ANALISIS PENGARUH DESAIN PRODUK, KUALITAS PRODUK DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN ATAS PRODUK MOBIL XPANDER DENGAN HARGA SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI PADA PT. SARDANA INDAH BERLIAN MOTOR)

  • Joko Subagio

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh Desain Produk, kualitas produk dan kepercayaan merek terhadap minat beli konsumen mobil Xpander di PT. Sardana Indah Berlian Motor Kota Medan baik secara parsial maupun secara simultan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mencari apakah harga mampu memoderasi desain produk, kualitas produk, dan kepercayaan merek terhadap minat beli konsumen. Populasi pada penelitian berjumlah 179 dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 65 konsumen sebagai responden. Jumlah sampel ditentukan dengan rumus Slovin dengan toleransi 10%. Penelitian dilakukan dari bulan Agustus 2019 hingga Februari 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif dengan data kuantitatif yang diolah dengan aplikasi SPSS versi 24.0. Sumber data yang digunakan data primer yang diambilisi langsung dari responden. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda yang digunakan untuk mencari pengaruh parsial dan simultan kemudian dilanjutkan dengan metode Moderated Regression Analysis (MRA) untuk mencari moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain produk, kualitas produk dan kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap minat beli konsumen mobil Xpander, dimana variabel desain produk menjadi variabel yang paling dominan mempengaruhi minat beli konsumen. Harga juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Harga mampu memoderasi pengaruh Desain Produk dan kualitas produk menjadi lebih kuat terhadap minat beli konsumen, sedangkan harga tidak mampu memoderasi pengaruh kepercayaan merek terhadap minat beli konsumen menjadi lebih kuat atau lebih lemah. Selain itu, harga juga tidak dapat memoderasi pengaruh bahwa Desain Produk, kualitas produk dan kepercayaan merek secara bersama-sama terhadap minat beli untuk menjadi lebih kuat atau lebih lemah. Kata Kunci : Desain Produk, Kualitas Produk, Kepercayaan Merek, Harga, Minat Beli Konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent
the Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic
Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59.
Alisia, R. (2015). Pengaruh citra merek, dan kualitas produk terhadap minat beli
konsumen produk Teh Botok Sosro di Area Kampus USU yang
dimoderasi oleh harga produk. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 123-125.
Antoni, & Heriyanto, M. (2017). Pengaruh Brand Image dan Kepercayaan Merek
terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Mobil Toyota Etios Valco
(Studi Pada PT. Agung Automall Pekanbaru). JOM FISIP, Vol. 4 No. 1 –
Februari 2017:1-10.
Antoni, & Heriyanto, M. (2017). Pengaruh Brand Image dan Kepercayaan Merek
terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Mobil Toyota Etios Valco
(Studi Pada PT. Agung Automall Pekanbaru). JOM FISIP, Vol. 4 No. 1 –
Februari 2017:1-10.
Arista, E., Astuti, D., & Tri, S. (2017). Analisis Pengaruh Iklan, Kepercayaan
Merek, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen. Aset, Vol. 13 No.
1:37-45.
Durianto, D. (2011). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan
Perilaku Merek, Cetakan XX. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Ghassani, M. T. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Minat Beli
Ulang Bandeng Juwana Vaccum melalui Kepuasan Konsumen sebagai
Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pelanggan PT. Bandeng Juwana
Elrina Semarang). Diponegoro Journal of Social and Political Science, 1-
8.
Ginting, R. (2013). Perancangan Produk. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Gunawan, F. (2011). Pengaruh Persepsi Merek dan Kepercayaan Konsumen atas
Produk terhadap Brand Switching atas Produk Smartphone (Blackberry)
pada Mahasiswa UNP. Jurnal Padang, 1-11.
Hasibuan, H. A., Purba, R. B., & Siahaan, A. P. U. (2016). Productivity assessment
(performance, motivation, and job training) using profile matching. SSRG
Int. J. Econ. andManagement Stud, 3(6).
Harahap, D. A. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan
Pembelian Konsumen di Pajak USU (Pajus) Medan. Jurnal Keuangan dan
Bisnis, Vol. 7, No. 3, November 2015:1-16.
Irawan, I., & Pramono, C. (2017). Determinan Faktor-Faktor Harga Obligasi
Perusahaan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia.
Kholik, K. (2017). THE EFFECT OF OCCUPATIONAL SAFETY AND HEALTH
ON WORK PRODUCTIVITY OF EMPLOYEES AND ITS IMPACT ON
EMPLOYEE PERFORMANCE AT PT. ALFO CITRA ABADI MEDAN.
