Analisis Pengaruh Store Atmosphere dan Store Image Terhadap Minat Beli di Coffee shop Minum Kopi Medan

  • WIDYA RACHMA Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis tentang faktor yang mempengaruhi minat beli pelanggan di coffee shop minum kopi. Adapun permasalahannya yang penulis angkat yaitu: apakah store atmosphere dan store image berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dan simultan terhadap minat beli di coffee shop Minum Kopi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Teknik dalam pengambilan sampel adalah Nonprobability Sampling dan ukuran sampel adalah 96 responden. Model yang digunakan yaitu regresi linier berganda dengan program SPSS Versi 21. Hasil analisis menggunakan koefisien detirminasi diketahui bahwa 47,2% variasi dari minat beli dapat dijelaskan oleh store atmosphere dan store image. Sedangkan sisanya 52,8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Hipotesis yang dirancang adalah store atmosphere dan store image memiliki pengaruh terhadap minat beli pelanggan pada Coffee shop Minum Kopi Medan. Hal tersebut ditunjukan dari nilai F hitung 43,406 > F tabel 2,70 dan probabilitasnya signifikasinya 0.000 < 0,05 maka tolak Ho (Terima H3) dapat disimpulkan bahwa Store atmosphere dan store image secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pelanggan di coffee shop Minum Kopi Medan. Kata Kunci : Store Atmosphere,Store Image;Minat Beli

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

A. Buku

Arikunto, S., 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta : Rineka Cipta.

Aaker, David A, 2013. Manajemen Pemasaran Strategi. Edisi Kedelapan. Salemba Empat. Jakarta.

Berman, Barry & Evans, Joel R. 2010.Retail Management(11th ed.) New Jersey: Prentice Hall.

Berman, Barry & Evans (2011). Retailing Management. 11th edition, Boston: Pearson

Ghozali, Imam. (2014). Aplikasi analisis Multivariate dengan Program SPSS 21. Edisi ketujuh. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip and G. Amstrong . (2012). Principles of Marketing. 14th ed. New Jersey: Prentice Hall

Kotler, dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta : Erlangga.

Kertajaya, Hermawan. (2013).Tourism Marketing 3.0. Jakarta : PT Gramedia pustaka Utama.

Kasali, Rhenald. 2010. Wirausaha Muda Mandiri . Kisah Inspiratif Anak Muda Mengalahkan Rasa Takut dan Bersahabat dengan Ketidakpastian. Menjadi Wirausaha Tangguh. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.

Levy, Michael & Weitz, Barton A., (2012) . Retailing Management. New York, America: McGraw-Hill/Irwin

Manullang , 2014, Dasar-Dasar Manajemen, Ghalia Indonesia, Jakarta.
Nungroho. 2013. PT Karisma Putra Utama. Setiadi, Nugroho J.2013, Perilaku Konsumen Edisi Revisi. Jakarta :PT. Kharisma Putra Utama.

Hidayat, R. Rusiadi, dan M. Isa Indrawan. 2014. Teknik Proyeksi Bisnis.USU Press. Medan

Hidayat, R., & Subiantoro, N. Rusiadi.2013. Metode Penelitian.USU Press. Medan

Rusiadi, dkk. 2013. Metode Penelitian, Manajemen Akuntansi dan Ekonomi Pembangunan, Konsep, Kasus dan Aplikasi SPSS, Eviews, Amos, Lisrel, Medan : USU Press.





65
Sugiyono , (2012). Meteologi Penelitian Bisnis, Cetakan 16. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono , 2013, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D , Bandung: Alfabeta.

Sugiyono , 2014, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D , Bandung: Alfabeta.

Suhartanto, Dwi (2017) Metode Riset Pemasaran . Cetakan Pertama Bandung Refika Aditama.

Santoso, Singgih. 2014. Statistik Multivariat, Edisi Revisi, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Penerbit PT.Elex Media Komputindo. Jakarta.


B. Jurnal & Karya Ilmiah

Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent the Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59

Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. JUMANT, 11(1), 189-206.

Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai UNPAB. JEpa, 4(2), 119-132.

Aspan, H., Fadlan, dan E.A. Chikita. (2019). “Perjanjian Pengangkutan Barang Loose Cargo Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat”. Jurnal Soumatera Law Review, Volume 2 No. 2, pp. 322-334.

Daulay, M. T. (2019). Effect of Diversification of Business and Economic Value on Poverty in Batubara Regency. KnE Social Sciences, 388-401.

Febrina, A. (2019). Motif Orang Tua Mengunggah Foto Anak Di Instagram (Studi Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek). Jurnal Abdi Ilmu, 12(1), 55-65.

Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. JEpa, 3(2), 133-149.

Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., ... & Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and Performance Model based on Indonesia Science and Technology Index. In



64


66
Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP Publishing.

Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80. Meldarianda, R. Dan Lisan, H. (2010). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat beli Konsumen Pada Resort Cafe Atmosphere Bandung. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), 17(2), 1412-3126.

Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of halal label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail Management Research, 12(2).

Nguyen and Leblanc, 2010, Contact Personel,Physical Environment and Perceived Corporate Image of Intangible Services y New Clients, International Journal of Service Industry Management, 13(3/4): 242262

Pramono, C. (2018). Analisis Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.

Putra, B. D. & Wijaksana, T. I. (2017). The Influence Of Store Atmosphere Towards Customer Purchase Intention Of Armor Kopi Bandung. E- Proceeding og Management,4(1) Bandung : Universitas Telkom.

Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.

Sari, M. M. (2019). Faktor-Faktor Profitabilitas Di Sektor Perusahaan Industri Manufaktur Indonesia (Studi Kasus: Sub Sektor Rokok). Jumant, 11(2), 6168.

Siregar, N. (2018). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. JUMANT, 8(2), 87-96.

Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational Commitment, and Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas Pembangunan Panca Budi.

Yeni, Fitri 2013. Pengaruh Keunggulan bersaing diferensiasi terhadap minat beli ulang konsumen pada kfc di kota padang. Universitas negri padang : Jurnal Ekonomi dan bisnis. Vol 2, no. 4, (2013)1-7
Published
2021-06-24