Pengaruh Kebudayaan, Sosial Dan Personal Terhadap Keputusan Pembelian Oriflame Studi Masyarakat Kec. Medan Sunggal Kota Medan

  • Novia Saragih

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah meneliti budaya, sosial dan personal terhadap keputusan pembelian Oriflame Studi Wilayah Pinang Baris Kec. Medan Sunggal Kota Medan. Analisis ini meliputi: uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis melalui uji t dan uji f, serta analisis koefisien determinasi (R2 ). Hasil analisis menggunakan uji t dapat diketahui bahwa kedua variabel independen yaitu budaya, dan sosial secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Hasil analisis menggunakan uji t dapat diketahui bahwa kedua variabel independen yaitu personal secara parsial berpengaruh secara positif namun tidak signifikan terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Kemudian hasil analisis menggunakan uji F dapat diketahui bahwa ketiga variabel independen yaitu budaya, sosial dan personal secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Hasil analisis menggunakan koefisien determinasi diketahui bahwa 24.6% variasi dari kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh disiplin kerja, kompetensi dan kinerja karyawan. Sedangkan sisanya 75.4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Kata Kunci: Budaya, Sosial, Personal Dan Keputusan Pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Buku
Agus, Hermawan. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Alma, Buchari. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung:
penerbit Alfabeta
Appley, G.A & Solomon, Louis. (2013). Ortopedi dan Fraktur Sistem Apley.
Jakarta: Widya Medika, Hal 238 – 284.
Daft, Richard L. (2012). Era Baru Manajemen, Terjemahan Tita Maria Kanita,
Edisi ke 9, Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.
Engel, Blackwell, Miniard. (2012). Perilaku Konsumen. Tangerang: Binarupa
Aksara
Fandy Tjiptono. (2012). Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi.
Laksana Fajar, (2010). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Graha Ilmu,
Yogyakarta.
Kotler, Philip. (2012). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Diterjemahkan oleh
Benyamin Molan. Jakarta: Indeks.
Kotler, Philip. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa:A.B. Susanto. Jilid
1dan 2. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2012). PrinciplesOf Marketing.Edisi 14, New
Jersey: Prentice-Hall Published.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management. Edisi 14,
New Jersey: Prentice-Hall Published.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2013). Marketing Management. 14th
Edition, Pearson Education Limited.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Managemen. 15thEdition,
Pearson Education,Inc.
Manullang, Manuntun dan Pakpahan, Marihot. (2014). Metodologi Penelitian.
Proses Penelitian Praktis. Citapustaka Media : Bandung.
Rusiadi. (2014). Metode Penelitian. Medan. USU Press.
Schiffman L G and L Kanuk L. (2010). Consumer Behavior. 10th Ed. New Jersey:
Prentice Hall.
Setiadi, Nugroho J. (2010). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana.
Septi Winarsih, Atik & Ratminto. (2012). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar
Sugiyono, (2013). Metodologi Penelitian Bisnis. Alfabeta, Bandung.
Sumarwan. Ujang. (2014). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam
Pemasaran. Ghalia Indonesia. Bogor.
Terry, George R. (2013). Dasar-dasar Manajemen. (Terje: G.A Ticoalu), CV.
Alfabeta,Bandung.
Jurnal
"Adiman, S., & Junawan, J. (2020). The Impact Of The Covid 19 Pandemic On The
Indonesian Trade Sector. International Proceeding of Law and
Economic, 57-61."
Abdul Azis. (2018). Pengaruh Faktor Pribadi Dan Faktor Sosial Terhadap
Keputusan Pembelian Di Alfamart Kecamatan Tamalate Kota
Makassar.
Chrisna, H. (2019). Analisis Kesiapan Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi
& Bisnis Unpab Dalam Konvergensi IFRS (International Financial
Reporting Standard). Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 7(2), 1-11.
Daniel Edward Watung. (2016). Pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusan
Pembelian Wedding Package Di The Kartipah Guest And Wedding
House Bandung.
Dewi V R. (2013). Pengambilan keputusan rumah tangga dalam mengonsumsi
kecap manis di Bandar Lampung. JIIA Vol 1 No 3 : 201-207.
