PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO SYARIAH BUAH DI PAJAK PAGI TANJUNG REJO, SETIA BUDI

  • Ita Sundari .GT

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh dari kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap Toko Syariah Buah di Pajak Pagi Tenjung Rejo Setia Budi. Populasi pada penelitian ini sebanyak 210 orang pelanggan dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 137 responden. Pendekatan ini menggunakan pendekatan asosiatif dengan kuantitatif yang diolah dengan aplikasi SPSS versi 23.0. Sumber data yang digunakan data primer yang diambil dan di isi langsung dari responden maupun pegawai. Metode analisis analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Penelitian dilakukan dari bulan Januari hingga Maret 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan secara parsial maupun secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dimana kualitas produk menjadi variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan. Adjust R. Sguare 0. 695 atau 69,5 %. Menunjukan kepuasan pelanggan dijelaskan oleh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas pelayanan 69.5 %, sisanya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti penulis. Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Utami, C. W. (2010). Manajemen Ritel, Strategi dan Implementasi Operasional
Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
Alma. (2013). Manajemen Pemaaran & Pemasaran Jasa . Bandung: Alfhabeta.
Astawan, M. (2016, Januari 10). Pangan Fungsional Untuk kesehatan Yang
Optimal. Dipetik November 4, 2020, dari Masnafood:
http://Masnafood.com
Asih, S. (2018). PENGARUH KONTRIBUSI PAJAK DAERAH, PENDAPATAN
ASLI DAERAH, RETRIBUSI DAERAH DAN BAGI HASIL PAJAK
TERHADAP BELANJA DAERAH DENGAN PERTUMBUHAN
EKONOMI SEBAGAI VARIABEL MODERATING PEMERINTAH
KABUPATEN DAN KOTA. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(1), 177-
191.
Aspan, H., Milanie, F., & Sari, A. K. The Effect of Public Participation,
Transparency, and Accountability on the Efficiency of the Distribution of
the School Operational Support Funds (BOS) in Tebing Tinggi City (Case
Study of Taman Siswa College).
Chrisna, H. (2018). ANALISIS MANAJEMEN PERSEDIAAN DALAM
MEMAKSIMALKAN PENGENDALIAN INTERNAL PERSEDIAAN
PADA PABRIK SEPATU FERRADINI MEDAN. Jurnal Akuntansi Bisnis
dan Publik, 8(2), 82-92.
Daryanto. (2011). Manajemen Pemasaran. Bandung: Satu Nusa.
Enggel. (2012). Prilaku Konsumen. Tanggerang: Binapura Aksara.
Harahap, R. (2018). Pengaruh Kualitas produk Terhadap Kepuasan Pelanggan di
Restoran Cepat saji Kfc Cabang Asia Mega Mas Medan. JUMANT, 7(1),
77-84.
Hasibuan, H. A., Purba, R. B., & Siahaan, A. P. U. (2016). Productivity assessment
(performance, motivation, and job training) using profile matching. SSRG
Int. J. Econ. andManagement Stud, 3(6).
Hidayat, R. (2018). KEMAMPUAN PANEL AUTO REGRESSIV DISTRIBUTED
LAG DALAM MEMPREDIKSI FLUKTUASI SAHAM PROPERTY AND
REAL ESTATE INDONESIA. JEpa, 3(2), 133-149.
Juliandi. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Ilmu-ilmu Bisnis.
Bandung: Ciptapustaka Media Perintis.
Keller, K. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga.
Kotler Philip, & Keller, K. L. (2012). Marketing Management 14th edition.
Jakarta: Pt. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2013). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13. Jakarta:
Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. (2013). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: PT.
Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Manajemen 14th edition. Jakarta:
PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, P., & Keller, L. K. (2012). Manajemen Pemasaran (Edisi 13, Jilid 1 dan
2). Jakarta: Erlangga.
Kholik, K. (2018, October). Effect of Self-Eficacy and Locus of Control on Small
and Medium Entertainment Small Scale. In International Conference of
ASEAN Prespective and Policy (ICAP) (Vol. 1, No. 1, pp. 214-225).
