terhadap
Kepuasan dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal EMBA.
Vol.1 Nomor ISSN (Online) : 2303-1174.
Wahidah, Misna Febriana,. (2018). Analisis Pengaruh Promosi, Motivasi dan
Gaya Hidup Terhadap Keputusan Nasabah menggunakan Produk Bank
Syariah dengan Minat sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi dan
Bisnis Islam.
Widodo, S. (2019). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KEPUASAN
KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS KEBERSIHAN
KOTA BINJAI. JUMANT, 11(1), 279-295.
Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational Commitment,
and Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas
Pembangunan Panca Budi.
Yunus, R. N. (2019). KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI DALAM
LATAR BELAKANG SKRIPSI MAHASISWA MANAJEMEN
UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI. JUMANT, 11(1), 207-
216.
Yusuf, M., & Ichsan, R. N. (2019). Analisis Efektifitas Penggunaan Cadangan
Devisa, Utang Luar Negeri dan Ekspor Terhadap Stabilitas Nilai Tukar.
Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 4(2), 544-561.