Kotler, P. (2015). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi
dan Kontrol, Edisi 15, Jilid 2. New Jersey: Prentice – Hall, inc.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13. Jakarta:
Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management 13th Edition Jilid 1
terjemahan. Jakarta: Erlangga.
Manullang, M., & Pakpahan, M. (2014). Metode Penelitian: Proses Penelitian
Praktis. Bandung: Cipta Pustaka Media.
Mowen, J., & Minor, M. (2012). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.
Prasetya, C. H., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2014). Pengaruh Citra Merek, Kualitas
Produk terhadap Kepercayaan Serta Keputusan Pembelian (Survei
pada Pembeli Sepeda Motor Honda Vario pada PT Sumber Purnama Sakti
di Kabupaten Gresik). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), ol.
15 No. 2 Oktober 2014:1-6.
Putra, A. (2017). Pengaruh Iklan dan Kepercayaan Merek terhadap Minat Beli
Konsumen (Studi pada Texas Chicken Pekanbaru). JOM Fisip, Vol. 4 No.
1 Februari 2017:1-11.
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in
Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International
Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.
Rusiadi, Subiantoro, N., & Hidayat, R. (2016). Metode Penelitian, Manajemen
Akuntasi dan Ekonomi Pembangunan, Konsep, Kasus dan Aplikasi SPSS,
Eviews, Amos, Lisrel. Medan: USU Press.
Sari, A. K., Saputra, H., & Siahaan, A. P. U. (2017). Effect of Fiscal Independence
and Local Revenue Against Human Development Index. Int. J. Bus. Manag.
Invent, 6(7), 62-65.
Sari, I. (2018). Motivasi belajar mahasiswa program studi manajemen dalam
penguasaan keterampilan berbicara (speaking) bahasa
Inggris. JUMANT, 9(1), 41-52.
Sari, M. N. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Underpricing Saham pada
Saat Initial Public Offering di Bursa Efek Indonesia.
Sari, P. B., & Dwilita, H. (2018). Prospek Financial Technology (Fintech) Di
Sumatera Utara Dilihat Dari Sisi Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan Dan
Kemiskinan. Kajian Akuntansi, 19(1), 09-18.
Satria, A. A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk terhadap Minat
Beli Konsumen pada Perusahaan A-36. Performa:Jurnal Manajemen dan
Start-Up Bisnis, Volume 2, Nomor 1, April 2017:45-53.
Sembiring, R. (2018). Pengaruh Nilai Tukar Nelayan (Pendapatan Nelayan,
Pendapatan Non Nelayan, Pengeluaran Nelayan, Pengeluaran Non Nelayan)
Terhadap Kesejahteraan Masyarakat (Pendidikan, Kesehatan, Kondisi Fisik
Rumah) di Desa Pahlawan. Jurnal Abdi Ilmu, 10(2), 1836-1843.
Setiawan, A. (2018). PENGARUH PROMOSI JABATAN DAN LINGKUNGAN
KERJA TERHADAP SEMANGAT KERJA PEGAWAI DI
LINGKUNGAN UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI
MEDAN. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(2), 191-203
Setiawan, N. (2018). PERANAN PERSAINGAN DALAM MENINGKATKAN
KUALITAS PELAYANAN (Resistensi Terhadap Transformasi
Organisasional). JUMANT, 6(1), 57-63.
Siregar, N. (2018). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap
Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli
Medan. JUMANT, 8(2), 87-96.
Simamora, B. (2011). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan
Profitabel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Stanton, W. J. (2015). Prinsip Pemasaran, Alih Bahasa oleh Sadu Sundaru, Jilid
Satu. Edisi Kesepuluh. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2016). etode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. B. (2014). Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta: Salemba
Empat.
Susetyarsi, T. (2013). Analisis Pengaruh Strategi Desain Produk terhadap Minat
Beli Konsumen pada Skuter Matik Yamaha Merek Mio Fino di Kota
Semarang. Jurnal STIE Semarang, VOL 5, NO 1):33-49.
Swastha, B., & Handoko, T. H. (2018). Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku
Konsumen, Edisi Pertama, Cetakan Keempat. Yogyakarta: BPFE
Yogyakarta.
Swastha, B., Dharmesta, P., & Irawan. (2018). Manajemen Pemasaran Modern.
Yogyakarta: Liberty.
Syauqi, T. R. (2018). THE ANALYSIS OF FACTORS AFFECTING AUDITOR
PERFORMANCE WITH AUDITOR WORK EXPERIENCES AS
MODERATING VARIABLES IN PUBLIC ACCOUNTANT OFFICE
AUDITORS IN MEDAN. International Journal of Public Budgeting,
Accounting and Finance, 1(4), 1-9.
Thamrin, A., & Tantri, F. (2013). Manajemen Pemasaran, Cetakan Kedua.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran: Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset.
Published
2020-06-24