Kurniasari, A. (2012). Analisis pengaruh kualitas Produk, harga, lokasi dan kualitas
pelayanan terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada Waroeng
Spesial Sambal Cabang Tembalang, Semarang. 1-70.
Lestario, F. (2018). DAMPAK PERTUMBUHAN BISNIS FRANCHISE
WARALABA MINIMARKET TERHADAP PERKEMBANGAN KEDAI
TRADISIONAL DI KOTA BINJAI. JUMANT, 7(1), 29-36.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa (Praktik dan Teori). Jakarta: PT.
Salemba Empat.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi.
Jakarta: Salemba Empat.
Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2015). Manajemen Pemasasran Jasa. Teori dan
Praktik. Jakarta: Selemba Empat
Manullang, M., & Pakpahan, M. (2014). Metodologi Penelitian. Bandung:
Ciptapustaka Media.
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung:
Alfabeta.
Riyono, & Budiharja, G. E. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi
dan Brand Image Terhadap Kepuasan Pembelian Produk Aqua di Kota
Pati, VOL 8, NO 2. STIE SEMARANG, 92-121.
Sangadji, E. M. (2013). Prilaku Konsumen. Yogyakarta: Cv Andi Offset.
Sari, M. M. (2019). FAKTOR-FAKTOR PROFITABILITAS DI SEKTOR
PERUSAHAAN INDUSTRI MANUFAKTUR INDONESIA (STUDI
KASUS: SUB SEKTOR ROKOK). JUMANT, 11(2), 61-68.
Sari, I. (2019). Kesulitan Mahasiswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.
JUMANT, 11(1), 81-98.
Saraswati, D. (2019). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Ukuran Pemerintah
Daerah, Leverage, Terhadap Kinerja Keuangan
Pemerintah Daerah. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(2), 110-120.
Setiawan, A. (2019). ANALISIS PENGUKURAN NILAI OVERALL
EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE) PADA MESIN PRESS BATU
BATA (Studi Kasus pada Unit Usaha Mesin Press Muhammad
Kuwat) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Palembang).
Sebayang, S., Novalina, A., Nasution, A. P., & Panggabean, L. S. R. (2019, April).
An Empirical Investigation of The Factors Influencing Village
Development: A Confirmatory Factor Analysis. In 2nd Padang International
Conference on Education, Economics, Business and Accounting
(PICEEBA-2 2018) (pp. 929-940). Atlantis Press.
Siregar, O. K. (2019). Pengaruh Deviden Yield Dan Price Earning Ratio Terhadap
Return Saham Di Bursa Efek Indonesia Tahun
2016 Sub Sektor Industri Otomotif. Jurnal Akuntansi Bisnis dan
Publik, 9(2), 60-77.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R&D . Bandung:
Alfhabete.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung:
Alfabeta.
Supraja, G. (2019). PENGARUH IMPLEMENTASI STANDAR AKUNTANSI
PEMERINTAHAN BERBASIS AKRUAL DAN EFEKTIVITAS
FUNGSI PENGAWASAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN
PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN DELI SERDANG. Jurnal
Akuntansi
Bisnis dan Publik, 10(1), 115-130.
Sujarweni. (2016). Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi dengan SPSS. Yogyakarta:
Pustaka Baru Press.
Sunyoto, D. (2012). Perilaku Konsumen (Panduan Riset Sederhana Untuk
Mengenal Konsumen) (Edisi Pertama). Yogyakarta: CAPSS.
Tjiptono. (2012). Pemasaran Strategi. Yogyakarta: Andi Of Fset.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa (Edisi Pertama) : Prinsip Penerapan dan
Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Utami, C. W. (2010). Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat.
Wijaya, T. (2011). Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: PT. Indeks.
Winarti, T., & Mariaty, I. (2017). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayayn.
Jom Fisip, 1-10.
Yunus, & Budiyanto. (2014). Pegaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap
Kepuasan Pelangga. Ilmu dan RISET manajemen, Vol. 3 No. 12.
Zeithaml. (2013). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across The
Firm . Boston: Mc. Graw-Hill.
Published
2020-06-24