Dian Puspitarini. (2013). Pengaruh Faktor Kebudayaan, Sosial, Pribadi, Dan
Psikologi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Pizza (Studi
Pada Pizza Hut Cabang Jalan Jenderal Sudirman No. 53 Yogyakarta).
Diny Iiariny. (2010). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Proses Keputusan
Pembelian Oriflame.
Dwilita, H. (2019). Perbandingan Kinerja Perbankan Indonesia Studi Pada Bank
Umum Konvensional Dan Bank Umum Syariah Yang Terdaftar Di
Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2017. Jurnal Akuntansi Bisnis dan
Publik, 10(1), 145-162.
Dwilita, H., & Sari, P. B. (2020). Analisis Pengelolaan Keuangan Keluarga dan
Literasi Keuangan Wanita di Dusun 20 Desa Klambir Lima
Kebun. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 1(3), 184-
197.
Fadly, Y. (2015). Kondisi dan Kritik Sosial pada Masa Rezim Orde Baru dalam
Puisi-Puisi WS Rendra.
Fadly, Y. (2019). Performa Mahasiswa Akuntansi Dalam Implementasi English For
Specific Purpose (ESP) di Universitas Pembangunan Panca Budi
(UNPAB) Medan.
Hernawaty, H., Chrisna, H., & Junawan, J. (2020). Analisa Penggunaan Forward
Contract Hedging pada Nilai Ekspor Barang Ekonomi Provinsi
Sumatera Utara. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen
Ekonomi), 1(3), 95-109.
Maisyarah, R., & Sofyardi, M. (2018, January). The Effect of Rice Subsidyon The
Expenditure of Public Family Consumption And Welfare of Poor
Households. In 1st Economics and Business International Conference
2017 (EBIC 2017). Atlantis Press.
Nasution, A. P. (2018). Pengaruh Independence In Fact & Independence In
Appearance Dalam Mempertahankan Sikap Independensi Pada Internal
Auditor Badan Pengawas Keuangan Dan Pembangunan (BPKP)
Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 154-
164.
Nasution, A. P. (2019). Dampak Pengetahuan Pajak Dan Kualitas Pelayanan
Petugas Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (STUDI
KASUS: KPP PRATAMA BINJAI). Jurnal Akuntansi Bisnis dan
Publik, 7(2), 207-224.
Nasution, D. A. D. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pengguna
Sistem Informasi Manajemen Daerah-Keuangan Pemerintah Provinsi
Sumatera Utara. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 10(1), 101-114.
Nasution, N. A. (2019). Tata cara pelaporan pajak terhutang surat pemberitahuan
masa terhadap pajak pertambahan nilai pada Cv. Bina rekayasa. Jurnal
Perpajakan, 1(1), 37-53.
Panggabean, F. Y. (2019). Kinerja Laporan Keuangan Pemerintah Daerah
Kabupaten Dan Kota Di Sumatera Utara Berdasarkan Opini
Audit. Jurnal Akuntansi dan Bisnis: Jurnal Program studi
Akuntansi, 5(2), 151-159.
Panggabean, F. Y. (2020). Pelatihan Tata Cara Pengisian SPT Tahunan PPh Badan
di SMKN 1 Medan. ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian kepada
Masyarakat), 1(1), 82-87.
Rita. (2018). Pengaruh Faktor-Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan
Pembelian Produk Oriflame Di Makassar.
Rizkina, M. (2019). Pengaruh Efektivitas Pemungutan Bea Perolehan Hak Atas
Tanah Dan Bangunan (BPHTB) Terhadap Pendapatan Asli Daerah
Dengan Jumlah Penduduk Sebagai Variabel Moderating. JURNAL
PERPAJAKAN, 1(1), 80-94.
Rizkina, M., & Junawan, J. (2020). Decline In Profits During The Covid-19
Pandemic On Expedition Of PT. KARYA MAKMUR
MEDAN. International Proceeding of Law and Economic, 51-56.
Sari, P. B., & Dwilita, H. (2018). Prospek Financial Technology (Fintech) Di
Sumatera Utara Dilihat Dari Sisi Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan
Dan Kemiskinan. Kajian Akuntansi, 19(1), 09-18.
Yunus, R. N. (2018). Analisis Pengaruh Bahasa Merek Terhadap Keputusan
Pembelian Pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi
Jurusan Akuntansi. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(1), 13-20.
Published
2020-06-24